Tuesday, November 14, 2017

√ Rpp Seni Budaya Kelas 7 8 9 Smp Mts Kurikulum 2013

Silabus dan RPP bantu-membantu dengan komponen perangkat pembelajaran yang lainnya berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam melakukan pembelajaran. RPP Seni Budaya Kelas 7 8 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013


Perangkat pembelajaran dapat diartikan sebagai sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan dipakai dalam proses pembelajaran.



  • Silabus Mata Pelajaran


Silabus mata pelajaran pada Kurikulum 2013 adalah pedoman dalam menyusun rencana kegiatan pembelajaran di setiap mata pelajaran.


Secara garis besar, silabus mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.


Hubungan logis antar banyak sekali komponen dalam silabus dari setiap mata pelajaran merupakan langkah yang harus dipersiapkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.


Fungsi Silabus : Silabus mata pelajaran dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan buku siswa. Buku siswa memuat wacana materi pelajaran, acara penerima didik, dan penilaian pembelajaran.


Silabus juga menjadi pola dalam penyusunan rencana pembelajaran, untuk semua kajian mata pelajaran, atau pun pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran.


Silabus dikembangkan menurut standar kompetensi, lulusan dan standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun tertentu dan dipakai sebagai pola dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.




  • Kompetensi Inti




Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki penerima didik pada setiap tingkat kelas atau jadwal yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.


Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh penerima didik yang dinyatakan telah menuntaskan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.


Kompetensi Inti meliputi empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan.


Keempat dimensi tersebut dirancang sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau jadwal dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.




  • Kompetensi Dasar




Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran.


Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai penerima didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.


Di dalam setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.


Kompetensi Dasar berisi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai penerima didik.




  • Indikator Pencapaian Kompetensi




Indikator pencapaian kompetensi merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, proses yang menggambarkan ketercapaian suatu Kompetensi Dasar.


Indikator dirumuskan dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diukur, contohnya : mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menceritakan, menyimpulkan, mempraktikkan, mendeskripsikan, dan mendemonstrasikan.


Guru sanggup membuatkan setiap kompetensi dasar menjadi dua atau lebih indikator pencapaian hasil berguru sesuai keluasan dan kedalaman kompetensi dasar tersebut.


Indikator merupakan penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan sikap yang sanggup diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan




  • Kegiatan Pembelajaran




Kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan Silabus Kurikulum 2013 dapat dilakukan dengan pendekatan saintifik.


Selain itu juga melalui banyak sekali model pembelajaran dan strateginya, diubahsuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut.




  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.


RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).


Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi secara aktif dan memperlihatkan ruang yang cukup.


Baca Juga :



  1. RPP IPS Kelas 7, 8, 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013

  2. RPP PPKN Kelas 7 8 9 Sekolah Menengah Pertama K13 Update 2019

  3. RPP IPA Kelas 7 8 9 Sekolah Menengah Pertama K13 Update 2019

  4. RPP MTK Kelas 7 8 9 Sekolah Menengah Pertama K13 Update 2019


Download Silabus dan RPP Seni Budaya kelas 7 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 pada link di bawah ini.


  • Silabus Seni Budaya Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 (Unduh)

  • RPP Seni Budaya Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 (Unduh)


Download Silabus dan RPP Seni Budaya kelas 8 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 pada link di bawah ini.


  • Silabus Seni Budaya Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 (Unduh)

  • RPP Seni Budaya Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 (Unduh)


Download Silabus dan RPP Seni Budaya kelas 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 pada link di bawah ini.


  • Silabus Seni Budaya Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 (Unduh)

  • RPP Seni Budaya Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 (Unduh)


Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon