Monday, December 4, 2017

√ Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah

Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah


Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 perihal Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP dijadikan dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Ruang lingkup Standar Nasional Pendidikan mencakup standar: isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Standar-standar tersebut merupakan contoh dan kriteria dalam menetapkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. 
Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah √ Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah


Penerapan standar nasional pendidikan merupakan serangkaian proses untuk memenuhi tuntutan mutu pendidikan nasional. Pelaksanaannya diatur secara bertahap, terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Dalam proses pemenuhan standar tersebut diharapkan sejumlah indikator pencapaian untuk mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Dan kegiatan operasional pendidikan berada di tingkat satuan pendidikan (sekolah) dalam upaya menghasilkan lulusan yang bermutu. 

Sekolah dipimpin oleh kepala sekolah yang mempunyai kiprah strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu: 1) mendorong timbulnya kemauan yang berpengaruh dengan penuh semangat dan percaya diri kepada para guru, staf dan akseptor didik dalam melaksanakan tugasnya masing-masing; 2) memperlihatkan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para akseptor didik, serta memperlihatkan dorongan, memacu dan bangun di depan demi kemajuan dan memperlihatkan ide dalam mencapai tujuan. 

Untuk sanggup melaksanakan fungsinya tersebut di atas, Kepala Sekolah harus: 
  1. memiliki seni administrasi yang sempurna untuk meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan di sekolahnya; 
  2. memiliki seni administrasi yang sempurna untuk memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan melalui kolaborasi atau kooperatif, memberi kesempatan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kemampuan profesinya, dan mendorong keterlibatan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dalam aneka macam kegiatan yang menunjang tujuan sekolah; 
  3. memiliki relasi sangat dekat dengan aneka macam pihak yang terkait dengan upaya peningkatan mutu sekolah dan mendukung keterlaksanaan seluruh aktivitas sekolah dan produktivitas sekolah; 
  4. melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan; 
  5. mampu memperlihatkan petunjuk dan pengarahan, meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan kiprah secara proporsional; 
  6. memiliki seni administrasi yang sempurna untuk menjalin relasi yang serasi dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memperlihatkan teladan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, dan membuatkan model-model pembelajaran yang inovatif; 
  7. memiliki seni administrasi yang sempurna untuk memperlihatkan motivasi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan aneka macam kiprah dan fungsinya; dan 
  8. menjadi figur teladan yang sanggup dijadikan contoh dan teladan bagi pendidik dan tenaga kependidikan maupun akseptor didik; 
Pelaksanaan kiprah pokok kepala sekolah harus sanggup diukur melalui evaluasi kinerja kepala sekolah. Penilaian kinerja sebagaimana dimaksud meliputi: 
  1. usaha pengembangan sekolah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah; 
  2. peningkatan kualitas sekolah menurut 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan selama di bawah kepemimpinan yang bersangkutan; 
  3. perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut pengawasan pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya pelatihan dan bimbingan kepada guru; 
  4. usaha pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah. 
Untuk melaksanakan kiprah pokoknya secara efektif dan efisien, kepala sekolah memerlukan panduan kerja. Panduan kerja kepala sekolah ini memperlihatkan rambu-rambu kepada kepala sekolah dalam melaksanakan kiprah pokoknya dan mempermudah kepala sekolah dalam mempersiapkan pelatihan dan evaluasi yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan dinas pendidikan. 
BACA JUGA: RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru
Berdasarkan uraian di atas, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, memperlihatkan perhatian terhadap peningkatan kinerja kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan melalui penerbitan Panduan Kerja Kepala Sekolah. 

Lebih jelas, lebih lengkap sanggup did0wnl0ad di bawah ini:

Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah
Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah


Demikian ulasan singkat tentang Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah biar bermanfaat.

Sumber http://fileledukasi.blogspot.com


EmoticonEmoticon