Tuesday, November 28, 2017

√ Masakan Bandung Dan Alamat Masakan Terkenal Di Bandung

Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung


Tidak menyerupai banyak kota lain di Indonesia, masakan Bandung tidak mempunyai rangkaian masakan yang begitu bermacam-macam dan akan sulit untuk menemukan masakan ‘tradisional’ yang unik di kota ini. Sebaliknya, Bandung paling terkenal alasannya ialah hidangannya yang berasal dari kawasan lain di Indonesia tetapi yang telah diberikan ‘‘Corak Bandung’ mereka sendiri.


Sebagian besar masakan yang ditemukan di Bandung berasal dari Sunda dan meskipun Anda mungkin menemukan hidangan serupa di seluruh Indonesia, varietas Bandung biasanya unik, meskipun mereka tidak sanggup mengklaim sebagai versi hidangan asli.

Terlepas dari kurangnya identitas masakan definitif dibandingkan dengan kota-kota lain menyerupai Medan di Sumatera, Anda niscaya tidak akan kelaparan di sini dan perjalanan ke serpihan Jawa Barat ini ialah kesempatan tepat untuk makan di sekitar kota Bandung.


Berikut ialah 10 masakan terbaik yang direkomendasikan untuk dicoba di Bandung.


 


Batagor


Batagor ialah masakan Bandung yang paling favorit. Dapat ditemukan dan dimakan di seluruh Indonesia meskipun konon berasal dari Jawa Barat dan merupakan salah satu masakan khas Bandung. Namanya berasal dari akronim dari bahan-bahan yang dipakai dalam hidangan, bakso tahu goreng. Sepiring batagor biasanya dimakan sebagai masakan ringan daripada masakan lengkap dan disajikan dengan bola ikan goreng yang biasanya terbungkus adonan renyah atau diisi di dalam potongan tahu sebagai hidangan yang terkenal. Bola-bola ikan bersama dengan parutan kubis dan disiram dengan saus kacang yang lezat.


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Salah datu masakan Bandung: Batagor. Sumber foto: Gunawan Kartapranata / Wikimedia


 


Alamat batagor enak di Bandung



  • Batagor Abuy – Food Court Lengkong Besar, Jl. Lengkong Besar No.47 Bandung. Nomer Telepon : 022-4233249. Jam Buka : Senin-Minggu, 15.30 – 23.00 WIB

  • Batagor Riri – Jl. Burangrang No.41

  • Batagor Kingsley – Jl Veteran No.25

  • Yang mahal: Hotel Bidakara Savoy Homann


 


Lotek


Lotek ialah hidangan khas Sunda yang intinya ialah versi lain dari salad, salah satu yang paling terkenal di Indonesia, yaitu gado-gado. Lotek terbuat dari sayuran menyerupai taoge dan kangkung, dan juga termasuk potongan tahu yang yang empuk dan gurih.


Bahan dari salad lotek tercakup dalam saus kacang pedas yang mengingatkan pada gado-gado meskipun dua hidangan memakai bumbu yang sedikit berbeda dalam sausnya. Lotek juga dilengkapi dengan kerupuk udang yang disebut krupuk dan disajikan dengan “kue beras terkompresi” berjulukan lontong.


Alamat lotek enak di kota Bandung



  • Lotek Kalipah Apo 42 – Jl. Kalipah Apo No.42, Karanganyar, Astanaanyar. Telepon: +62 22 4205983

  • Warung Lotek Macan – Jl. Macan No.1, Burangrang, Lengkong. Telepon: +62 22 7301425

  • Lotek Mahmud –  Jl. Mahmud lV No. 9, Pamoyanan. Telepon: +62 22 6010347

  • Lotek Buah Batu Herry Thea – Jl. Maskumambang No.6C, Turangga, Lengkong. Telepon: +62 815-7322-2237


 


Mie Kocok


Mie ialah salah satu masakan favorit di Indonesia dan masakan Bandung yang khas ini digemari oleh banyak orang. Tapi Mie Kocok tidak menyerupai mie Indonesia lainnya. Ini menyerupai dengan pho Vietnam; mie berwarna kuning dan rata, disajikan dalam kaldu sapi. Yang ada di mangkok ialah kikil (sapi tendon), tebang (sapi) dan taoge / kecambah. Irisan daun bawang, seledri, bawang merah goreng, dan air jeruk nipis ditaburkan dan sebagai hiasan. Sebagian orang menyajikannya dengan irisan daging sapi, bakso sapi, atau cakar ayam rebus. Makanan sanggup ditemukan di penjual masakan di jalanan atau di restoran.


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Salah satu masakan Bandung: Mie kocok. Sumber foto: Gunawan Kartapranata / Wikimedia


 


Alamat mie kocok enak di kota Bandung



  • Mie Kocok & Mie Baso Mas Teguh – Jl. Jamika No.49B, Jamika, Bojongloa Kaler. Telepon: +62 818-0229-4994

  • Mie kocok Alkateri Bandung – Jl. Alkateri No.04, Braga, Sumur Bandung

  • Mie Kocok H. Amsar – Jl. Jend. Sudirman No.583, Dungus Cariang, Andir. Telepon: +62 896-0120-6368

  • Mie Kocok Karapitan – Jl. Karipatan No. 90, Cikawao, Lengkong. Telepon: +62 22 4208284

  • Mie Kocok Enak (gerobak) – Jl. Banda No.15, Citarum, Bandung Wetan


 


Cilok Bandung


Cilok mendapat namanya dari aci yang merupakan kata bahasa Indonesia untuk tepung kanji. Camilan masakan jalanan yang enak ini terbuat dari tapioka yang digulung menjadi bentuk bola dan lalu direbus. Makanan khas Bandung yang satu ini, mungkin tidak terdengar menarik tetapi bola-bola itu lalu dimasukkan ke tusuk sate dan disajikan dengan saus pedas yang menciptakan ini menjadi masakan ringan enak untuk dimakan dikala bepergian. Bagi yang suka berkuah, ada juga cilok kuah.


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Salah satu masakan Bandung: Cilok kuah. Sumber foto: MartinThoma / Wikimedia


Alamat cilok enak di kota Bandung



  • Cilok Goang Bandung – Raya Bojongsoang No 252 (Depan Puskesmas, Jalan, Cipagalo, Bojongsoang). Telepon: +62 822-1851-1520

  • Cilok Laswi Sari Rasa – Jl. Laswi No.51, Samoja, Batununggal. Telepon: +62 852-2289-4192

  • Cilok Bapri – Jl Babakan Priangan IV, Regol. Telepon: +62 22 93500146


 


Karedok


Karedok menyerupai dalam banyak cara untuk menciptakan gado-gado dan lotek. Pada dasarnya ini ialah salad yang terbuat dari sayuran renyah menyerupai kacang, taoge, kubis dan mentimun, meskipun kentangnya dikupas yang sering ditemukan di gado-gado dan lotek. Makanan khas Bandung “Salad Karedok” disiram dengan saus kacang, lalu dicampur dengan cabai akan menambah rasa nikmatnya. Kemudian ditambah lagi dengan daun kemangi yang akan menambahkan aromatik herbal ke piring Anda.


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Salah satu masakan Bandung karedok. Sumber foto: Gunawan Kartapranata / Wikimedia


 


Alamat karedok enak di kota Bandung



  • Warung Nasi Ibu Imas – Jl Balong Gede no 38

  • Sindang Reret Restoran – Jl Surapati No 53

  • Dapur Sangkuriang – Jl. Karang Sari 5, Kebon Kawung

  • Barsol 69 di Pasteur Food Market, Jl. Djunjunan No 139, Cipaganti


 


Gepuk


Makanan favorit Sunda lainnya di Bandung ialah gepuk yang merupakan hidangan daging sapi goreng pedas yang adakala disamakan dengan kari rendang dengan daging sapi yang terkenal di Indonesia. Makanan khas Bandung berjulukan Gepuk, biasanya dibentuk dengan memakai daging sapi yang ditumbuk untuk melunakkan daging dan lalu dicampur dengan rempah-rempah aromatik menyerupai ketumbar, serai, lengkuas dan daun salam. Daging tersebut lalu dimasak dengan santan dan sedikit manis berkat penambahan gula aren. Gepuk biasanya disajikan dengan nasi dan diberi bawang goreng.


Alamat gepuk enak di kota Bandung



  • Gepuk Nyonya Yong – Jl. Pasundan No.15, Balonggede, Regol. Telepon: +62 22 4230565

  • Gepuk Ny Ong (Pasir Kaliki) – Jl. Pasir Kaliki 96, Cicendo, Pasir Kaliki. Telepon: +62 22 4221458


 


Soto Bandung


Soto ialah sejenis sup yang terkenal di seluruh Indonesia dan bervariasi berdasarkan masing-masing kawasan dan Soto Bandung tidak berbeda. Banyak resep soto memakai ayam untuk dipakai sebagai protein utama, tetapi Soto Bandung secara tradisional dibentuk memakai daging sapi.


Tidak menyerupai beberapa hidangan soto menyerupai Soto Medan yang memakai santan untuk mengentalkan kaldunya, Soto Bandung terang dan penuh dengan penambahan irisan lobak yang tidak menyerupai soto lainnya, yang memberikannya tendangan pedas yang bercampur dengan kaldu sapi yang lezat.


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Soto Bandung, salah satu masakan khas Bandung. Sumber foto: Gunawan Kartapranata / Wikimedia


 


Alamat soto Bandung enak di kota Bandung



  • Soto Bandung M Tarya – Jl. Sawah Kurung No.16, Ciateul, Regol. Telepon: +62 813-2174-4560

  • Soto Ojolali – Jl. Cibadak No.79-81, Karanganyar, Astanaanyar. Telepon: +62 896-3119-9176


 


Serabi


Serabi, juga dikenal sebagai Surabi, ialah pancake à la Indonesia. Serabi dibentuk dengan tepung dan lalu dimasak dalam cetakan tanah liat khusus di atas arang untuk membantu mereka mempertahankan bentuknya. Terkadang pancake sanggup dibumbui dengan pandan yang menghasilkan serabi versi hijau pastel yang cantik.


Makanan khas Bandung “Pancake Serabi” biasanya tebal dan lebih menyerupai adonan antara kudapan manis dan panekuk dan disajikan dengan saus gula aren dan santan yang ditaburkan di atasnya untuk memberi mereka tendangan yang manis. Saat ini beberapa serabi sanggup disajikan dengan topping yang berbeda menyerupai serutan keju, taburan cokelat, atau pisang irisan. Ini biasanya masakan jalanan dan sanggup ditemukan pada waktu sarapan meskipun Anda juga sanggup memakannya sebagai masakan ringan setiap dikala sepanjang hari. Di kawasan lain di Indonesia, serabi sanggup juga bisa ditemukan dan rasanya juga gurih.


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Kue serabi atau surabi dengan pandan ialah salah satu khas manakan Bandung. Sumber foto: Ramzy Muliawan / Wikimedia


 


Alamat serabi atau surabi enak di kota Bandung



  • Waroeng Setiabudhi Surabi & Baso Kampung – Jl. Dokter Setiabudhi No. 175, Gegerkalong, Sukasari. Telepon: +62 22 2017895

  • Surabi Imut – Jl. Dr. Setiabudi No. 189, , Gegerkalong, Sukasari. Telepon: +62 818-0214-3859

  • Pondok Surabi –  Jl. Terusan Jakarta No.79A, Cicaheum, Kiaracondong. Telepon: +62 812-2132-3492


 


Pisang Molen


Pisang molen ialah masakan ringan klasik yang sanggup ditemukan di seluruh Bandung dan terdiri dari pisang yang terbungkus dalam adonan kue. Makanan khas Bandung menyerupai pisang molen, juga banyak dijumpai diseluruh Indonesia.


Pisang tersebut lalu digoreng sehingga pastry menggelembung untuk menyediakan semacam cangkang yang renyah di sekitarnya, tetapi didalam pisangnya yang masih lembut. Makanan ringan ini sangat terkenal sehingga banyak orang membeli pisang molen sebagai hadiah untuk dibawa pulang di final perjalanan ke Bandung, meskipun mereka sanggup juga menikmati pisang molen yang masih hangat dari stand-stand di pinggir jalan.


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Pisang molen salah satu masakan Bandung yang khas. Sumber foto: Pixabay


 


Alamat pisang molen enak di kota Bandung



  • Kartika Sari Cake Shop – Jl. Ir. H.Djuanda No.85 – 87, Lb. Siliwangi, Coblong. Telepon: +62 22 2509500

  • Kartika Sari – Jl. Buah Batu No.165 A, Turangga, Lengkong. Telepon: +62 22 7319385

  • Prima Rasa Bakery and Pastry – Jl. Kamuning No. 20, Merdeka, Sumur Bandung. Telepon: +62 22 7206468


 


Brownies Kukus


Secara pribadi “brownies” mungkin tidak terdengar menyerupai hidangan Indonesia yang umum dan klasik. Tetapi jikalau Anda mencari masakan penutup khas Bandung, maka ini dihentikan dilewatkan. Brownies di sini dikukus bukan dipanggang, yang berarti mereka bertekstur sangat lembut dengan cokelat yang menciptakan mereka gurih dan sangat enak. Tempat paling terkenal untuk membeli brownies di kota ialah Amanda Brownies jadi pastikan untuk tiba dan mengambil sebuah kotak sebelum Anda pergi.


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Amanda brownies. Sumber foto: Instagram @AmandaBrownies


 


Alamat brownies kukus enak di kota Bandung



  • Amanda Brownies – Jalan Ir. Haji Juanda No.167, Lebak Siliwangi, Coblong. Telepon: +62 22 92754195

  • Vannisa Brownies – Jalan Margacinta No.99, Komplek Mustika Hegar Regency No.33, Margasari. Telepon: +62 22 87798204

  • Prima Rasa Bakery and Pastry – Jl. Kamuning No. 20, Merdeka, Sumur Bandung. Telepon: +62 22 7206468


 


Tempat Wisata Bandung


Kota Bandung dan tempat wisata Bandung tercatat banyak sekali sejarah penting. Contohnya: Gedung Sate dan Merdeka, Museum Konferensi Asia Afrika, shopping… Klik disini untuk membaca lebih lanjut (akan membuka layar baru).


 


Tempat Wisata Lainnya & Yang Wajib Dikunjungi Di Indonesia dan Luar Negeri


Segala sesuatu yang ada di kawasan tujuan wisata yang merupakan daya tarik semoga orang-orang mau tiba berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan menciptakan Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan menawarkan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!


Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, menyerupai di Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


 


Bacaan Lainnya



 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Apakah Anda mempunyai sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda kini juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com


 


Makanan Bandung dan Alamat Kuliner di Bandung √ Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter


 



Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jikalau Anda mengunduh aplikasi kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan gosip yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!




                       


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon