Tuesday, November 7, 2017

√ Soal Pembagian Terstruktur Mengenai Makhluk Hidup Lengkap Jawaban

Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013


Makhluk hidup mempunyai tingkat keanekaragaman sangat tinggi. Semakin usang makluk hidup akan semakin bertambah banyak, sehingga keanekaragamannya juga bertambah. Untuk mempelajari makhluk hidup yang beranekaragam tersebut, maka diharapkan klasifikasi.


Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup


Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.


Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk menyederhanakan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.


Klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus berdasarkan atas persamaan dan perbedaan struktur badan makhluk hidup. Carolus Linnaeus memakai sistem pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup yang disebut Sistem BinomialNomenklatur (Sistem Tata Nama Ganda).


Manfaatnya Klasifikasi Mahluk Hidup:



  • Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam.

  • Mengetahui jenis-jenis makhluk hidup.

  • Mengetahui korelasi kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.


Takson merupakan urutan pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup, mulai dari yang tertinggi (kingdom) sampai yang terendah (spesies).


Kunci determinasi adalah kunci yang dipergunkan untuk menentukan filum atau divisi, kelas, ordo, familia, genus, atau spesies. Dasar yang dipakai yaitu identifikasi makhluk hidup dengan memakai kunci dikotom.


Kompetensi Dasar yang harus dikuasai penerima didik dalam mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup adalah sebagai berikut.



3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.



4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.




Materi Pokok dalam Soal Klasifikasi Makhluk Hidup sebagai berikut.




  • Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar.

  • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup.

  • Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Sistem Klasifikasi.


Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal ini berbentuk pilihan ganda yang dilengkapi dengan kunci jawaban.


Soal nomor 1


Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah ….


A.  mempermudah pengenalan makhluk hidup


B.  menentukan makhluk hidup yang sanggup dimakan


C.  menentukan asal-usul makhluk hidup


D.  menawarkan nama pada setiap makhluk hidup


Kunci tanggapan : A


Soal nomor 2


Ilmu yang mempelajari pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup disebut ….


A. Botani


B. Zoologi


C. Taksonomi


D. Genetika


Kunci tanggapan :C


Soal nomor 3


Pemberian tata nama ganda diatur dalam Kode Internasional yang disebut dengan ….


A. binomial nomenklatur


B. pengelompokan


C. kunci determinasi


D. klasifikasi


Kunci tanggapan : A


Soal  nomor 4


Urutan takson yang paling sempurna untuk flora yaitu ….


A.  divisi – kelas – familia – genus – spesies


B.  divisi – familia – kelas – genus – spesies


C.  filum  – kelas  – genus – spesies


D.  filum – familia – kelas – genus – spesies


Kunci tanggapan : A


Soal nomor 5


Pada taksonomi dari kingdom ke spesies, jumlah makhluk hidup yang berbeda dalam setiap takson akan ….


A. semakin banyak


B. semakin sedikit


C. berubah-ubah


D. tetap


Kunci tanggapan : B


Soal nomor 6


Padi mempunyai nama ilmiah Oryza sativa. Kata Oryza merupakan petunjuk nama ….


A.  spesies


B.  kelas


C.  familia


D.  genus


Kunci tanggapan : D


Soal nomor 7


Semakin erat korelasi kekerabatan makhluk hidup, maka akan semakin banyak ….


A.  perbedaan sifat


B.  keragamannya


C.  persamaan sifat


D.  keunikannya


Kunci tanggapan : C


Soal nomor 8


Kelompok yang mempunyai jumlah individu paling banyak yaitu ….


A.  kelas


B.  genus


C.  spesies


D.  familia


Kunci tanggapan : C


Soal nomor 9


Euglena kurang cocok kalau hanya dimasukkan dalam animalia, alasannya yaitu Euglena juga mempunyai ciri yang dimiliki oleh Plantae, yaitu ….


A. cara makannya autotrof


B. selalu bergerak


C. cara hidup berkoloni


c. cara makannya heterotrof


Kunci tanggapan : A


Soal nomor 10


Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur yaitu ….


A.  ganggang tidak berklorofil


B.  jamur tidak berklorofil


C.  jamur berklorofil


D.  ganggang bersel satu


Kunci tanggapan : B


Soal nomor 11


Lumut kerak merupakan flora ….


A.  hasil hidup bersama askiometes dengan ganggang


B.  hasil simbiosis antara jamur dengan lumut


C.  adonan antara flora paku dengan jamur


D.  hasil hidup bersama antara dua jamur


Kunci tanggapan : B


Soal nomor 12


Bagian pada flora paku yang menghasilkan sel kelamin jantan yaitu ….


A.  protalium


B.  arkegonium


C.  antheridium


D.  sporogonium


Kunci tanggapan : C


Soal nomor 13


Daun flora paku yang sanggup menghasilkan spora disebut daun yang ….


A.  steril


B.  hidup


C.  besar


D.  fertil


Kunci tanggapan : D


Soal nomor 14


Berikut ini termasuk kelompok flora tidak berpembuluh, kecuali ….


A.  ganggang


B.  flora paku


C.  lumut


D.  jamur


Kunci tanggapan : A


Soal nomor 15


Benang-benang halus berwarna putih yang tedapat pada jamur disebut ….


A.  spora


B.  rizoid


C.  sporangium


D.  hifa


Kunci tanggapan : D


Soal nomor 16


Berikut ini yang termasuk dalam kelompok flora berbiji terbuka yaitu ….


A.  kacang hijau, jagung, jambu mete


B.  pakis haji, melinjo, pinus


C.  kacang tanah, melinjo, pinus


D.  pakis haji, jambu mete, jagung


Kunci tanggapan : B


Soal nomor 17


Tumbuhan berbiji terbuka yang sanggup dijadikan sebagai tumbuhan hias yaitu ….


A.  pakis haji


B.  tusam


C.  melinjo


D.  damar


Kunci tanggapan : A


Soal nomor 18


Kerangka binatang berpori sanggup dimanfaatkan sebagai ….


A.  penggosok pakaian


B.  penggosok kulit


C.  spons mandi


D.  vas bunga


Kunci tanggapan : C


Soal nomor 19


Burung termasuk dalam kelompok binatang berdarah panas, yang artinya ….


A.  suhu tubuhnya mengikuti suhu lingkungan


B.  suhu tubuhnya lebih tinggi dari suhu lingkungan


C.  suhu tubuhnya tetap, meskipun suhu lingkungan berubah


D.  memiiki kemampuan pembiasaan dengan lingkungan


Kunci tanggapan : C


Soal nomor 20


Berikut ini binatang yang mempunyai rangka dalam yaitu ….


A.  belalang dan kupu-kupu


B.  lebah dan laba-laba


C.  katak dan kadal


D. kumbang dan kalajengking


Kunci tanggapan : C


Soal nomor 21


Burung pada waktu terbang akan lebih efektif dalam bernapas kalau memakai ….


A.  paru-paru buku


B.  insang dan paru-paru


C.  pundi-pundi hawa


D.  paru-paru dan pundi-pundi hawa


Kunci tanggapan : C


Soal nomor 22


Rhizopoda yaitu binatang bersel satu yang bergerak dengan memakai ….


A.  kaki semu


B.  kaki tabung


C.  bulu getar


D.  bulu cambuk


Kunci tanggapan : A


Soal nomor 23


Berikut ini yang bukan termasuk ciri flora dikotil yaitu ….


A.  akarnya tunggang


B.  batang bercabang


C.  daunnya menjari


D.  berkeping dua


Kunci tanggapan : C


Soal nomor 24


Di bawah ini yang temasuk dalam kelompok crustacea adalah ….


A.  udang dan belalang


B.  kepiting dan udang


C.  kutu dan kelabang


D.  belalang dan kelabang


Kunci tanggapan : B


Soal nomor 25


Hewan yang mendapat julukan mamalia berkantung yaitu ….


A.  monyet


B.  tikus


C.  lumba-lumba


D.  kanguru


Kunci tanggapan : D



 


Soal Essay Klasifikasi Makhluk Hidup beserta Kunci Jawabannya


Soal No. 1


Jelaskan apa tujuan dilakukannya pengklasifikasian makhluk hidup!


