Friday, November 17, 2017

√ Planet Ibarat Bumi Ditemukan – Nasa Mengungkapkan Planet-Planet Yang Layak Huni

NASA mengungkapkan planet yang layak huni


Untuk sementara ini para ilmuwan dan NASA telah menemukan beberapa planet menyerupai Bumi yang memungkinkan untuk dihuni.


Contoh dari planet menyerupai Bumi adalah: Kepler, Gliese 581 c, Gliese 581 d dan OGLE-2005-BLG-390Lb.


 


NASA mengungkapkan planet yang layak huni √ Planet Seperti Bumi Ditemukan – NASA mengungkapkan planet-planet yang layak huni

Planet menyerupai bumi layak huni. Sebuah bayangan seorang seniman (dibuat oleh NASA). Sumber foto: NASA / Wikipedia


 


Planet menyerupai Bumi dan yang diduga sanggup layak dihuni


1. Kepler-186f


Planet seukuran Bumi ada di zona layak huni yang cenderung berbatu. Kepler-186f


Planet ini dideteksi pada 17 April 2014. Kepler-186f diklaim mempunyai ukuran nyaris menyerupai dengan Bumi. Jaraknya dengan Bumi sekitar 500 tahun cahaya di dalam konstelasi Cygnus dan mengobrit di bintang yang diklasifikasikan sebagai ‘kerdil merah’.


Kepler-186f mengorbit bintangnya setiap 130 hari sekali dan mendapatkan sepertiga energi dari bintang tersebut, sama menyerupai energi yang diterima Bumi dari matahari. Permukaan Kepler-186f diyakini penuh bebatuan dan mengandung elemen air. Jari-jari Kepler-186f  diperkirakan sekitar 1,1 kali jari-jari Bumi. Itu berarti ukurannya sedikit lebih besar dari planet Bumi.


 


NASA mengungkapkan planet yang layak huni √ Planet Seperti Bumi Ditemukan – NASA mengungkapkan planet-planet yang layak huni

Perbandingan planet-planet kecil yang ditemukan oleh Kepler di zona layak huni dari bintang sebagai inangnya. Sumber foto: NASA / Wikimedia


 


2. Kepler-62f dan 62e


Ditemukan di tahun 2013, kala itu Kepler-62f sedang mengorbit bintang yang ukurannya lebih kecil dan lebih hambar dari matahari. Sementara Kepler-62e dikala itu tertangkap berada di sebelah kanan Kepler-62f.


Keduanya mengorbit setiap 267 hari sekali dan dipercaya permukaannya penuh bebatuan dan elemen air. Jarak keduanya dari Bumi cukup jauh, yaitu 1.200 tahun cahaya di dalam konstelasi Lyra.


Ukuran Kepler-62f kasarnya 40 persen lebih besar dari Bumi, sedangkan Kepler-62e lebih besar 60 persen. Studi di Harvard mengindikasikan bahwa sebagian besar planet permukaannya akan tertutup oleh lautan yang kemungkinan sudah membeku.


 


3. Kepler-296e dan 296f


Kepler-296e ditemukan pada 2011 silam dikala mengorbit bintang penjabaran ‘kerdil jingga’ yang mempunyai tingkat cahaya lebih rendah dari matahari. Jaraknya sekitar 669 tahun cahaya dari Bumi.


Sementara Februari 2014 kemarin Kepler-296f ditemukan sedang mengorbit sebuah bintang di ‘zona layak huni’. Kepler-296f yang ukurannya dua kali lipat lebih besar dari Bumi ini diduga mempunyai kandungan air di permukaannya.


 


4. Kepler-440b, 438b dan 442b


Penemuan ketiganya gres diumumkan 6 Januari 2015 kemarin. Kepler-440b diyakini sebagai super-Earth, planet yang mempunyai massa lebih tinggi dari Bumi.


Kepler-438b mempunyai ukuran 12 persen lebih besar dari Bumi dan mengorbit bintangnya setiap 35,2 hari sekali. Jaraknya dari Bumi sekitar 475 tahun cahaya.


Sementara ukuran Kepler-442b lebih besar 33 persen dari Bumi dan mengorbit bintangnya setiap 112 hari sekali. Jaraknya dari Bumi sangat jauh, yaitu 1.100 tahun cahaya.


Bintang Kepler-438b dan 442b yang berada di dalam konstelasi Lyra dilaporkan lebih kecil ukurannya dari matahari, namun lebih dingin.


Permukaan Kepler-438b dan 442b diyakini para peneliti penuh dengan bebatuan dan mengandung elemen air. Keduanya dikabarkan mendapatkan cahaya matahari sebanyak Bumi.


 


5. Planet Gliese 581 c


Juga disebut HO Librae cWolf 562 c, dan HIP 74995 c, adalah bumi super (planet luar surya yang lebih besar daripada Bumi tetapi lebih kecil daripada raksasa gas.


Istilah Bumi super hanya merujuk pada massa planet dan tidak bekerjasama mengenai kondisi permukaan atau habitat) atau planet ekstrasurya (eksoplanet atau  planet di luar Tata Surya) yang mengorbit bintang katai merah Gliese 581. Katai merah ialah bintang deret utama dengan kelas M atau K yang berukuran sekitar 0.08-0.5 M dan bersuhu rendah (sekitar 2500-400 Kelvin). Karena suhunya yang rendah tersebut menciptakan bintang ini berwarna merah.


Kemungkinan planet ini berada pada zona layak huni, di mana suhu permukaannya memungkinkan adanya air. Planet ini berjarak 20,4 tahun cahaya (193 triliun km) dari Bumi dan terletak di rasi bintang Libra. Gl 581, atau Gliese 581, merupakan bintang ke 581 dalam urutan Katalog Gliese. Katalog tersebut dibentuk oleh Gliese, diterbitkan pada tahun 1969 dan diperbaharui tahun 1991 oleh Gliese dan Jahreiss.


 


6. Planet Gliese 581 d


adalah planet luar surya sejauh 20 tahun cahaya di rasi bintang Libra. Karena massanya, planet ini diklasifikasikan sebagai planet bumi super. Karena orbit planet ini berada di ujung luar zona layak huni bintangnya, planet ini diduga menyerupai dengan bumi.


 


7. Planet GLE-2005-BLG-390Lb


Merupakan sebuah planet luar surya yang mengorbit bintang OGLE-2005-BLG-390L, terletak sekitar 22.000 tahun cahaya dari Bumi, di bersahabat pusat Bima Sakti (Milky Way). Dari semua planet ekstrasurya yang diketahui, planet ini ialah planet yang paling menyerupai dengan Bumi. Penemuan planet ini diumumkan pada 25 Januari 2006 oleh gabungan peneliti internasional dari 12 negara.


OGLE-2005-BLG-390Lb mempunyai massa lima kali lebih besar daripada yang dimiliki Bumi. Planet ini mengelilingi bintang utamanya (yang terletak sekitar 390 juta kilometer darinya) selama sepuluh tahun dan diperkirakan mempunyai suhu udara rata-rata sebesar -200 Celsius (53 kelvin). Atmosfernya tipis menyerupai Bumi, namun permukaannya yang berbatu-batu kemungkinan terbenam di dalam lautan yang beku.


Menurut Uffe Gråe Jørgensen, salah seorang anggota tim peneliti yang menemukannya, planet ini ialah planet pertama dan satu-satunya yang telah ditemukan yang selaras dengan teori-teori mengenai terbentuknya Tata Surya Bumi.


 


NASA mengungkapkan planet yang layak huni √ Planet Seperti Bumi Ditemukan – NASA mengungkapkan planet-planet yang layak huni

Planet Seperti Bumi Ditemukan – NASA mengungkapkan planet yang layak huni. Sumber foto: ( NASA/JPL-Caltech/R. Hurt (SSC-Caltech) ) / Independent


 



Bacaan Lainnya



 


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar bila Anda mengunduh aplikasi kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan gosip yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!




Sumber bacaan: IndependentNASANASA Kepler


                       


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon