Saturday, December 2, 2017

√ Kunci Tanggapan Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3


 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 - Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 27, 28, 29, 30, 33, 34, 35, 37, 38 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia, Cerita Fiksi Si Hitam, Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Semboyan Negara Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 kali ini membahas perihal soal-soal yang terdapat pada buku siswa SD/MI Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. Untuk mempermudah menemukan balasan yang kalian cari, sanjayaops.com telah menyusun jawaban-jawaban tersebut secara berurutan sesuai dengan halaman yang ada pada buku siswa. Selain itu kunci balasan tersebut juga dilengkapi dengan pembahasan materinya. Silakan simak kunci balasan tema 9 kelas 6 revisi 2018 berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 27

Perhatikan gambar-gambar berikut ini dengan saksama!

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Amatilah dengan saksama gambar-gambar di halaman 26. Lalu, diskusikan dengan temanmu dengan mengikuti kegiatan berikut:
1. Sebutkan nama dan kegunakan benda-benda tersebut!

Jawaban :
Gambar Nomor 1 : 
Nama : Alat bajak tradisional
Kegunaan : Mengolah tanah pertanian/sawah

Gambar Nomor 2 :
Nama : Mesin bajak/alat bajak modern
Kegunaan : Mengolah tanah pertanian/sawah

Gambar Nomor 3 :
Nama : Mesin ketik
Kegunaan : Membuat catatan/tulisan

Gambar Nomor 4 :
Nama : Laptop
Kegunaan : Membuat catata/tulisan

Gambar Nomor 5 :
Nama : Setrika arang/Setrika tradisional
Kegunaan : Merapikan baju/menghilangkan kerutan pakaian

Gambar Nomor 6 :
Nama : Setrika listrik/Setrika modern
Kegunaan : Merapikan baju/menghilangkan kerutan pakaian

Gambar Nomor 7 :
Nama : Telepon
Kegunaan : Sebagai sarana komunikasi

Gambar Nomor 8 :
Nama : Handphone/Telepon genggam
Kegunaan : Sebagai sarana komunikasi.

2. Jelaskan di mana kau menjumpai benda-benda tersebut!

Jawaban :
  • Gambar 1 : Lahan pertanian/sawah
  • Gambar 2 : Lahan pertanian/sawah
  • Gambar 3 : Perkantoran
  • Gambar 4 : Perkantoran, rumah
  • Gambar 5 : Rumah
  • Gambar 6 : rumah
  • Gambar 7 : perkantoran, rumah, dan tempat lainnya
  • Gambar 8 : Individu/orang yang mempunyai/di banyak sekali tempat

3. Urutkanlah benda-benda tersebut, dari yang paling sering ke yang paling jarang kau lihat dan gunakan.

Jawaban :
Urutan dari yang paling sering ke yang paling jarang dilihat dan dipakai :
Handphone, Setrika listrik, Laptop, Mesin bajak, Telepon, Mesin ketik, Alat bajak tradisional, Setrika arang.

4. Tentukan benda-benda  mana saja yang hingga kini ada di rumahmu dan masih digunakan.

Jawaban :
Benda yang ada di rumah dan masih dipakai : Handphone, Setrika listrik, Laptop

5. Pilihlah satu benda dari benda-benda di atas yang paling kau inginkan dan jelaskan alasanmu!

Jawaban :
Benda yang paling diinginkan.
Alternatif 1 :
Laptop, lantaran banyak kegunaannya, serta membantu mempermudah acara dan mempercepat kegiatan.
Alternatif 2 :
Handphone, lantaran sebagai sarana komunikasi yang diperlukan setiap hari, membantu aktivitas.

Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia 

Kita mungkin sudah sering mendengar kata modern untuk menjelaskan sesuatu yang bukan bersifat tradisi, tetapi bersifat masa kini.

Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi sanggup pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang maju.

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Modernisasi yang membentuk masyarakat modern tentu akan mengubah cara pikir dan cara hidup masyarakatnya. Para hebat menyebutkan beberapa ciri masyarakat modern.

Masyarakat modern mempunyai perilaku hidup untuk mendapatkan hal-hal yang gres dan terbuka untuk perubahan. Mereka mempunyai keberanian untuk menyatakan pendapatnya perihal lingkungannya sendiri.

Mereka juga sangat menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu. Selain itu, masyarakat modern juga memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang.

Rasa percaya diri yang tinggi, percaya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menghargai orang lain melalui prestasinya dalam masyarakat juga ciri masyarakat modern.

Perubahan masyarakat menjadi masyarakat modern tidak terjadi begitu saja. Perubahan pada umumnya terjadi lantaran adanya peningkatan jenis kebutuhan insan yang semakin beragam.

Oleh lantaran itu, mereka memerlukan cara-cara gres untuk memenuhinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menjadi pendorong berpengaruh terjadinya perubahan masyarakat.

Kemudahan-kemudahan yang tercipta lantaran adanya penggunaan teknologi, menciptakan masyarakat menyesuaikannya dengan cepat juga.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Halaman 28

Kamu telah membaca dan mengetahui perihal masyarakat modern. Bersama dengan sobat dalam kelompok tentukan ciri-ciri masyarakat modern dari bacaan di atas.

Lalu, gambarlah atau carilah gambar yang sesuai untuk menjelaskan ciri masyarakat modern tersebut.

Buatlah tabel untuk menjelaskan hasil diskusimu. Lalu, presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan percaya diri.

Menghargai Waktu :

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Percaya Diri :

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Ciri-Ciri Masyarakat Moderen

  • Memiliki perilaku hidup untuk mendapatkan hal-hal baru.
  • Terbuka untuk perubahan.
  • Berani menyatakan pendapat perihal lingkungan.
  • Menghargai waktu
  • Orientasi ke massa depan.
  • memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang.
  • Percaya diri.
  • Menghargai orang lain.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar Halaman 29

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Lakukanlah wawancara terhadap orang bau tanah atau kakek nenekmu perihal cara hidup mereka ketika mereka seusia kamu.

Sebagai pewancara, kau harus mencari tahu bagaimana cara mereka melaksanakan kegiatan berguru di rumah dan di sekolah.

Apa saja yang mereka lakukan pada ketika hari libur atau ketika tidak bersekolah. Apa saja yang mereka gunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut.

Lalu, ringkaslah hasil wawancaramu untuk dibandingkan dengan kegiatan yang sama yang kau lakukan ketika ini. Catatlah hasil wawancaramu dengan memakai tabel berikut. Perhatikan contoh!

Nama Narasumber : Nama Kakek
Nama Pewancara : Nama Siswa
Usia Narasumber : 60 Tahun
Tempat Wawancara : Rumah Kakek

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 30

Buatlah sebuah goresan pena dalam satu paragraf untuk menciptakan kesimpulan dari wawancara tersebut.

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Masyarakat Indonesia secara terus menerus mengalami perubahan. Perubahan tersebut yaitu perubahan menuju masyarakat modern. Perubahan ini bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Kita ambil rujukan kegiatan seorang siswa dalam kehidupan sehari-hari. Jika siswa zaman dahulu berguru secara bergerombol/bersama-sama, maka siswa kini lebih banyak berguru sendiri di kamar masing-masing. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu, listrik belum merata tersambung di rumah-rumah penduduk. Kaprikornus siswa berguru dengan penerangan seadanya. Siswa dan guru zaman dahulu berguru memakai alat sederhana, sedang siswa dan guru zaman kini memakai kecanggihan teknologi untuk menunjang proses berguru mengajar. Dalam kegiatan sepulang sekolah, maka siswa zaman dahulu lebih banyak bermain bersama dengan permainan tradisional. Sedang siswa zaman sekarang, ketika bermain lebih cenderung individual, lantaran permainan yang dilakukan lebih berafiliasi dengan langsung sendiri dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, ibarat bermain games online.

Si Hitam (Oleh Diana Karitas)

Kak Irma mendapati adiknya, Rina menangis tersedu di teras rumah. Kak Irma yang gres pulang kuliah segera memeluk adiknya yang masih kelas enam itu. Keadaan rumah terlihat sepi, tidak ibarat biasanya. Ia tahu ayah dan ibu masih di kantor, tetapi biasanya keadaan rumah tidak sesepi ini.

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

“Kenapa, Dik?” tanya Kak Irma. Rina tak segera menjawab. Ia malah tersedu semakin keras. Mbak Tati, yang biasa menemani Rina bergegas tiba menghampiri mereka memasuki pekarangan rumah. Mbak Tati tampak terengah dan berkeringat.

“Ada apa, Mbak? Mbak Tati dari mana? Mengapa Rina ditinggal sendiri di rumah?” tanya Kak Irma tanpa melepas pelukannya kepada adiknya.

“Ini, Kak Irma. Si Hitam tidak pulang sedari tadi. Saya tadi berusaha mencarinya ke seluruh komplek ini. Tetapi saya tidak menemukannya,” jawab Mbak Tati dengan wajah panik.

Segera Kak Irma tersadar. Rumah yang sepi, tidak ada bunyi manja kucing kesayangan Rina. Ternyata ini penyebab Rina sedih. Kucing kesayangannyabelum kembali.

“Kak Irma, apa yang bisa kita lakukan semoga Si Hitam kembali, Kak? Si Hitam niscaya bersedih mencariku. Bagaimana ia akan makan? Bagaimana ia akan tidur? Pergi ke manakah kucing kecil itu?” tanya Rina masih tersedu.

“Ah, Kak Irma punya ide. Semoga berhasil. Mbak Tati, tolong temani Rina sebentar ya!” pinta Kak Irma kepada Mbak Tati sambil melepas pelukannya.

Kak Irma segera mengambil telepon genggamnya dari dalam tasnya. Ia tampak sedang mencari-cari sesuatu dari dalam telepon genggam itu.

“Rina, apakah kau pernah memakai telepon genggam Kakak untuk menyimpan foto Si Hitam?” Tanya Kak Irma.

“Pernah, Kak!” jawab Rina. Tampak wajahnya mulai berbinar.

“Baik, Kakak cari dulu,” kata Kak Irma sibuk mencari foto Si Hitam di dalam telepon genggamnya.

“Ah, ini foto Si Hitam!” Teriak Kak Irma.

“Apa yang hendak Kakak lakukan dengan foto Si Hitam? Apakah Kakak akan menyebar foto itu?” tanya Rina penasaran. Ia sedikit lupa dengan kesedihannya.

“Tepat sekali, adikku yang cerdas! Kakak terpikir beberapa cara, Rin. Pertama, Kakak akan cetak gambar Si Hitam beberapa lembar, kemudian menempelkannya di beberapa lokasi di sekitar sini. Kamu dan teman-temanmu bisa membantu menempelkannya. Kedua, Kakak bisa menyebarkannya secara digital kepada teman-teman Kakak, atau kenalan Ayah dan Ibu melalui telepon genggam ini. Dengan begitu, banyak orang akan ikut mencari kucingmu!” terperinci Kak Irma dengan bersemangat.

Kak Irma mulai sibuk menekan-nekan penggalan telepon genggamnya. Setelah beberapa lama, ia masuk ke dalam rumah dan mulai membuka komputer jinjingnya. Ia terlihat sibuk. Ia menyalakan mesin pencetak, dan tak usang kemudian beberapa lembar kertas dengan gambar Si Hitam dan keterangan di bawahnya mulai muncul. Rina bergegas mengambil kertas-kertas itu.

Rina bergegas menuju pesawat telepon di akrab televisi. Ia menelepon beberapa temannya yang tinggal tidak jauh dari rumah mereka. Ia meminta mereka untuk membantunya menempelkan kertas berisi keterangan perihal Si Hitam, kucingnya yang hilang. Tidak berapa lama, tiga sobat Rina tiba dengan memakai sepeda. Tanpa menunggu lama, mereka mengambil kertas-kertas yang telah dicetak gambar Si Hitam. Mereka bergegas berangkat bersama Rina. Sementara, Kak Irma juga tak henti menelepon temantemannya untuk meminta pertolongan mencari kucing adiknya. Telepon genggam Kak Irma pun berbunyi beberapa kali. Kak Irma sibuk menjelaskan ciri-ciri Si Hitam melalui telepon genggamnya.

Tak usang berselang, Rina dan teman-temannya telah kembali pulang. Kak Irma dan Mbak Tati meminta mereka tetap menemani Rina yang terlihat cemas. Lalu, telepon Kak Irma kembali berbunyi.

“Halo. Ya, betul dengan saya sendiri,” jawab Kak Irma melalui telepon genggamnya.

“Benarkah? Ya, betul, itu kucing kami. Kucing itu mempunyai tanda pengenal di kalungnya. Wah, terima kasih, Pak! Kami tunggu di rumah, ya Pak. Ya, alamatnya ada di kertas yang kami sebar tadi. Terima kasih banyak, Pak!” Kak Irma menutup pembicaraan dengan lawan bicaranya dengan wajah gembira. Melihat itu, Rina dan teman-temannya bersorak kegirangan! Kucing Rina telah ditemukan dan akan segera diantarkan!

“Terima kasih teman-teman. Kalian telah membantuku menemukan kucing kesayanganku! Apa alhasil kalau tidak ada kalian semua!” kata Rina sambil memeluk teman-temannya.

“Jangan khawatir, Rin. Itulah gunanya teman,” jawab salah satu sobat Rina.

“Terima kasih juga, Kak Irma! Kakak memang hebat!” seru Rina sambil memeluk kakaknya.

“Sama-sama, Rin. Berkat teman-teman kamu, juga berkat telepon genggam abang ini, dilema kita bisa diselesaikan dengan lebih cepat!” kata Kak Irma sambil mengatakan telepon genggamnya dengan bangga.

“Wah, berarti kapan-kapan saya bisa pinjam telepon genggam Kakak, untuk mencari barang-barangku yang hilang!” seru Rina sambil mengedipkan matanya ke arah kakaknya.

“Hmm… Kamu anak-anak untuk memakai telepon genggam ini! Bahaya!” goda Kak Irma sambil berlalu dari Rina.

Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 33

Perhatikan baik-baik kisah fiksi di atas untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut
1. Bagaimana menurutmu kisah fiksi di atas? Apakah kau menyukai ceritanya? Mengapa?

Jawaban :
Cerita yang sangat bagus. Saya menyukainya kisah tersebut. Karena kisah tersebut menceritakan perihal salah satu manfaat pemakaian ilmu pengetahuan/teknologi modern yang menjadi salah satu ciri dari masyarakat modern

2. Masih ingatkah kau perihal tokoh utama dan tokoh pemanis dalam sebuah kisah fiksi? Menurutmu apakah perbedaan keduanya?

Jawaban :
Ya, Perbedaannya yaitu tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah cerita, sedang tokoh pemanis merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama

3. Bagaimanakah caramu untuk memilih tokoh utama dan tokoh pemanis dari kisah tersebut?

Jawaban :
Tokoh utama dan tokoh pemanis biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam kisah atau obrolan di dalam kisah tersebut.

Kita juga sanggup menentukannya dengan melihat jalan cerita, dan perihal siapa kisah tersebut. Tokoh pemanis biasanya mendukung tokoh utama, kiprah tokoh pemanis salah satunya untuk memperjelas tabiat tokoh utama.

Kunci Jawaban Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Halaman 34

Ayo Menulis - Berdasarkan kisah fiksi Si Hitam, lakukanlah kegiatan berikut ini
1. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskan perihal tokoh utama dan tokoh pemanis dalam kisah si Hitam.

2. Jelaskan gambar tersebut dengan menuliskan beberapa kata kunci perihal sifat dan ciri fisiknya dan mengapa kau menggambarkannya demikian. Gunakan dua kotak berikut untuk mengerjakannya!

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 35

Buatlah sebuah ringkasan dari kisah Si Hitam dalam satu paragraf. Tuliskanlah di tempat yang telah tersedia berikut ini.

Jawaban :
Kak Irma gres saja pulang sekolah. Ia mendapati adiknya yang berjulukan Rina menangis. Kak Irma segera menanyakan alasannya yaitu Rina menangis. Rina menangis lantaran tidak mendapati kucingnya yang berjulukan si Hitam ada di rumah, dan Rina kuatir kalau si Hitam tidak pulang kembali. Segera Kak Irma menuju ke dalam untuk mencetak foto si Hitam yang ada di telepon genggamnya melalui printer, dan segera meminta Rina untuk mengembangkan foto si Hitam yang sudah selesai dicetak bersama dengan teman-teman Rina. Kak Irma juga menghubungi teman-temannya untuk mencari keberadaan si Hitam. Beberapa jam kemudian telepon genggam Kak Irma berbunyi dan salah satu kenalannya memberitahukan keberadaan si Hitam dan kenalannya tersebut akan mengantarkan si Hitam pulang. Rina tentu gembira dan bersyukur lantaran berkat teknologi permasalahannya terselesaikan.


Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Semboyan Negara Indonesia

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata “satu” yang mempunyai arti utuh atau tidak terpecah-belah. Kata persatuan sanggup diartikan sebagai perkumpulan dari banyak sekali hal menjadi satu. Kesatuan merupakan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Persatuan dan kesatuan mempunyai makna “bersatunya beraneka ragam Suku Bangsa menjadi satu kesatuan yang utuh dan serasi.” Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sanggup diartikan sebagai persatuan bangsa atau negara yang menduduki wilayah Indonesia. Persatuan itu didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat.

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Persatuan dan kesatuan bangsa mempunyai makna yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia yang tinggal dalam negara kepulauan mempunyai keragaman budaya, agama, suku bangsa, bahasa, dan adab istiadat. Namun demikian, mereka terikat satu sama lain lantaran mempunyai kesamaan-kesamaan yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Kesamaan-kesamaan dan keterikatan yang terbangun dari semenjak zaman nenek moyang telah disebutkan dalam kitab yang ditulis Mpu Tantular, yaitu Kitab Sutasoma. Di dalam kitab tersebut menyebutkan perihal Bhinneka Tunggal Ika.

Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang dipakai Mpu Tantular yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit. Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna meskipun berbeda-beda tetapi satu kesatuan utuh yang tidak sanggup dipisahkan. Begitu dalamnya makna di dalam kalimat tersebut, sehingga Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa Indonesia dan menjadi penggalan dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan semoga bangsa Indonesia yang sangat bermacam-macam ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.

Di dalam perkembangannya, masyakarat Indonesia terus berusaha mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perubahan yang terjadi di seluruh dunia. Namun demikian, semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap sesuai dengan zaman modern ketika ini. Bahkan, bangsa lain mengakui kemampuan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mengatasi perbedaan dalam kehidupan masyarakat ketika ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar Revisi 2018 Halaman 37-38

Jawablah pertanyaan berikut ini
1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?

Jawaban :
Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia yaitu satu kesatuan yang utuh yang tidak sanggup dipisahkan

2. Bagaimana kiprah semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa?

Jawaban :
Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan menjadi penggalan dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan semoga bangsa Indonesia yang bermacam-macam ini terus mengingat pentingya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat

3. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita?

Jawaban :
Sejak dahulu, bangsa Indonesia yang tinggal dalam tempat kepulauan mempunyai keragaman dalam budaya, agama, suku, bahasa dan adab istiadat. Keharmonisan dalam perbedaan/keragaman itu bisa terwujud bila ada persatuan dan kesatuan.

4. Bersama dengan temanmu, carilah sebuah insiden dari koran atau majalah. Peristiwa tersebut yang menjelaskan insiden yang sanggup memengaruhi makna persatuan dan kesatuan bangsa di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jelaskanlah judul peristiwa, tempat peristiwa, sumber gosip dan gambar, dan makna persatuan dan kesatuan melalui gambar tersebut. Jelaskanlah hasil pemikiranmu di depan kelas dengan percaya diri.

Judul Peristiwa : Pentingnya Peran Budaya Sebagai Pemersatu Bangsa.

Tempat Peristiwa : Bengkulu.

Sumber Berita : Kompas.com

Gambar :
 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Makna Persatuan dan Kesatuan : Budaya Indonesia sanggup menjadi pemersatu apabila kita mempunyai rasa gembira terhadap budaya yang kita miliki.

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok yang terdiri atas 3 orang
1. Perhatikan kembali kisah fiksi berjudul si Hitam. Bacalah dengan saksama. Lalu, carilah insiden persatuan dan kesatuan yang ada dalam kisah tersebut.

Jawaban :
Kak Irma bersatu dengan Rina pundak membahu mencari cara menemukan si Hitam. Rina dan teman-teman Rina mengembangkan gambar si Hitam.

2. Gambarkanlah insiden dalam kisah tersebut sesuai dengan imajinasimu dalam kertas karton ukuran A4 yang dibagi dua.

3. Pada penggalan samping gambar, buatlah sebuah gambar lain yang menceritakan insiden persatuan dan kesatuan yang terjadi di sekolahmu.

4. Gunakan gambar tersebut untuk menceritakannya di depan kelompok lain.

 perihal Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia √ Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3

Persatuan dan kesatuan dalam ruang lingkup yang kecil atau sederhana terdapat dalam keluarga. Bagaimana antara abang dan adik tercipta persatuan dan kesatuan, semoga tercipta kerukunan dan keharmonisan dalam keluarga.

Persatuan dan kesatuan juga bisa diciptakan di lingkungan sekolah, terutama ketika gotong royong menerima kiprah kelompok, bagaimana kiprah dibagi masing-masing anggota kelompok. Tanpa persatuan dalam kelompok belajar, maka kiprah yang diterima akan sulit terselesaikan dengan baik.

Baca Juga :


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon