Saturday, October 7, 2017

√ Teladan Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural Dan Metakognitif Dalam Mapel Geografi

Dalam kurikulum 2013, sehabis merinci aspek kemampuan berpikir pada KD-3 dan KD-4 maka guru harus membuatkan materi pokok yang terurai dalam IPK yang telah ditentukan pada analisis SKL, KI-KD. Contohnya adalah:
1. Ruang lingkup pengetahuan geografi
2. Objek studi dan aspek geografi
3. Konsep esensial geografi dan teladan terapannya
4. Prinsip geografi dan teladan terapannya
5. Pendekatan geografi dan teladan terapannya
6. Keterampilan geografi
 sehabis merinci aspek kemampuan berpikir pada KD √ Contoh Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif Dalam Mapel Geografi
Peta geografis bumi

Pengembangan materi pembelajaran secara rinci diubahsuaikan dengan aksara kompetensi atau kemampuan berpikir yang dibutuhkan dikuasai akseptor didik. Oleh alasannya ialah itu maka guru wajib memerhatikan materi dasar atau kompetensi awal sebagai tahapan berpikir yang telah dipelajari akseptor didik. Selain itu dalam memilih materi pembelajaran anda harap memperhatikan konten materi mana yang berupa pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif yang keempatnya tidak menawarkan urutan hierarki.

Contohnya:
1. Pengetahuan faktual
a. Fenomena alam: data cuaca iklim, fenomena longsor, banjir, kekeringan atau tanda-tanda lain yang faktual dan update.
b. Fenomena sosial: kemacetan, kepadatan, migrasi, macet mudik, urbanisasi dll.

2. Pengetahuan konseptual
Contohnya ialah Konsep Geografi yang terdiri dari Lokasi, Jarak, Keterjangkauan, Pola, Morfologi, Aglomerasi, Nilai Guna, Diferensiasi, Interaksi dan Asosiasi. Konsep ini pokoknya semua hal perihal teori-teori dalam sebuah materi pembelajaran.

3. Pengetahuan prosedural
Contoh: Langkah-langkah pengataman terhadap fenomena geosfer. Artinya Guru harus mendesain sebuah lembar kerja dimana siswa akan melaksanakan sebuah proses pengamatan terhadap fenomena geosfer yang nyata, kekinian di lapangan.

4. Pengetahuan metakognitif
Contoh: Menentukan pendekatan yang sempurna utnuk mengkaji fenomena geosfer atau problem yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan metakognitif ini lebih mengarah pada penyelidikan secara ilmiah/riset untuk siswa.

Itulah tahapan pengembangan materi pembelajaran geografi yang harus dilakukan oleh guru. Memang agak sulit namun harus kita lakukan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Akan lebih baik jikalau dilakukan dengan diskusi antar guru untuk membedah materi didik ini. Gambar: PENAWARAN PROMO BUKU PAKET GEOGRAFI Sekolah Menengan Atas KARYA AGNAS SETIAWAN (GURU BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL) 
PROMO INTENSIF UN DAN SBMPTN QUIPPER 
Masih galau menghadapi Ujian, UN dan SBMPTN?. Latihan soal, latihan soal, latihan soal, terus latihan soal!. Quipper Video akan membantu kau memahami pelajaran dari rumah tanpa harus ribet keluar rumah lagi. Materinya lengkap pokonya. Latihan soal dengan Bank Soal SBMPTN Quipper Video! Setiap soal yang kau kerjakan ada penjelasannya Biar kau paham, lancar, dan terbiasa Hubungi saya, Sir Agnas, Mitra Resmi Quipper, untuk discount berlanggannya!. Sumber: Youtube Quipper 
 sehabis merinci aspek kemampuan berpikir pada KD √ Contoh Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif Dalam Mapel Geografi

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon