Monday, November 27, 2017

√ Leak Makhluk Supranatural – Mitologi Bali

Leak Makhluk Supranatural


Dalam dongeng rakyat Bali, Leak yaitu tokoh mitologis dalam bentuk kepala terbang dengan isi perut (hati, paru-paru, hati, dll) yang masih terpasang. Leyak dikatakan sanggup terbang dan mencoba mencari perempuan hamil untuk menghisap darah bayinya atau bayi yang gres lahir. Ada tiga Leak yang legendaris, dua perempuan dan satu laki-laki.


Cerita ihwal Leak terkadang sulit dipercaya. Ada yang tabu untuk menjelaskan dan di sisi lain, itu akan menciptakan Anda sangat penasaran.


Ini yaitu potongan dari budaya dan warisan Bali yang harus diketahui publik. Selama kita mempunyai iman pada yang kuasa dan supernatural, kekuatan sihir telah dijelaskan secara luas di seluruh budaya. Keyakinan ini masih ada hingga hari ini.


 


Legenda Leak


Legenda leak di Bali mengacu pada drama yang terinspirasi oleh sihir hitam yang mengerikan yang disebut Calon Arang. Kisah yang ditulis dalam sebuah naskah itu, pada masa pemerintahan Erlangga pada kala ke-11 ada seorang janda berjulukan Calon Arang. Di desa Girth, ia dikatakan mempunyai seorang putri yang cantik. Nama putrinya yaitu Ratna Manggali, yang telah mencapai usia dewasa, tetapi tidak seorang pun di antara para perjaka di desa dan tempat sekitarnya mempunyai keberanian untuk mendekati perawan yang memikat itu. Ini alasannya yaitu ibunya, Erlangga, dikenal mempunyai ilmu sihir hitam dan mempraktikkannya dengan jahat. Hal ini menjadikan banyak orang mati meskipun itu dibenci oleh banyak orang, namun hal ini dipakai sebagai godaan untuk kebutuhan dan kehausan akan sihir hitamnya.


Keajaiban janda muncul dalam bentuk Rangda mempunyai penampilan mengerikan dengan mata melotot agresif, taring panjang dan pengecap merah menjulur hingga ke pinggang. Rangda terkait dengan dewi Durga India, pasangan Siwa, pencipta dan perusak dan semacam personifikasi kemarahan suci.


Banyak orang di Bali percaya bahwa mitos ini didasarkan pada kenyataan. Di beberapa komunitas di pulau itu, masih dipraktekkan dalam bentuk teater yang sarat makna magis.


 


Jenis-jenis Rangda


Rangda adalah ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik.


Mengidentifikasi jenis-jenis Rangda yang berkembang di Bali sangat sulit. Hal ini mengingat wujud Rangda pada umumnya yaitu sama. Memang dalam dongeng Calonarang ada wujud Rangda yang lain mirip Rarung, Celuluk namun itu yaitu antek-antek dari Si Calonarang dan kedudukannya lebih banyak dalam cerita-cerita bukan disakralkan. Untuk membedakan wujud Rangda yaitu dengan melihat bentuk mukanya (prerai), yaitu :



  • Nyinga


Apabila bentuk muka Rangda itu ibarat singa dan sedikit menonjol ke depan (munju). Sifat dari Rangda ini yaitu galak dan buas.



  • Nyeleme


Apabila bentuk muka Rangda itu ibarat wajah insan dan sedikit melebar (lumbeng). Bentuk Rangda mirip ini, menunjukkan sifat yang berwibawa dan angker.



  • Raksasa


Apabila bentuk muka Rangda ini ibarat wujud raksasa mirip yang umum kita lihat Rangda pada umumnya. Biasanya Rangda ini menyeramkan.


 


 Leak yaitu tokoh mitologis dalam bentuk kepala terbang dengan isi perut  √ Leak Makhluk Supranatural – Mitologi Bali

Leak Makhluk Supranatural – Misteri dan Mitologi Bali


 


Deskripsi Leak


Leak yaitu insan yang mempraktikkan ilmu hitam dan mempunyai sikap kanibal. Nyonya mereka yaitu “Ratu Leak”, janda-penyihir berjulukan Rangda, yang berperan penting dalam ritual publik.


Topinya disimpan di kuil janjkematian desa dan selama pameran kuilnya, ia diarak. Selain leak, iblis dikatakan pengikut Rangda.


Leyak dikatakan menghantui kuburan, memakan mayat, mempunyai kekuatan untuk mengubah diri mereka sendiri, mirip binatang dan sanggup terbang. Dalam bentuk Leyak yang normal, mereka dikatakan mempunyai pengecap yang sangat panjang dan taring besar. Pada siang hari mereka tampak mirip insan biasa, tetapi pada malam hari kepala dan gerobak mereka kehilangan badan dan terbang. Patung Leyak (kepala dengan pengecap yang sangat panjang dan taring tajam) kadang digantung di dinding untuk hiasan rumah.


Dalam prakteknya, orang Bali kadang kala menghubungkan beberapa penyakit atau janjkematian dengan leyaks. Seorang balian (tabib tradisional Bali) akan melaksanakan sesi untuk mengidentifikasi siapa yang bertanggung jawab atas kematian. Selama pertemuan, roh orang mati akan pribadi ke penyerang mereka. Namun, balas dendam oleh korban atau sanak keluarga biasanya dikompromikan, dan orang-orang disarankan untuk meninggalkan tindakan itu kepada roh-roh itu sendiri. Oleh alasannya yaitu itu, kecurigaan dan ketakutan keluarga sudah dipastikan, tetapi balas dendam pada penyihir tidak disarankan oleh tabib.


 


Bacaan Lainnya



 



Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar kalau Anda mengunduh aplikasi kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan info yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!




Sumber bacaan: Slickster Magazine


                       


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon