Saturday, November 18, 2017

√ Karangan Fiksi Barisan Yang Menyenangkan

.Com - Kunci Jawaban Halaman 10, 11, 12 Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan.

Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan

Tiara sedang duduk di halaman belakang rumahnya, menengadah menatap langit malam yang cerah. Siang tadi, gurunya gres menjelaskan wacana tata surya. Tentu, Tiara mengerti wacana delapan planet di tata surya. Ia juga mengerti wacana posisi Matahari sebagai sentra tata surya. Namun, satu hal yang masih menjadi pertanyaan Tiara ialah mengapa Bumi tidak pernah bertabrakan dengan planet-planet lain, padahal jarak mereka sangat dekat.

Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang gres kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?”

Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu usang memikirkan pertanyaannya sendiri. “Oh, Ayah,” ungkapnya sembari tertawa. “Aku sedang memikirkan sesuatu yang gres saya pelajari tadi siang. Mengapa ya, Yah, planet-planet bergerak lurus dan tidak menabrak satu sama lain? Mereka terlihat menyerupai mempunyai jalur khusus.”

Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur itu berjulukan orbit. Planet-planet ini bergerak mengikuti orbit yang mengelilingi Matahari sebagai sentra tata surya. Orbit planet-planet itu berbentuk elips. Oleh karenanya, planet-planet di dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.”

Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama klarifikasi ayahnya, balasannya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planetplanet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.”

“Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah niscaya juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan.

Ayah Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk mencicipi kebesaran Tuhan bagi badan kita!”.

Baca Juga : Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018

Kunci Jawaban Halaman 10 Tema 9 Kelas 6 SD/MI

Lengkapi diagram berikut sehabis kau membaca kisah fiksi “Barisan yang Menyenangkan”.
Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan √ Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan
Diagram Cerita Fiksi Barisan yang Menyenangkan


Judul Cerita Fiksi :

Barisan yang Menyenangkan

Penulis :

Amanda Naila
Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan √ Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan
Diagram Tokoh Utama Barisan yang Menyenangkan


Sifat dari Tokoh Utama :

Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religius


Tindakan yang dilakukan :

Memikirkan secara mendalam isu yang didapat


Gambar :

Seorang gadis berusia 12 tahun dengan rambut berkepang dua, bagus dan energik, cerdas dan religius.

Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan √ Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan

Pendapatmu wacana Tokoh Utama :

Seorang gadis yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang kuat, ceria serta religius.

Kunci Jawaban Halaman 11 Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI

Jawablah pertanyaan berikut ini menurut karangan fiksi “Barisan yang Menyengkan”.
1. Bercerita wacana apakah karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Pemikiran Tiara wacana orbit edar planet-planet

2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Tiara

3. Siapakah tokoh pelengkap dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Ayah, Ibu

4. Di manakah bencana dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban :
Halaman belakang rumah Tiara

5. Gambarkan tokoh utama dan daerah dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman sehabis ini, kemudian gambar tokoh utama dan daerah kisah itu terjadi. Berilah warna dengan memakai pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kau buat di depan kelas dengan percaya diri.
Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan √ Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan
Kunci Jawaban Halaman 11 Buku Tema 9 Kelas 6

Kunci Jawaban Halaman 12 Buku Tema 9 Kelas 6 SD/MI

Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1. Apakah kau dan teman-temanmu mempunyai citra yang serupa wacana tokoh utama dan daerah dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja citra yang kalian buat mempunyai kesamaan?
Jawaban :
Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat cerita.

2. Bagian mana saja yang berbeda dengan citra teman-temanmu?
Jawaban :
............ (alternatif jawaban berbeda-beda, diadaptasi dengan jawaban siswa)

3. Apakah yang terjadi kalau di dalam kisah tersebut tidak ada tokoh utama?
Jawaban :
Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, alasannya tokoh utama memegang tugas penting dalam cerita..

4. Apakah fungsi tokoh utama dalam kisah fiksi tersebut?
Jawaban :
Tokoh utama menciptakan suatu kisah lebih hidup dan menarik, seakan-akan terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku bencana maupun yang dikenai kejadian.

Demikian Artikel Tentang Karangan Fiksi Barisan yang Menyenangkan

Terima kasih sudah membaca artikel ini, supaya kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 revisi 2018 halaman 10,11, dan 12 ini sanggup menunjukkan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon