Saturday, December 9, 2017

√ Rpp Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru


Dalam rangka menumbuhkan kebijaksanaan pekerti siswa, pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuah gerakan yang disebut Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan yang bertujuan supaya siswa mempunyai budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaran sepanjang hayat. 

Praktik pendidikan perlu mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran supaya semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebarkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Sebaga materi pendukung Gerakan Literasi Sekolag (GLS), maka diharapkan sebuah rencana yang fundamental yang dilakukan oleh pendidik sebagai bukti awal pelaksanaan gerakan tersebut dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khusus gerakan Literasi sekolah.

Berikut ini ialah salah satu teladan materi yang kami bagikan pada selesai contoh, dan merupakan materi yang terdapat pada tema 6 kelas 4 pada pelaksanaan pembelajaran semester 2, serta perlu diketahui bahwa materi yang kami bagikan merupakan 1 (satu) file dalam 1 (satu) tema apabila di hitung secara keseluruhan materi ini nantinya terdiri dari 136 halaman. Simak sebagian materi tersebut di bawah ini! 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan
:
SD N Indonesia
Kelas / Semester
:
4 (Empat) 2 (Dua)
Tema
:
6. Cita - Citaku
Sub Tema
:
4. Kegiatan Pembiasaan Literasi
Pembelajaran ke
:
1 (Satu)
Alokasi waktu
:
1 Hari


A.   MATERI
  • Berbicara, membaca dan menulis.

B.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

C.   KOMPETENSI YANG DINILAI

No
Kompetensi
Keterangan
1

Pengetahuan  

1.    Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
2
Keterampilan
1.    Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis.
3
Sikap
1.    Kemandirian dan percaya diri

D.   DISKRIPSI KEGIATAN
Sekolah harus menjalankan aktivitas dengan konsisten supaya kemampuan literasi siswa sanggup berkembang dengan baik. Guru akan membimbing siswanya untuk kegiatan berbahasa lisan, membaca pemahaman, dan menulis.

E.    TUJUAN
  • Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
  • Pengetahuan siswa meningkat.
  • Siswa gampang dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
F.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Membaca, menulis, diskusi dan presentasi

G.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Guru memperlihatkan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a ialah siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan perihal pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan perihal kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , dongeng ide dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·           Apa yang tergambar pada sampul buku.
·           Apa judul buku
·           Kira-kira ini menceritakan perihal apa
·           Pernahkan kau membaca judul buku menyerupai ini

6.   Melakukan komunikasi  perihal kehadiran siswa.
7. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
9.  Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
a.    Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
  1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
  2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja
  4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melaksanakan hal yang sama. Guru melaksanakan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melaksanakan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.

b.    Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
  1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa sebab guru bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa memberikan apa yang dibacanya kepada sahabat disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa memberikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
  7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka dikala berkegiatan, dimana mereka melaksanakan kegiatan.
  13. Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada sahabat kelompoknya.

c.    Kegiatan Menulis (30 menit)
  1. Kegiatan menulis sanggup dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melaksanakan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka dikala berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis selesai, guru sanggup meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada sahabat di kelompoknya.

d.    Bentuk Kegiatan Kelas
  1. Guru meminta siswa untuk mencermati bacaan yang disajikan di Buku Siswa, siswa diperbolehkan untuk menggaris bawahi informasi-informasi penting yang mereka temukan dalam bacaan
  2. Siswa memperlihatkan pemahamannya perihal isi bacaan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan disajikan di Buku Siswa
  3. Siswa diminta untuk menceritakan kembali isi dari dongeng yang dibaca dan menciptakan ulasan singkat perihal dongeng tersebut.


  1. Kegiatan Gallery Walk
  2. Kegiatan Gallery Walk ialah kegiatan ekspo hasil mencar ilmu yang diselenggarakan dalam ruangan.
  3. Guru meminta siswa untuk menempelkan hasil ulasan dongeng di dinding kelas. Siswa saling mengunjungi hasil ulasan temannya dan memperlihatkan komentar yang positif atau saran untuk perbaikan.

150 menit
Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil mencar ilmu hari ini
  2. Guru memperlihatkan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Salam dan do’a penutup.

15 menit


H.   SUMBER DAN  MEDIA
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 semester 2 dari JGC revsi 2017
Teks dari “Aku Cinta Membaca”

I.      PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil mencar ilmu dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik evaluasi hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.

a)    Penilaian uji unjuk kerja menyajikan kegiatan penyesuaian Literasi:

No
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan

Sangat Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
Cukup Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
Tidak cukup Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
4
Keterampilan
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis  Sangat bagus
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis cantik
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis Cukup

Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis kurang
3
Sikap
Keseluruhan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri
Sebagian besar kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri
Setengah kegiatan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri
Sebagaian kecil kegiatan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri

Catatan : Centang (√) pada belahan yang memenuhi kriteria.
Penilaian : (Total nilai/12)x10

Contoh :
= (( 3+4+4)/12)X10
=  (11/12)X10
= 9,2

Penilaian Catatan Guru
1. Masalah
2. Ide Baru
3. Momen Spesial
: ........................................
: ........................................
: ........................................


Mengetahui
Kepala Sekolah,




......................................
NIP. ............................................
...................., ......................... 2018
Guru Kelas IV,




..............................................
NIP. ...........................................



Download materi lengkap:  RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 6.doc
Materi terkait lainnya:

Semoga materi RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru ini sangat bermanfaat. Jangan lupa bagikan kembali kepada rekan-rekan yang membutuhkan, dan apabila bermaksud untuk membagikan pada media umum lainnya mohon dengan sangat untuk mencantumkankan sumber utama dari blog ini " HUKUMNYA WAJIB"

Sumber http://fileledukasi.blogspot.com


EmoticonEmoticon