Friday, December 1, 2017

√ Komposisi Kimia Badan Manusia

Komposisi Kimia Tubuh Manusia


Ada beberapa cara untuk mempertimbangkan komposisi kimia badan manusia, termasuk elemen, jenis molekul, atau jenis sel. Sebagian besar badan insan terdiri dari air, H2O, dengan sel yang terdiri dari 65-90% air menurut berat. Oleh alasannya ialah itu, tidak mengherankan bahwa sebagian besar massa badan insan ialah oksigen. Karbon, unit dasar untuk molekul organik, berada di urutan kedua. 99% massa badan insan terdiri dari hanya enam elemen: oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, kalsium dan fosfor.


 


Ada beberapa cara untuk mempertimbangkan komposisi kimia badan insan √ Komposisi Kimia Tubuh Manusia

Komposisi kimia badan insan tampak belakang. Ilustrasi dan sumber foto: Public Domain Pictures


 


Ada beberapa cara untuk mempertimbangkan komposisi kimia badan insan √ Komposisi Kimia Tubuh Manusia

Komposisi kimia badan insan tampak belakang. Ilustrasi dan sumber foto: Public Domain Pictures


 




  • Oksigen (O) – 65% – Oksigen bersama dengan air bentuk hidrogen, yang merupakan pelarut utama yang ditemukan dalam badan dan dipakai untuk mengatur suhu dan tekanan osmotik. Oksigen ditemukan di banyak senyawa organik utama.




  • Karbon (C) – 18% – Karbon mempunyai empat situs ikatan untuk atom lain, yang menjadikannya atom kunci untuk kimia organik. Rantai karbon dipakai untuk membangun karbohidrat, lemak, asam nukleat, dan protein. Memutuskan ikatan dengan karbon ialah sumber energi.




  • Hidrogen (H) – 10% – Hidrogen ditemukan dalam air dan di semua molekul organik.




  • Nitrogen (N) – 3% – Nitrogen ditemukan dalam protein dan asam nukleat yang menyusun arahan genetik.




  • Kalsium (Ca) – 1,5% – Kalsium ialah mineral yang paling melimpah di dalam tubuh. Ini dipakai sebagai materi struktural dalam tulang, tetapi sangat penting untuk pengaturan protein dan kontraksi otot.




  • Fosfor (P) – 1,0% – Fosfor ditemukan dalam molekul ATP, yang merupakan pembawa energi utama dalam sel. Ini juga ditemukan di tulang.




  • Potasium (K) – 0,35% – Kalium ialah elektrolit yang penting. Ini dipakai untuk mengirimkan impuls saraf dan regulasi detak jantung.




  • Belerang (S) – 0,25% – Dua asam amino termasuk belerang. Bentuk sulfur obligasi membantu menunjukkan protein bentuk yang mereka butuhkan untuk melaksanakan fungsinya.




  • Sodium (Na) – 0,15% – Sodium ialah elektrolit penting. Seperti potasium, ini dipakai untuk sinyal saraf. Sodium ialah salah satu elektrolit yang membantu mengatur jumlah air dalam tubuh.




  • Klor (Cl) – 0,15% – Klorin merupakan ion bermuatan negatif (anion) penting yang dipakai untuk menjaga keseimbangan cairan.




  • Magnesium (Mg) – 0,05% – Magnesium terlibat dalam lebih dari 300 reaksi metabolik. Ini dipakai untuk membangun struktur otot dan tulang dan merupakan kofaktor penting dalam reaksi enzimatik.




  • Besi (Fe) – 0,006% – Besi ditemukan dalam hemoglobin, molekul yang bertanggung jawab untuk transportasi oksigen dalam sel darah merah.




  • Tembaga (Cu), Seng (Zn), Selenium (Se), Molybdenum (Mo), Fluorin (F), Iodin (I), Mangan (Mn), Kobalt (Co) – total kurang dari 0,70%




  • Lithium (Li), Strontium (Sr), Aluminium (Al), Silikon (Si), Timbal (Pb), Vanadium (V), Arsenik (As), Bromin (Br) – hadir dalam jumlah kecil dalam komposisi kimia badan manusia.




 


Ada beberapa cara untuk mempertimbangkan komposisi kimia badan insan √ Komposisi Kimia Tubuh Manusia

Komposisi kimia badan manusia. Ilustrasi dan sumber foto: Max Pixel


 


Organ Tubuh Manusia


Organ atau anatomi adalah kelompok jaringan yang melaksanakan beberapa fungsi. Dibawah ini Anda sanggup menemukan daftar organ badan manusia. Bagan ini menunjukkan citra sederhana dan gampang dipahami perihal lokasi dan organ internal utama tubuh. Klik disini untuk membaca lebih lanjut (akan membuka layar baru).


 


Istilah Anatomi Manusia – Gerakan dan Lokasi Anatomi Manusia


Anatomi mempunyai pembendaharaan kata-kata internasional. Istilah anatomi mempunyai arti yang sempurna dan dipakai dalam kedokteran dan biologi. Klik disini untuk membaca kelanjutannya (akan membuka layar baru).


 


Komposisi badan manusia


Sistem organ badan termasuk: kardiovaskular, kekebalan tubuh, pencernaan, pernapasan, ekskresi, perkemihan, muskuloskeletal, saraf, endokrin dan reproduksi. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut (akan membuka layar baru).


 


Tabel periodik kimia lengkap


Jika Anda ingin mengetahui rumus tabel periodik kimia, mohon klik disini akan membuka layar baru).


 



 



Sumber bacaan: ThoughtcoIPFSArizona State UniversityLive Science





Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon