Saturday, November 25, 2017

√ Petunjuk Pelaksanaan Fl2n Sd 2019

Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) SD Tahun 2019 dalam upaya meningkatkan training dan pengembangan seni di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan untuk penerima didik sekolah dasar mencakup lima bidang, yaitu Lomba Menulis Cerita Pendek, Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Pantun, Lomba Cipta Syair, dan Lomba Mendongeng.

Petunjuk Pelaksanaan (juklak) Festival dan Lomba Literasi Nasional FL2N SD 2019 nanti silahkan dowload di link d0wnl0ad yang kami sediakan dibawah artikel ini. Semoga bisa membantu dan memperlihatkan fasilitas kepada kau calon peserta FL2N SD tahun 2019 

dalam upaya meningkatkan training dan pengembangan seni di Indonesia √ Petunjuk Pelaksanaan FL2N SD 2019

Penyelenggaraan lomba tersebut merupakan sarana bagi penerima didik untuk menumbuhkan budaya literasi semenjak dini, serta sanggup menyalurkan talenta dan kemampuan yang mereka miliki di bidang sastra. Peserta didik diharapkan akan termotivasi untuk menggemari sastra semenjak dini dan sanggup memunculkan sastrawan-sastrawan gres yang mengharumkan tempat di tingkat nasional. Kegiatan ini akan sanggup memperlihatkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia bisa bersaing di tingkat internasional di masa depan, khususnya dalam bidang sastra.

Sejalan dengan hal di atas, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas penerima didik dalam bidang sastra. Di samping itu, acara ini diharapkan sanggup meningkatkan kesadaran penerima didik akan pentingnya menulis sebagai sarana pengungkapan pikiran dan perasaan secara estetis. Kecintaan penerima didik terhadap bahasa dan sastra Indonesia akan terbina untuk membangun karakter, jati diri, dan pujian nasional, serta memotivasi penerima didik dalam meningkatkan budaya baca dan tulis semenjak dini.

Petunjuk pelaksanaan ini disusun sebagai pola dalam penyelenggaraan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa SD Tahun 2019 dengan impian acara lomba literasi ini sanggup berjalan secara efektif, akuntabel, dan aplikatif.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengantarkan umat insan ke abad kompetisi global di aneka macam bidang kehidupan. Hal inilah yang menuntut bangsa ini biar segera berbenah did dan menyusun langkah positif demi menyongsong masa depan yang lebih baik. Langkah utama yang harus dipikirkan yakni menyiapkan sumber daya insan dalam hal ini penerima didik biar berkarakter kuat, tahan uji, serta mempunyai keunggulan di bidangnya masing-masing.

Upaya tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada penerima didik dengan kecakapan memecahkan duduk kasus dalam kehidupan sehari¬hari. Oleh alasannya yakni itu, paradigma pendidikan berupa peningkatan daya pikir kritis, kebijaksanaan pekerti, kreativitas, pengetahuan, dan keterampilan diharapkan dalam setiap langkah pengembangan potensi penerima didik. Pengembangan potensi penerima didik ditandai dengan makin meningkatnya acara apresiasi seni dan tradisi berliterasi, kuatnya spiritualitas, pengendalian did, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan penerima didik.

Perkembangan potensi penerima didik sanggup terlihat dari perwujudan pikiran dan kreativitas mereka dalam karya sastra. Pengertian sastra dalam konteks ini yakni goresan pena yang mempunyai aneka macam keunggulan baik isi maupun bentuk (ekspresi, estetika, dan kreativitas).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan acara Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar. Sasaran acara ini yakni penerima didik sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, dan yang sederajat (homeschooling, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan rumah singgah). Kegiatan tersebut merupakan sarana pertemuan dan pembelajaran antarpeserta didik untuk mengikuti lomba menulis kisah pendek, lomba baca puisi, lomba cipta pantun, lomba cipta syair, dan lomba mendongeng. Kegiatan ini diharapkan sanggup memacu penerima didik untuk melaksanakan olah budi, penalaran, dan kreativitas sehingga melahirkan generasi kreatif Indonesia yang bahagia.

Peserta Festival dan Lomba Literasi Nasional SD FL2N SD Tahun 2019:
  1. Peserta yakni Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Peserta yakni siswa SD/MI dan atau sederajat pada tahun pelajaran 2019/2020 masih berstatus sebagai penerima didik;
  3. Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III tingkat nasional pada cabang lomba Festival dan Lomba Literasi Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  4. Peserta yakni siswa yang mengirimkan karya pada Festival dan Lomba Literasi Nasional dan dinyatakan lobos seleksi sejumlah 170 peserta.
Prosedurseleksi pelaksanaan Festival dan Lomba Literasi Nasional FL2N SD Tahun 2019 dibagi menjadi dua tahap

Pertama Tahap Seleksi Karya

Kelengkapan Berkas
Seluruh karya yang diterima oleh panitia penyelenggara sesuai dengan batas waktu yang ditentukan akan diseleksi sampai menghasilkan 170 karya penerima yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya dengan persyaratan sebagai berikut:
  1. Peserta hanya boleh mengikuti satu cabang lomba dan hanya mengirimkan satu karya;
  2. Karya harus dilengkapi dengan fotokopi identitas diri berupa kartu pelajar dan biodata singkat (nama penerima didik, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, alamat lengkap, nomor telepon/handphone, pos-el/ e-mail, nama sekolah, alamat sekolah, dan kelas).
Tata Cara Registrasi Daring
  1. Kelengkapan berkas harus didaftarkan secara daring ke alamat http://ditpsd.kemdikbud.go.id/peserta-didik/registration-fl2n
  2. Karya penerima harus diunggah secara daring ke alamat http://ditpsd.kemdikbud.go.id/peserta-didik/registration-fl2n
Tata Cara Pengiriman Berkas Lomba
Peserta mengirimkan karya kepada panitia penyelenggara dengan persyaratan sebagai berikut:
  1. Karya lomba menulis cerpen, lomba cipta syair, dan lomba cipta pantun disimpan dalam bentuk pdf dan diunggah ke alamat http://ditpsd.kemdikbud.goid/peserta-didik/registration-fl2n dalam field  "PRASELEKSI";
  2. Karya lomba baca puisi dan lomba mendongeng direkam dalam bentuk video dan diunggah dalam Youtube, kemudian tautannya disalin ke alamat http://ditpsd.kemdikbud.go.id/peserta-didik/registration-fl2n dalam field  "PRASELEKSI"; 
Kelengkapan berkas dan karya harus disahkan keasliannya oleh kepala sekolah atau yang mewakilinya (stempel dan tanda tangan) dipindai dan diunggah ke alamat http://ditpsd.kemdikbud.goid/peserta-didik/registration¬fi2n.

Batas waktu pengiriman karya pada 16 Maret 2019

Kedua Tahap Pelaksanaan Lomba

Peserta yang karyanya lolos pada tahap seleksi karya akan dipanggil secara resmi oleh panitia penyelenggara untuk mengikuti lomba tingkat nasional.

Komposisi Juri : Tim juri untuktiap cabang lomba terdiri atas unsursebagai berikut:
  1. Kementerian/lembaga;
  2. Akademisi dari universitas;
  3. Pakar/praktisi;
  4. Public figure.
Tim juri memutuskan pemenang setiap cabang lomba dengan predikat Juara I, II, dan III, serta Juara Harapan I, II, dan III.

Hasil keputusan juri bersifat selesai dan tidak sanggup diganggu gugat

Waktu dan Tempat
Waktu dan tempat penyelenggaraan Festival dan Lomba Literasi Nasional 2019 dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 26 April 2019 di Jakarta.

Pendanaan
Sumber dana untuk membiayai acara Festival dan Lomba Literasi Nasional dibebankan pada APBN yang relevan pada tahun 2019 yang dikelola oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Juara dan Penghargaan
Seluruh pemenang akan mendapat piala, sertifikat, dan dana pembinaan.


Sumber http://www.infolombasiswa.com


EmoticonEmoticon