Jawaban:


Tujuan pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup yaitu:



  1. Menyederhanakan makhluk hidup supaya lebih gampang dipelajar

  2. Mendeskripsikan ciri – ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap jenis dan lebih gampang dikenali

  3. Mengelompokkan makhluk hidup sesuai persamaan ciri

  4. Mengetahui korelasi kekerabatan dan sejarah evolusi


Soal No. 2


Bagaimana cara pengklasifikasian pada flora dan hewan?


Jawaban:


Cara pengklasifikasian pada flora dan binatang sanggup dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:



  1. Beberapa spesies dikelompokan biar sanggup membentuk takson genus.

  2. Beberapa genus yang mempunyai ciri tertentu dikelompokan biar sanggup membentuk takson familia.

  3. Beberapa familia dengan ciri-ciri tertentu dikelompokan biar sanggup membentuk takson ordo.

  4. Beberapa ordo dikelompokan biar membentuk takson kelas.

  5. Beberapa takson kelas yang mempunyai ciri tertentu dikelompokan biar membentuk takson filum untuk hewan, dan takson divisiso untuk tumbuhan.

  6. Dengan melaksanakan cara tersebut, maka terbentuk tingkatan pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup. Klasifikasi urutan terbesar sampai terkecil yaitu :



  • Kerajaan ( kingdom )

  • Filum atau divisio

  • Classic ( Kelas )

  • Bangsa ( ordo )

  • Suku ( Familia )

  • Marga ( Genus )

  • Jenis ( Spesies )


Soal No. 3


Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup sistem filogenetik!


Jawaban:


Klasifikasi makhluk hidup sistem filogenetik yaitu pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup berdasarkan keturunan dan korelasi kekerabatan antar makhluk hidup.


Soal No. 4


Jelaskan ciri khusus dari lima kingdom makhluk hidup yang dikelompokkan oleh R. H. Whittaker!


Jawaban:


R. H. Whittaker membagi makhluk hidup ke dalam 5 kingdom, yaitu kingdom monera, kingdom protista, kingdom fungi, kingdom plantae, dan kingdom animalia.


Soal No. 5


Protista masuk ke dalam kingdom tersendiri sehingga muncul sistem lima kingdom. Sebutkan tiga pola kelompok organisme yang tergolong protista!


Jawaban:


Contoh Organisme yang Tergolong Protista:



  1. Emtamoeba histolityca

  2. Trypanosoma evansi

  3. Paramecium caudatum


Soal No. 6


Sebutkan urutan tingkat takson dalam pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup!


Jawaban:


Urutan tingkat takson dalam pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup untuk hewan:



  1. Kingdom

  2. Filum

  3. Kelas

  4. Ordo

  5. Familia

  6. Genus

  7. Spesies


Urutan tingkat takson dalam pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup untuk tumbuhan:



  1. Kingdom

  2. Devisio

  3. Kelas

  4. Ordo

  5. Familia

  6. Genus

  7. Spesies


Soal No. 7


Bagaimana cara penulisan nama ilmiah, apabila nama makhluk hidup terdiri atas dua kata dan tiga tifa kata? Berikan contoh!


Jawaban:


Berdasarkan sistem tata nama biner yang diperkenalkan oleh Carolus Linnaerus. Pemberian nama ilmiah makhluk hidup memakai bahasa Latin, dan terdiri dua kata yang memperlihatkan nama genus dan spesies. Huruf pertama pada kata pertama ditulis kapital atau aksara besar, dan pada kata kedua ditulis dengan aksara kecil. Kedua kata ini ditulis miring.


Contoh: Padi (Oryza sativa), Melinjo (Gnetum gnemon)


Jika nama makhluk hidup lebih dari dua kata, maka kata kedua harus disatukan atau diberi tanda penghubung dan ditulis miring.


Contoh: Bunga sepatu bisa ditulis Hibiscus rosasinensis atau Hibiscus rosa-sinensis.


 


Sumber Soal : Tekpoin.com



Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)