Sunday, November 26, 2017

√ 6 Tips Semoga Gampang Mengingat Dan Memahami Pelajaran

6 Tips Agar Praktis Mengingat dan Memahami Pelajaran_ Belajar yaitu suatu hal yang mesti dilakukan semoga bisa mempunyai pemahaman yang luas. Salah satu tolok ukur kesuksesan seorang dalam berguru yaitu ketika ia bisa memahami dan menguasai apa yang dipelajari, baik itu ihwal banyak sekali hal yang dipelajari di dalam kelas mamupun banyak sekali hal yang diperlajari di lingkungan sekitar.


 Tips Agar Praktis Mengingat dan Memahami Pelajaran √ 6 Tips Agar Praktis Mengingat dan Memahami Pelajaran

Namun terkadang sebab beberapa faktor seseorang menjadi sulit dalam memami suatu pelajaran, padahal berguru yaitu suatu proses yang utuh, sehingga jikalau dari awal sudah tidak bisa memahami beberapa serpihan pelajaran maka serpihan selanjutnya akan lebih sulit untuk dipahami.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

Memang gaya mengajar seorang guru juga kuat terhadap kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. Namun yang mesti anda pahami bekerjsama guru bukan hanya mengajar 1 siswa namun mengajar puluhan siswa dalam waktu yang bersamaan sehingga guru akan kurang bisa mendeteksi sepenuhnya siswa yang sudah paham dan yang belum paham.

Dan selain dari faktor guru cara berguru siswa sebenarnya yang menjadi faktor lain kenapa seorang siswa menjadi lambat dalam memahami pelajaran, maka dari itu butuh tips khusus semoga gampang dalam mengingat dan memahami pelajaran. Lantas bagaimana cara gampang semoga bisa mengingat dan memhamami pelajaran? Berikut ulasannya;

6 Tips semoga gampang mengingat dan memahami pelajaran

1. Fokus ketika sedang belajar
Tips pertama yang bisa anda lakukan semoga sanggup memahami dengan gampang apa yang sedang anda pelajari yaitu dengan memokuskan fikiran. Ada sebuah analogi ihwal kekuatan pikiran jikalau di fokuskan tehadap sesuatu. Matahari yang sedang bersinar dengan triknya (sangat panas) apakah bisa memperabukan tumpukan kertas yang diletakan di kawasan terbuka? Jawabannya sudah niscaya tidak bisa.

Namun coba anda ambil LUV (kaca pembesar) untuk memfokuskan sinar matahari tersebut ke tumpukan kertas yang ada, apakah tumpukan kertas tersebut bisa terbakar? Dalam kondisi normal kertas tersebut akan terbakar jawaban sinar matahari yang terfokuskan memakai LUV tadi.

Lantas apa hubungannya dengan pikiran? Anggaplah otak anda sebagai matahari dan LUV sebagai pikiran anda, jikalau anda memakai pikiran anda untuk fokus dalam mempelajari sesuatu maka otak anda bisa menangkap pesan-pesan yang tersampaikan melalui proses belajar.

Sehingga efek tingkat fokus seseorang dalam berguru sangat berefek terhadap tingkat pemahamannya. Maka dari itu ada baiknya sebelum berguru atau ketika akan memulai pelajaran, anda meyingkirkan semua benda yang bisa menggangu konsentrasi anda (misalnya: smartphone) selain itu tinggalkan atau lupakan sejenak hal-hal yang lain yang sedang anda pikirkan selain dari belajar.

Pusatkan pikiran dan konsentrasi anda pada materi-materi yang disampaikan oleh guru anda atau bahan yang sedang anda pelajari dengan begitu anda kemungkinan akan cepat menangkap maksud dari pelajaran yang disampaikan oleh guru anda.

2. Catat pokok-pokok materinya (buat rangkuman materi)
Ilmu ibaratkan binatang buruang, binatang buruang jikalau tidak diikat niscaya akan lepas maka semoga ilmu tidak gampang terlupakan atau hilang dari ingatan sebaiknya anda ikat ilmu dengan penah (buat catatan).

Tak perlu mencatat semua yang dijelaskan oeh guru anda, cukup anda mencatat poin-poin utama dari bahan pelajaran yang sedang guru anda ajarkan (catat bahan yang bisa memperlihatkan citra secara umum atau bisa menjelaskan dari semua bahan yang sedang diajarkan).

Jika selama ini anda kurang mencatat maka ubahlah kebiasaan tersebut. Apabila anda ingin serius menjadi siswa/orang pintar maka mulailah menciptakan catatan-catatan kecil setiap kali anda sedang berguru dalam kelas.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang mempunyai daya ingat yang berbeda, ada yang mempunyai daya ingatan yang kuat dan ada pula yang mempunyai daya ingatan yang lemah. Bagaimana jikalau yang mempunyai daya ingatan tersebut yaitu anda? Dan bagaimana jikalau selama ini anda jarang mencatat?

Apakah bahan yang selama ini bisa anda pahami? Sudah niscaya tidak bukan!!!
Walaupun anda yaitu orang yang mempunyai daya ingatan yang kuat bukan berarti anda bisa tidak perlu menciptakan catatan-catatan ketika belajar.

3. Buat peta pikiran (mind mapping) ihwal bahan pelajaran
Setelah anda menciptakan rangkuman pelajaran atau catatan-catatan penting seputar pelajaran yang anda pelajari selanjutnya semoga gampang anda pahami dan tersimpan dalam pikiran anda, serta bisa anda tangkap maksud arah dan tujuan dari bahan tersebut maka anda harus membuatkannya peta konsep! Apa itu peta pikiran dan bagaimana bentuknya?

Peta pikiran yaitu pembagian terstruktur mengenai dari bahan pelajaran yang dipelajari ke dalam bagian-bagian yang lebih sfesifik. Dalam bahasa indonesia pembagian terstruktur mengenai dari umum ke khusus di namakan deduktif. Jika anda resah bagaimana bentuk dari peta konsep tersebut silahkan lihat gambar di bawah ini.



Dari peta pikiran di atas sanggup kita simpulkan, bahwa topik utama pelajarannya yaitu jenis benda kemudian dijabarkan kedalam banyak sekali dimensi (sudut padang) sehingga seakan-akan gambar tersebut membentuk sebuah peta pikiran. Dengan memakai konsep peta pikiran anda akan gampang memahami suatu bahan pelajaran.

4. Catatan Kata sulit
Catatan kata sulit pada poin keempat ini berbeda dengan rangkuman bahan yang ada pada poin kedua di atas. Catatan kata sulit yaitu jikalau anda menemukan suatu kata yang sulit dalam pelajaran namun kata/istilah tersebut penting untuk dipahami maka silahkan buat catatan kata sulit.

Gimana cara membuatnya? Praktis saja, biasanya terdapat kertas kecil banyak yang dijual di toko-toko ATK (alat tulis kantor), ukurannya sangat kecil, kurang lebih mirip jari telunjuk, mempunyai banyak lembaran dan sanggup ditempelkan (mudah menempel/memiliki perekat). Nagh silahkan tulis kata/istilah yang anda anggap susah namun penting untuk dipahami.

Tempelkan catatan tersebut di bersahabat kawasan tidur anda semoga anda bisa melihatnya setiap saat, jikalau hal tersebut sudah anda lakukan, maka kemungkinan besar anda akan gampang mengingat dan memahami kata/istilah yang anda anggap sulit tersebut.

5. Bertanya kepada guru
Jika kau benar-benar tidak paham dengan mteri yang sedang dipelajari maka jangan pernah segang-segang untuk bertanya. Apabila kau aib untuk bertanya maka dilanjutan bahan selanjutnya kemungkinan kau niscaya akan lebih susah memahami.

Jangan pernah gengsi untuk bertanya! Orang pintar bukanlah orang yang selamanya selalu paham terhadap sesuatu namun orang pintar yaitu bisa mengetahui kemampuan dirinya dan tahu kapan waktunya untuk bertanya jikalau diperlukan.

Jangan berpikir guru akan murka apabila anda bertanya, bahkan guru kalian merasa bahagia jikalau kau bertanya sebab mereka berpikir kau memang serius untuk mempelajari apa yang mereka ajarkan.

6. Belajar di waktu yang tepat
Terakhir tips semoga anda gampang mengingat dan memahami pelajaran yaitu berguru diwaktu yang tepat. Beberapa waktu berguru yang berdasarkan penulis sempurna untuk berguru yaitu di subuh hari, di sore hari dan di malam hari dalam keheningan.

Namun setiap orang mempunyai waktu berguru yang baik berdasarkan mereka dan termasuk anda. Makara anda perlu mempelajari waktu-waktu berguru dimana pada ketika tersebut anda dengan gampang memahami apa yang sedang anda pelajari.

Demikianlah 6 Tips semoga gampang mengingat dan memahami pelajaran, semoga goresan pena ini bermanfaat untuk anda, jikalau anda merasa goresan pena ini bisa bermanfaat untuk oranglain maka silahkan anda share (bagikan).
Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon