Monday, January 29, 2018

√ Langkah-Langkah Evaluasi Portofolio


Penilaian portofolio merupakan penilaian atas kumpulan artefak yang menunjukkan kemajuan dan dihargai sebagai hasi kerja dari dunia nyata. Penilaian portofolio bisa berangkat dari hasil kerja siswa secara individual atau berkelompok, memerlukan refleksi penerima didik dan dievaluasi menurut beberapa dimensi. Langkah-langkah dalam melakukan penilaian portofolio adalah:

a. Tahap Persiapan
1. Mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang akan diakses dengan penilaian portofolio.
2. Menjelaskan pada mahasiswa bahwa akan dilaksanakan penilaian portofolio, proses yang harus ditempuh mahasiswa, bila perlu diperlihatkan contohnya.
3. Menjelaskan bab mana, seberapa banyak keinerja dan hasil karya yang secar minimal harus disertakan dalam portofolio, dalam bentuk apa dan bagaimana hasil karya akan diakses.
4. Menjelaskan bagaimana hasil karya harus disajikan.

b. Tahap Pelaksanaan
1. Guru mendorong dan memotivasi siswa
2. Guru mendiskusikan secara rutin dengan mahasiswa wacana proses pembelajaran yang akan menghasilkan karya siswa.
3. Memberikan umpan balik secara berkesinambungan.
4. Memamerkan keseluruhan hasil karya siswa yang disimpan dalam portofolio bersama siswa lainnya.

c. Tahap Penilaian
1. Menegakan kriteria penilaian tolong-menolong atau dengan partisipasi siswa.
2. Kriteria yan disepakati dilaksanakan secara konsisten oleh dosen dan siswa.
3. Arti penting dari tahap penilaian ialah self assesment yang dilakukan oleh mahasiswa.
4. Hasil penilaian dijadikan tujuan kerikil bagi proses pembelajaran berikutnya.
Penilaian portofolio merupakan penilaian atas kumpulan artefak yang menunjukkan kemajuan d √ Langkah-Langkah Penilaian Portofolio
Contoh rubrik portofolio
Sedangkan penilaian tertulis berbentuk uraian atau esay yang menuntut siswa bisa mengingat, memahami, mengorganisasikan, menerapkan, menganalisis, mensistesis, mengevaluasi dan sebagainya atas bahan yang sudah dipelajari. Tes tertulis sebisa mungkin bersifat komperhensif sehingga bisa menggambarkan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan penerima didik. Buatlah referensi studi masalah atau berangkat dari fenomena konkret di kehidupan kemudian siswa diminta menciptakan analisa mendalam wacana masalah tersebut hingga muncul sebuah kesimpulan. Cari berita/kasus yang update dan memang menjadi dilema kontemporer ketika ini.

Kekuatan penilaian portofolio
1. Sangat baik dilakukan dalam merefleksikan prestasi dan perkembangan diri siswa.
2. Membantu memotivasi siswa dan lebih melibatkan mereka dalam proses pembelajaran.
3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk mengevaluasi kinerja dan produk mereka.
4. Jika penilaian portofolio dipakai dengan baik dan benar, maka sanggup memperkuat relasi antara proses pembelajaran dan penilaian
5. Portofolio sanggup meningkatkan komunikasi guru dengan siswa dan orang bau tanah siswa.

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon