Wednesday, November 29, 2017

√ 6 Tips Dahsyat Supaya Anak Semangat Dalam Belajar

6 Tips Dahsyat Agar Anak Semangat Dalam Belajar_ Setiap orangtua pastinya mempunyai impian semoga anaknya bisa menjadi langsung yang berprestasi dan membanggakan orangtua. Kesuksesan seorang anak merupakan salah satu kebahagian terbesar orangtua, alasannya ialah intinya setia orangtua niscaya berharap anaknya bisa mendapat pencapaian-pencapaian yang besar dalam hidupnya.
 Tips Dahsyat Agar Anak Semangat Dalam Belajar √ 6 Tips Dahsyat Agar Anak Semangat Dalam Belajar
 
Agar harapan-harapan tersebut bisa terwujud maka orangtua harus terlibat dalam pola mencar ilmu anak, orangtua dilarang hanya mengandalkan guru alasannya ialah intinya ada tiga lingkungan pendidikan dimana anak akan mencar ilmu banyak hal, lingkungan pendidikan tersebut ialah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Dalam hal ini keluarga mempunyai peranan yang subtansial dalam mengajarkan nilai-nilai huruf pada anak dan memotivasi anak untuk semakin memacu dirinya untuk ulet belajar.Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk meningkatkan semangat anaknya semoga semakin ulet belajar? Berikut ulasannya
 6 Tips Dahsyat Agar Anak Semangat Dalam Belajar

1. Mendampingi anak dalam kegiatan mencar ilmu
Diera milineal menyerupai dikala ini, sebagian orangtua sibuk untuk mengurus pekerjaanya sehingga tidak mempunyai waktu luang untuk anaknya, tujuan orangtua bekerja keras tidak lain ialah untuk membahagiakan dan menawarkan yang terbaik untuk anaknya. 
 
Padahal seorang anak sangat membutuhkan pendampingan orangtua dalam aktivitasnya termasuk dalam kegiatan belajar. Adanya orangtua yang senantiasa menemani anaknya akan membuat anak menjadi lebih semangat untuk belajar. Walaupun anak anda sudah duduk di dingklik Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas namun motivasi dan kebersamaan dengan orangtua tetap sangat dibutuhkan.
Oleh alasannya ialah itu, walau sesibuk apapun anda, jangan pernah mengabaikan anak anda. Buatlah Schedule untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan bersama anak semoga ikatan batin antara orangtua dan anak semakin kuat.

 2. Memotivasi jangan menghakimi
Salah satu kekeliruan yang kadang dilakukan oleh orangtua ialah dikala anak mendapat nilai yang baik di sekolah, orangtua memuji dan membangga-banggakan anaknya akan tetapi ketika anaknya mendapat nilai yang kurang baik, maka perlakuan orangtua justru sebaliknya yakni kadang memarah, mencaci dan menghakimi.
Sudah tepatkah hal tersebut? Kondisi demikian sangatlah kurang baik untuk dilakukan pada anak. Bukannya anak menjadi semangat mencar ilmu justru perkataan-perkataan yang kurang baik bisa menjatuhkan mental anak (Down).
Satu hal yang mesti dipahami gotong royong anak bukanlah robot yang bisa memahami segala hal, intinya kecerdasan anak tidak bisa maksimal dalam aneka macam hal akan tetapi hanya bisa maksimal dalam beberapa aspek saja.
Maka dari itu bila anak anda mendapat prestasi yang kurang memuaskan, sebaiknya berikan anak anda motivasi, penguatan semoga anak bisa merecovery perasaan rendah diri yang muncul dalam dirinya jawaban prestasi yang kurang memuaskan yang didapatkannya. 

3. Menchalenge (meberikan tantanga) dan menawarkan Reward (Hadiah)
Salah satu cara yang sudah sangat efektif semoga anak bisa semakin semangat untuk mencar ilmu ialah menawarkan reward dengan keberhasilan atau prestasi yang dicapainya. Namunterlebih dahulu kita harus menchalenge (memberikan tantangan) perihal target-target yang bila beliau berhasil meraihnya maka akan diberikan hadiah.
Pemberian reward sangat bersahabat kaitannya dengan teori Skinner yakni Stimulus=Respon (S=R), untuk melihat respon seseorang maka pertama-tama harus diberikan ransangan yang bisa membuat orang tersebut termotivasi, terpacu, tergerak dalam melakukan
Reward (Hadiah) yang diberikan kepada anak bisa berupa benda yang sangat ingin dimiliki oleh anak namun sebagai catatan reward yang diberikan bukan justru bisa berdampak negatif pada anak.

4. Mengikutkan anak dalam bimbingan mencar ilmu
Bimbingan mencar ilmu bisa menjadi opsi bagi orangtua semoga anaknya bisa semakin banyak mendapat pelajaran. Dalam kegiatan bimbingan mencar ilmu anak bisa bertemu dengan sahabat sejawatnya (teman seusianya).
Sehingga mereka bukan hanya mencar ilmu perihal aspek kognitif saja akan tetapi melalui interaksi dengan sesama sahabat sejawatnya anak akan mencar ilmu perihal aspek afektif (sikap), mencar ilmu yang dilakukan secara bersama-sama akan memunculkan motivas tersendiri dalam diri anak, alasannya ialah mereka berada dalam situasi dan kondisi dimana teman-temannya yang lain giat/fokus untuk belajar.
Tapi bila anda tidak mau repot untuk antar jemput anak anda ke daerah bimbingan mencar ilmu (bimbel) atau memikirkan kemungkinan yang kurang baik yang bisa didapatkan anak anda dikala mengikuti bimbel maka anda bisa mendaftarkan anak anda untuk ikut bimbingan mencar ilmu online.
Salah satu bimbingan mencar ilmu online yang sudah terkenal ialah Quipper Video. Bahkan artis juga ada yang ikut bimbingan mencar ilmu Quipper Video. Sebut saja Maudy Ayunda dan Febby artis cukup umur yang sering tampil dilayar beling sebagai ikon iklan Quipper Video.
Apa kelebihan bimbel Quipper Video? Di Quipper Video terdapat 7000 lebih video pembelajaran, 17.000 soal-soal (termasuk soal UN 2010-2016) dan masih banyak lagi kelebihannya. Biaya berlangganan Quipper Video juga tidak terlalu mahal, bisa dikatakan terjangkau bagi kalangan pelajar, apalagi bila anda mempunyai kode promosi Quipper Video maka anda akan mendapat diskon 20% dikala mendaftar Quipper Video.
Apalagi dikala ini belum dewasa sudah lekat dengan teknologi, jadi ketimbang anak memakai Smartphonenya untuk bermain game, lebih baik anda mendaftarkan anak anda untuk ikut bimbingan mencar ilmu secara online, belajarnya bisa dimana saja dan kapan saja.

5. Bantu anak menemukan mimpinya
Selain dimotivasi orangtua juga harus bisa membantu anak menemukan mimpinya. Pertama-tama orangtua harus melihat apa saja kelebihan (bakat) yang dimiliki oleh anak. Jika sudah apa talenta anak anda, maka tinggal anda upayakan anak bisa memaksimalkan bakatnya tersebut.
Tugas orangtua ialah mengakomodasi, menfasilitasi anak semoga talenta yang dimiliki anak tersebut bisa lebih dimaksimalkan lagi. Misalnya anak mempunyai talenta dalam pelajaran matematika maka orangtua sebaiknya menfasilitasi anak dengan membelikan hal-hal yang berkaitan dengan talenta anak tersebut.
Anak yang memang menggeluti suatu bidang yang sesuai dengan talenta dan minatnya niscaya akan lebih antusias dalam melaksanakan hal tersebut bahkan tanpa dimintapun anak akan dengan senang hati melaksanakan hal tersebut, sehingga anak bisa enjoy atau menikmati kegiatnnya dan pastinya akan berbanding lurus dengan risikonya nanti.

6. Kaprikornus referensi bagi anak
Buah tidak jauh jatuh dari pohonnya ialah sebuah ungkapan yang menyiratkan bahwa kesuksesan seorang anak tergantung bagaimana orangtua dalam menawarkan contoh. Motivasi anak dalam mencar ilmu tergantung bagaimana cara orangtua dalam membuat suasana mencar ilmu bagi anak.
Untuk itu bila anda ingin semoga anak anda ulet mencar ilmu maka pertama-tama andalah yang sebaiknya menunjukkan motivasi mencar ilmu yang tinggi. Orangtua bukan berarti tidak harus mencar ilmu lagi, bahkan semakin bau tanah semakin harus banyak belajar. Seringlah membaca buku, belajar, diskusi  agar anak anda bisa mencontoh kebiasaan anda tersebut, sehingga anak anda juga antusias dalam belajar.
Demikianlah  artikel perihal tips membuat anak semangat belajar, bila anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda dan bisa bermanfaat untuk oranglain maka silahkan anda share artikel ini semoga semakin banyak orang yang terbantu.
Intinya sebagai orangtua anda harus selalu menawarkan arahan, support pendampingan pada anak alasannya ialah tugas orangtua sangat signifikan dalam menawarkan wangsit dan motivasi bagi anak.

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon