Soal Ujian UT PGSD PDGK4104 PERSPEKTIF PENDIDIKAN SD
1. Definisi yang terkandung dalam teori historis-kultural yang relevan dengan landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD, yaitu ….
A. salah satu pilar konseptual perihal perkembangan kognitif anak
B. memusatkan perhatian pada penggunaan simbol sebagai alat untuk mengembangkan cara berpikir anak
C. menekankan pada potensi insan sebagai ciri utama, kekerabatan yang hangat, kesadaran akan perasaan orang lain
D. sumber pengetahuan perihal perkembangan kognitif anak
Jawab:
B. balasan benar, alasannya teori historis-kultural pertama dikembangkan oleh Vygotsky yang memusatkan perhatian pada bidang telaah aspek insan dari kognisi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari modul 1, Kegiatan Belajar (KB) 1
2. Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu dari 4 target utama karakteristik dalam pendidikan SD, alasannya pendidikan SD diarahkan untuk ….
A. sanggup membaca, menulis dan menghitung
B. mencari informasi untuk memecahkan masalah
C. memakai logika
D. sanggup menginfomasikan sesuatu yang diperoleh
Jawab:
D. balasan benar, alasannya sanggup menginfomasikan sesuatu yang diperoleh merupakan kemampuan berkomunikas
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari modul 2 KB 1
3. Makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 perihal pengelolaan pendidikan SD yaitu sebagai berikut.kecuali ….
A. pengadaan gedung untuk SD yaitu tanggung jawab Pemerintah Daerah
B. pemeliharaan gedung dan tanah untuk SD merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah
C. pengembangan tenaga kependidikan yaitu tanggung jawab Menteri
D. perbaikan dan pengadaan gedung serta penyediaan tanah yaitu tanggung jawab Pemerintah Daerah
Jawab:
C. benar, alasannya pernyataan tersebut bukan makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 perihal pengelolaan pendidikan SD, melainkan makna ayat 1
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari modul 2 KB 2
4. Pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah yaitu ….
A. sekolah yang menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di samping pendidikan Agama Islam
B. jenjang pertama Pendidikan Dasar yang menyelenggarakan Pendidikan Umum bagi anak usia 6-12 tahun
C. sekolah yang menyelenggarakan Pendidikan Umum dengan keunggulan yang merupakan kelebihannya dari SD biasa
D. sekolah yang mengadakan pelayanan khusus terhadap anak yang mempunyai kelainan fisik atau mentalnya
Jawab:
A. benar, alasannya sekolah yang menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di samping pendidikan Agama Islam merupakan bentuk pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari modul 2 KB 2
5. Yang dimaksud sekolah rumah adalah….
A. pendidikan bagi penerima didik yang berusia 15-44 tahun
B. aktivitas pendidikan non formal setara SD/MI
C. sekolah dimana anak yang normal dengan anak yang mengalami kelainan berbaur menjadi satu
D. sekolah yang diselenggarakan oleh orang renta di rumah, dengan tujuan potensi anak yang unik sanggup berkembang secara optimal
Jawab:
D. benar, alasannya pernyataan tersebut memperlihatkan bentuk Sekolah Rumah
Pembahasan:
Untuk menjewab soal tersebut, pelajari modul 2 KB 2
6. Beberapa ketentuan perundang-undangan yang merupakan penjabaran dari Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 perihal sistem pendidikan Nasional yang meliputi UU no. 4 Tahun 1950 adalah….
A. Dasar-dasar pendidikan, pengajaran dan kebudayaan
B. Pembentukan panitia penyelidik pengajaran RI
C. Tentang perumusan tujuan pendidikan nasional sesuai Manipol-USDEK
D. Mengatur sekolah tinggi tinggi
Jawab:
A. benar, alasannya pernyataan tersebut merupakan penjabaran dari Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 perihal system pendidikan Nasional Yaitu UU no. 4 Tahun 1950
Pembahasan:
Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 1: tentang: Ketentuan Perundang-Undangan Terkait Pendidikan SD
7. Tujuan upaya aktivitas ekspansi dan pemerataan kesempatan berguru adalah….
A. biar semua siswa sanggup berguru di mana saja
B. biar aktivitas pendidikan SD sanggup berkolaborasi dengan masyarakat
C. untuk membuat biar setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan
D. untuk membantu pemerintan mengentaskan kemiskinan
Jawab:
C. benar, alasannya tujuan upaya aktivitas ekspansi dan pemerataan kesempatan belajar, untuk membuat biar setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan
Pembahasan:
Moddul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 1: tentang: Program ekspansi dan pemerataan kesempatan belajar
8. Prinsip pembangunan berdasarkan GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib berguru sembilan tahun kecuali….
A. menurunya jumlah penduduk sehingga masyarakat menjadi sejahtera
B. menurunya jumlah penduduk yang buta aksara
C. menuntaskan aktivitas wajib belajar
D. meningkatnya jumlah tenaga terampil
Jawab:
A. benar, alasannya menurunya jumlah penduduk sehingga masyarakat menjadi sejahtera tidak ada kaitannya dengan prinsip pembangunan berdasarkan GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib berguru Sembilan tahun
Pembahasan:
Untuk menjawab soal tersebut pelajari modul 3 KB 2
9. Rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005, perihal penyelenggaraan pendidikan non formal yang bermutu adalah….
A. pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD
B. mengutamakan pemerataan pendidikan dasar
C. memberi kesempatan pada setiap warga Negara untuk memperoleh pendidikan
D. meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan kualitas SDM
Jawab:
A. benar, alasannya pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD merupakan rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005, perihal penyelenggaraan pendidikan non formal yang bermutu
Pembahasan:
Untuk menjawab soal tersebut pelajari kembali modul 3 Kb 2
10. Contoh yang sempurna dengan kemampuan yang bisa membuat lingkungan berguru dan pembelajaran yang sanggup menumbuhkenbangkan potensi penerima didik yang berkaitan dengan pengetahuan untuk bekerja (learning to do) adalah….
A. melaksanakan penelitian perihal pendidikan
B. membaca surat kabar perihal informasi dunia pendidikan
C. bekerja secara berdikari yang menghasilkan suatu produk
D. mencari informasi melalui internet perihal pembelajaran di SD
Jawab:
B. benar, alasannya ketiga pernyataan tersebut yaitu teladan dari learning to know
Pembahasan:
Untuk menjawab soal tersebut pelajari kembali modul 3 KB 2
11. Misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan & kualitas proses pendidikan, adalah….
A. pelaksanaan pengawasan dalam sistem pendidikan nasional
B. pemberdayaan kiprah masyarakat, serta penyediaan sarana berguru yang mendidik
C. pelaksanaan wajib belajar, dan pelaksanaan otonomi administrasi pendidikan
D. mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral
Jawab:
D. benar, alasannya misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan & kualitas proses pendidikan, yaitu mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral
Pembahasan:
Untuk menjawab soal tersebut pelajari kembali modul 3 KB 2
12. Berbagai taktik pembangunan dalam pembaharuan sistem pendidikan yang tertuang dalam klarifikasi umum UU SISDIKNAS 20/2003, yaitu ….
A. pengembangan kurikulum berbasis kompetensi
B. mengupayakan ekspansi untuk memperoleh pendidikan yang bermutu
C. pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu
D. memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh
Jawab:
A. benar, alasannya pengembangan kurikulum berbasis kompetensi termasuk salah satu taktik pembangunan dalam pembaharuan sistem pendidikan yang tertuang dalam klarifikasi umum UU SISDIKNAS 20/2003
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini Anda sanggup mempelajari modul 3 KB 2
13. Prinsip pengembangan Beragam & terpadu pada kurikulum sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 adalah….
A. memperhatikan keragaman karakteristik penerima didik
B. mendorong penerima didik untuk mengikuti perkembangan teknologi
C. mengembangkan potensi penerima didik
D. substansi kurikulum meliputi dimensi kompetensi
Jawab:
A. benar, alasannya pernyataan tersebut termasuk Prisip pengembangan Beragam & terpadu pada kurikulum yang sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003
Pembahasan:
Untuk menjawab soal tersebut, pelajari kembali modul 3 KB 2
14. Gizi sangat besar lengan berkuasa terhadap perkembangan anak. Hal ini ditunjukkan ….
A. pertumbuhan anak akan terhambat apabila kekurangan gizi dalam asupan makanannya
B. fisik anak sesuai dengan fisik kedua orang tuanya.
C. oleh gangguan emosional yang sanggup menimbulkan terbentuknya steroid adrenal yang berlebihan
D. tinggi tubuh anak wanita pada usia 11-12 tahun akan lebih tinggi dari anak laki-laki
Jawab:
A. benar, alasannya pertumbuhan anak akan terhambat apabila kekurangan gizi dalam asupan makanannya merupakan faktor yang besar lengan berkuasa terhadap perkembangan anak
Pembahasan:
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD.KB 1tentang: : Karakteristik Perkembangan Fisik, Motorik, Emosi, dan Sosial Anak
15. Sebuah keluarga nampak hidupnya tenang dan sejahtera. Nampak anak dan kedua orang tuanya hubungannya bersahabat dan saling terbuka, Nampak anaknya merasa nyaman bersahabat orang tuanya.Kasus tersebut memperlihatkan keluarga yang….
A. otoriter
B. bahagia
C. permisif
D. sejahtera
Jawab:
C. benar, alasannya kasus di atas sesuai dengan kedua pernyataan tersebut
Pembahasan:
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD KB 1: Tentang Karakteristik Perkembangan Emosi
16. Motivasi berteman anak SD berdasarkan Harry Stack Sullivan, yang termasuk tahap balas jasa adalah….
A. saling mengembangkan perasaan, saling bercanda
B. kadang kala bertengkar, tapi baikan kembali
C. mendapatkan sahabat alasannya adanya suatu kepentingan rasa keadilan
D. menghargai sahabat sebagai individu, bukan alasannya status ekonomi
Jawab:
C. benar, alasannya mendapatkan sahabat alasannya adanya suatu kepentingan rasa keadilan termasuk tahap balas jasa
Pembahasan:
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD.KB 1: Tentang Karakteristik Perkembangan Sosial Anak
17. Berikut yaitu teladan prilaku anak SD yang mempunyai kematangan perkembangan intelektual berdasarkan beberapa percobaan konservasi Piaget seriasi yaitu….
A. anak sedang menyusun gelas dari ukuran kecil sampai yang berukuran besar, atau sebaliknya.
B. anak sanggup mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk dan cirri-ciri dari masing-masing benda tersebut
C. anak menyebut temannya satu persatu sambil memberikan ciri-cirinya yang dimiliki oeh masing-masing dari temannya
D. anak diberi gelas yang berbeda bentuknya , kemudian di isi air yang volumenya sama, selanjutnya anak suru member komenta
Jawab:
A. benar, alasannya pernyataan tersebut yaitu teladan dari konservasi Piaget seriasi
Pembahasan:
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD, KB 2: Karakteristik Perkembangan Intelektual
18. Berikut yaitu teladan yang benar bentuk sikap anak berdasarkan fungsi bahasa untuk menghipnotis orang lain….
A. Nina pulang sekolah bilang pada ibunya bahwa ia tadi pagi ketemu bibiknya sedang menyeberang jalan di depan pasar
B. Yaa! Hpku ketinggalan, padahal saya akan menghubungi sahabat “ Kata Bu Tatk yang Nampak kecewa”
C. Ma..ma..ma..ma terdengar bunyi bayi yang melihat Ibunya yang melintas di depannya
D. Nampak bayi sedang menangis, kemudian Ibunya menghampirinya dan pribadi memberi susu ketika itu juga bayi membisu dari
Jawab:
D. benar, alasannya pernyataan tersebut termasuk menghipnotis orang lain
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini pelajari kembali modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD.KB 2: Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak
19. Berikut yaitu teladan ekspresi anak sedang berceloteh ….
A. Seorang bayi waktu melihat mamanya membawa masakan impulsif mengucap ma-em-ma-em
B. Tatik anak usia 2 tahun ketika makan pisang. Dihampiri temannya.Sontan Tatik bicara:mau piasng!
C. Wina waktu bermain dengan sahabat sekolahnya asyik membicarakan PR yang matematika
D. Seorang bayi menggeliat sambil menangis ketika akan disuapi oleh Ibunya
Jawab:
A. benar, alasannya ekspresi tersebut memperlihatkan ekspresi anak sedang berceloteh
Pembahasan:
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD, KB 2 tentang: Karakteristik Perkembangan bahasa anak
20. Berikut yaitu teladan yang benar penerapan metode bermain untuk perkembangan agama anak SD ….
A. Waktu anak diajak ke kebun binatang guru di tengah perjalanan memberitahukan pada siswa biar mengamati keistimewaan binatang yang ada di kebun binatang sebagai ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa
B. Waktu istirahat guru menghampiri siswa yang sedan meniup balon, sambil berkata minta sumbangan sahabat biar kau tidak merasa kelelehan meniup balon sendiri . Itulah perlunyaberteman!
C. Guru bersama anak ketika membicarakan dongeng si Maling kondang memperingatkan anak jangan berani pada kedua orang tua.
D. Waktu pelajaran agama guru menyontohkan cara mengambil air wudhu yang benar
Jawab:
B. benar, alasannya yang dilakukan guru tersebut yaitu teladan yang benar penerapan metode bermain untul perkenbangan agama anak SD
Pembahasan:
Modul 4: Karakteristik Perkembangan Siswa SD, KB 2:tentang: Perkembangan agama
21. Pengertian berguru berdasarkan Bruner bahwa inti berguru itu adalah….
A. menstransformasikan informasi
B. menemukan kesalahan
C. dalam pembelajaran guru harus memperhatikan prisip
D. sekedar menghafal sesuatu
Jawab:
A. benar, alasannya pengertian berguru berdasarkan Bruner yaitu menstransformasikan informasi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini pelajari kembali modul 5 KB 1
22. Pada proses pembelajaran guru memberi kiprah pada siswanya untuk melaksanakan observasi terhadap kehidupan yang terjadi di sebuah pemukiman bersahabat pabrik. Yang dilakukan guru tersebut yaitu teladan dari belajar….
A. pemberian tugas
B. observasi
C. menyimak
D. menemukan
Jawab:
D. benar, alasannya dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru hanya menugaskan tidak memperlihatkan rambu-rambu kegiatan apa yang harus dilakukan
Pembahasan:
Modul 5: Karakteristik Belajar Siswa SD., KB 1:tentang: Bentuk-bentuk Kegiatan Belajar yang biasa dilakukan siswa SD
23. Pemberian hadiah sanggup menumbuhkan motivasi dalam kegiatan berguru di sekolah alasannya ….
A. melalui pemberian hadiah dengan keinginan siswa sanggup berguru lebih baik lagi
B. membuat anak menjadi girang dan senang
C. anak menjadi percaya diri, dikarenakan telah mendapatkan hadiah
D. dengan adanya hadiah anak akan berperilaku positif
Jawab:
A. benar, alasannya melalui pemberian hadiah dengan keinginan siswa sanggup berguru lebih baik lagi
Pembahasan:
Modul 5: Karakteristik Belajar Siswa SD., KB 2 tentang: : Motivasi Belajar Siswa
24. Tujuan bimbingan dan konseling di SD berdasarkan Agus Taufik antara lain….
A. memperoleh makna pribadi dari belajarnya
B. sebagai suatu proses pemberian sumbangan pada siswa
C. terwujudnya insan Indonesia seutuhnya
D. siswa sanggup memahami diri sendiri
Jawab:
A. benar, alasannya memperoleh makna pribadi dari belajarnya termasuk tujuan bimbingan dan konseling di SD berdasarkan Agus Taufik
Pembahasan:
Modul 6: Layanan Pendidikan bagi Siswa SD, KB 1 tentang: Prinsip-prinsip Bimbingan di SD
25. Model layanan yang mengarah pada perkembangan anak berbakat yang berkaitan dengan perkembangan moral adalah….
A. mengembangkan talenta seseorang
B. memperhatikan kehidupan anak sehari-hari
C. melatih kepemimpinan
D. membentuk individu yang bertanggung jawab secara moral
Jawab:
D. benar, alasannya pernyataan tersebut memperlihatkan model layanan perkembangan moral
Pembahasan:
Modul 6: Layanan Pendidikan bagi Siswa SD, KB 2: Berbagai Layanan Pendidikan untuk Anak SD
26. Sikap dan tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi anak yang berperilaku responsive terhadap perasaan anak adalah….
A. selalu memperhatikan anak tersebut
B. mengajak anak ketempat yang menyenangkan hatinya
C. membuat kekerabatan baik dengan anak
D. berbuat adil terhadap semua anak
Jawab:
A. benar, alasannya pernyataan tersebut termasuk tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi anak yang berprilaku responsive terhadap perasaan anak
Pembahasan:
Modul 6: Layanan Pendidikan bagi Siswa SD,KB 2: Berbagai Layanan Pendidikan untuk Anak SD
27. Berbagai kegiatan yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah….
A. melaksanakan refleksi pada setiap selesai pembelajaran
B. membentuk kelompok kerja guru
C. melaksanakan penelitian mengenai kinerja guru
D. menyelenggarakan seminar ilmiah
Jawab:
A. benar, alasannya melaksanakan refleksi pada setiap selesai pembelajaran termasuk kegiatan yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru
Pembahasan:
Modul 7: Kompetensi Guru SD., KB 2: Forum Peningkatan Profesionalitas Guru kelompok KKG
28. Kegiatan yang sanggup di lakukan oleh LPMP dalam peningkatan profesionalitas guru adalah….
A. penerapan PAKEM
B. memberikan beberapa pengalaman
C. pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran
D. informasi mode-model pembelajaran
Jawab:
C. benar, alasannya pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran termasuk kegiatan yang sanggup di lakukan di aneka macam wadah peningkatan profesionalitas guru pada LPMP
Pembahasan:
Modul 7: Kompetensi Guru SD., KB 2: Forum Peningkatan Profesionalitas Guru kelompok LPMP
29. Yang harus dibuat melalui pengembangan kurikulum dan pembelajaran di SD sesuai dengan pasal 6 ayat 6 PP No. 19 tahun 2005 yang berkaitan dengan kemampuan berkomuniksi adalah….
A. mengacu pada pemahaman penerima didik perihal fenomena di lingkungannya dalam rangka menyesuaikan sikap dalam kehidupan.
B. kemampuan penerima didik dalam memahami fenomena di lingkungannya dan mengemasnya dalam bahasa Indonesia yang baik
C. mengacu pada kemampuan penerima didik dalam mengidentifikasi masalah, dan menentukan alternatif yang paling layak.
D. mengacu pada kemampuan penerima didik dalam memakai logika dan bukti secara sistematis
Jawab:
B. benar, alasannya kemampuan penerima didik dalam memahami fenomena di lingkungannya dan mengemasnya dalam bahasa Indonesia yang baik termasuk kemampuan berkomuniksi
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini pelajari kembali modul 8 KB 1
30. Standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara penerima didik diharapkan….
A. bisa memakai wacana verbal untuk mengungkapkan perasaan dalam kegiatan perkenalan
B. memahami wacana verbal berbentuk perintah, klarifikasi dan pesan
C. bisa memakai aneka macam jenis bacaan untuk memahami wacana aneka macam teks panjang dan aneka macam karya sastra.
D. bisa melaksanakan aneka macam jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan
Jawab:
A. benar, alasannya standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara yaitu penerima didik bisa memakai wacana verbal untuk mengungkapkan perasaan dalam kegiatan perkenalan
Pembahasan:
Modul 8: Kurikulum SD, KB 1: Tentang Hakikat Kurikulum SD
31. Ruang lingkup KTSP yang berkaitan dengan struktur dan muatan kurikulum SD yaitu …
A. meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan , kepribadian, dan adat mulia
B. merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh penerima didikdalam kegiatan pembelajaran
C. merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun
D. planning pembelajaran pada kelompok mata pelajaran tertentu yang meliputi standar kompetensi
Jawab:
B. benar, alasannya pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh penerima didikdalam kegiatan pembelajaran merupakan ruang lingkup KTSP yang berkaitan dengan struktur dan muatan kurikulum SD
Pembahasan:
Modul 8: Kurikulum SD, KB 2 Tentang: Hakikat KTSP
32. Cakupan aspek kegiatan pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum yaitu ….
A. kegiatan yang dilakukan untuk memperlihatkan kesempatan kepada penerima didik mengembangkan diri sesuai dengan talenta dan kondisi sekolah
B. mencantumkan semua mata pelajaran beserta alokasi waktu yang telah diadaptasi dengan struktur kurikulum SD
C. kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang diadaptasi dengan potensi daerah
D. mencantumkan hukum beban berguru untuk setiap mata pelajaran yang berlaku di sekolah
Jawab:
A. benar, alasannya kegiatan yang dilakukan untuk memperlihatkan kesempatan kepada penerima didik mengembangkan diri sesuai dengan talenta dan kondisi sekolah merupakan cakupan aspek kegiatan pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum
Pembahasan:
Modul 8: Kurikulum SD, KB 2: Tentang Cakupan aspek yang tercantum dalam struktur dan muatan kurikulum
33. Pengertian dari aspek pendidikan berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur & muatan kurikulum adalah….
A. cuilan integral dari pembelajaran semua mata pelajaran.di sekolah unggulan
B. pendidikan yang menerapkan aktivitas sekolah unggulan
C. pendidikan jangka panjang yang berorientasimenuju sekolah unggulan
D. pendidikan yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global
Jawab:
D. benar, alasannya pendidikan yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global termasuk aspek pendidikan berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur & muatan kurikulum
Pembahasan:
Modul 8: Kurikulum SD, KB 2:Tentang: Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan globaL
34. Komponen-komponen yang ada pada buku teks sebagai materi didik adalah….
A. tujuan, sumber, waktu, dan cara kerja
B. tujuan pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi
C. tujuan pembelajaran, tindak lanjut, dan cara keja
D. uraian materi, sumber, tindak lanjut, dan mekanisme kerja
Jawab:
B. benar, alasannya tujuan pembelajaran, uraian materi, dan penilaian merupakan komponen dalam buku teks sebagai materi ajar
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini, pelajari kembali modul 9 KB 2
35. Langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam mengembangkan materi didik secara berurutan berdasarkan Dick, Carey, & Carey sebagai berikut.
A. menelaah taktik pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai setiap kompetensi yang telah ditetapkan, melaksanakan survey aneka macam leteraturmempertimbangkan apakah mengadopsi materi didik yang tersedia, , merancang dan menulis materi materi ajar, dan melaksanakan penilaian materi didik yang sudah dikembangkan.
B. menelaah hasil analisis perihal siswa dan masing-masing proses pembelajaran , mempertimbangkan kiprah guru dalam memfasilitasi pembelajaran, menentukan materi yang perlu dirancang, melaksanakan surveiberbagai leteratur dan hebat bidang ilmu untuk mengetahui materi didik yang sudah tersedia.
C. memperbaiki materi didik sesuai dengan hasil evaluasi, membuat lembar kerja siswa jikalau diperlukan, menelaah setiap pertemuan pembelajaran, menelaah hasil analisis konteks berguru dan perkiraan perihal sumber berguru yang tersedia untuk mengembangkan materi ajar, menentukan apakah materi gres perlu dirancang .
D. melaksanakan penilaian terhadap materi didik yang sudah dikembangkan, menelaah taktik pembelajaran, yang akan dilakukan untuk mencapai setiap kompetensi yang telah ditetapkan, menelaah hasil analisis perihal siswa dan masing-masing proses pembelajaran, merancang dan menulis materi materi ajar, berdasarkan stratgi pembelajaran
Jawab:
A. benar, alasannya pernytaan tersebut memperlihatkan langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam mengembangkan materi didik secara berurutan berdasarkan Dick, Carey, & Carey
Pembahasan:
Modul 9: Bahan Belajar SD.KB 2: Tentang Pengembangan Bahan Ajar SD
36. Pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan dalam pemilihan materi didik berdasarkan kriteria psiko-pedagogis antara lain….
A. materi didik harus menjadi alat dan sarana untuk perkembangan kompetensi siswa
B. membantu siswa untuk memperoleh pemahamanyang mendalam perihal suatu bidang ilmu
C. kesesuaian antara isi dengan tujuan pembelajaran
D. memungkinkan siswa mempunyai wawasan dan pemahaman terhadap bidang ilmu
Jawab:
D. benar, alasannya pernyataan tersebut memperlihatkan pertimbangan-pertimbangan pemilihan materi didik berdasarkan kriteria psiko-pedagogis
Pembahasan:
Modul 9: Bahan Belajar SD., KB2 tentang: Penggunaan Bahan didik yang sudah Tersedia
37. Dari pertanyaan berikut yang harus dijawab dalam memilh buku kerja siswa berdasarkan kriteria keterbacaan berdasarkan Omstein adalah….
A. Apakah buku kerja sesuai dengan tujuan pendidikan?
B. Apakah siswa memahami petunjuk latihan?
C. Apakah materi membantu siswa menguasai kompetensi yang diharapkan?
D. Apakah latihan dalam buku kerja meningkatkan kemampuan berpikir siswa?
Jawab:
B. benar, alasannya pertanyaan tersebut memperlihatkan kriteria keterbacaan berdasarkan Omstein
Pembahasan:
Modul 9: Bahan Belajar SD, KB 2: Tentang: menentukan buku kerja siswa berdasarkan kriteria berdasarkan Omstein
38. Beberapa hal yang bekerjasama dengan taktik pembelajaran secara kontekstual antara lain….
A. fenomena kehidupan sosial masyarakat, dan fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan murid
B. dalam aktivitas pembelajaran tercermin tujuan pembelajaran dan media untuk mencapai tujuan tersebut
C. para guru ditingkatkan profesionalitasnya melalui penataran dan seminar-seminar
D. guru ditingkatkan kualifikasinya melalui latihan atau wokshop, dan penyempurnaan kurikulum
Jawab:
A. benar, alasannya fenomena kehidupan sosial masyarakat, dan fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan murid termasuk beberapa hal yang bekerjasama dengan taktik pembelajaran secara kontekstual
Pembahasan:
Modul 10: Potret Pembelajaran di SD, KB 2: Tentang Pembaharuan Pembelajaran yang diterapkan di SD
39. Berikut yaitu teladan kegiatan inti pada pembelajaran dikelas yang mengandung pembelajaran kontekstual yaitu ….
A. guru mengajukan pertanyaan perihal materi yang akan diajarkan
B. guru memberikan tujuan pembelajaran
C. siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
D. siswa melaksanakan diskusi kelompok yang dibimbing oleh guru
Jawab:
D. benar, alasannya siswa melaksanakan diskusi kelompok yang dibimbing oleh guru yaitu tahap kegiatan inti pada pembelajaran dikelas yang mengandung pembelajaran kontekstual
Pembahasan:
Modul 10: Potret Pembelajaran di SD, KB 2: Tentang pembelajaran kontekstual
40. PAKEM dari perspektif guru antara lain adalah….
A. siswa aktif bertanya dalam pembelajaran
B. siswa menyusun laporan percobaan
C. seluruh kegiatan siswa dalam pembelajaran
D. guru memantau kegiatan siswa, dan memberi umpan balik
Jawab:
D. benar, alasannya guru memantau kegiatan siswa, dan memberi umpan balik yaitu PAKEM dari perspektif guru
Pembahasan:
Untuk menjawab soal ini pelajari kembali modul 10 KB 2
41. Jika model CIPP yang di terapkan untuk penilaian aktivitas pembelajaran maka yang menjadi target penilaian yaitu ….
A. seluruh aspek aktivitas pembelajaran
B. sarana atau alat peraga pendidikan
C. lingkungan belajar
D. perencanaan pembelajaran
Jawab:
A. benar, alasannya jikalau model CIPP yang di terapkan untuk penilaian aktivitas pembelajaran maka yang menjadi target penilaian yaitu seluruh aspek aktivitas pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB1: Hakikat dan Potret Evaluasi Program Pembelajaran di SD perihal penerapan model CIPP
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 11 KB 1
42. Tujuan dilakukannya penilaian aktivitas pembelajaran yaitu untuk ….
A. menimbulkan sekolah unggulan
B. mengetahui kualitas aktivitas pembelajaran
C. mengetahui kurikulum yang berlaku
D. menentukan silabus yang diperlukan
Jawab:
B. benar, alasannya mengetahui kualitas aktivitas pembelajaran merupakan tujuan dilakukannya penilaian aktivitas pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB1: Hakikat dan Potret Evaluasi Program Pembelajaran di SD)A. benar, alasannya kelima langkah tersebut yaitu yang harus di tempuh sekolah dalam penilaian aktivitas pembelajaran (Modul 11: Evaluasi Program Pembelajaran di SD, KB2: Langkah-langkah dan Tindak lanjud Evaluasi Proram Pembelajaran)
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 11, KB 1
43. Lima (5) langkah dari 12 langkah yang harus di tempuh sekolah dalam penilaian aktivitas pembelajaran yaitu ….
A. menentukan KKM,mengkoordinasikan tes formatif, menentukan criteria kenaikan kelas, melaporkan hasil penilaian, dan melaporkan pencapaian hasil belajar
B. mengembangkan desain evaluasi, mengembangkan instrument, melaksanakan evaluasi, menganalisis data, dan menyusun laporan
C. merumuskan masalah, mengemukakan tujuan penilaian, menentukan model penilaian, menentukan sasaran, dan membuat instrument
D. membuat soal yang akan digunakan, menentukan kompetensi dasar, melaksanakan evaluasi, membuat aktivitas dan mengembangkan instrument
Jawab:
A. benar, alasannya pernyataan tersebut memperlihatkan kiprah Pengawas SD yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan di SD (Modul 12: Sumber Daya Sekolah Dasar, KB 2: Sumber Daya yang Berasal dari Luar SD)
Pembahasan:
Pelajari kembali modul 11 KB 2
44. Ruang lingkup kiprah Pengawas SD yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan di SD, yaitu ….
A. bertanggung jawab, dan mempunyai wewenang secara penuh untuk melaksanakan training terhadap SD
B. sebagai penghubung antara dinas pendidikan dengan sekolah terutama dalam hal kebijakan
C. bertanggung jawab terhadap pengelolaan system pendidikan nasional yang telah ditetapkan oloeh Undang-undang no.20/2003
D. berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan dalam hal perencanaan, pengawasan dan penilaian program
Jawab:
C. benar, alasannya pembelian buku siswa termasuk yang dibiayai BOS (Modul 12: Sumber Daya Sekolah Dasar, KB 2: Sumber Daya yang Berasal dari Luar SD)
Pembahasan:
Pelajari Modul 12 KB 2
45. Pemanfaatan BOS di lingkungan SD antara lain untuk ….
A. dipinjamkan pada yang membutuhkan
B. ditanamkan sebagai saham
C. pembelian buku siswa
D. kegiatan monitoring
Jawab:
Jawaban 1, dan 3 benar, alasannya sesuai dengan kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan SD/MI oleh Pemerintah tempat Propinsi (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 2: Tentang kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan SD/MI oleh Pemerintah tempat Propinsi). Jawaban 2 salah, alasannya pernyataan tersebut merupakan rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005
Pembahasan:
Pelajari Modul 12 KB 2
46. Kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan SD/MI oleh Pemerintah tempat Propinsi, yaitu ….
1. pemantauan satuan pendidikan dasar bertaraf internasional
2. mengembangkan sistem penilaian dan legalisasi guru SD/MI
3. pembiayaan penjaminan mutu satuan pendidikan
Jawab:
1, 2, dan 3 benar, alasannya ketiga pernyataan tersebut sesuai dengan makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003 bahwa warga Negara yang memilki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau social berhak memperoleh pendidikan khusus (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2 tentang:: Makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003)
47. Makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003 bahwa warga Negara yang memilki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau social berhak memperoleh pendidikan khusus adalah….
1. pendidikan diadaptasi dengan karakteristik psikologis penerima didik
2. pendidikan berlangsung sepanjang hayat tanpa kecuali
3. terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi seluruh warga Negara tanpa kecuali
Jawab:
Jawaban 1, 2, dan 3 benar, alasannya pernyataan tersebut termasuk Standard Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006 (Modul 3 Kb2: Tentang Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006)
48. Standard Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006 antara lain….
1. mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
2. mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
3. memperlihatkan kegemaran membaca dan menulis
Jawab:
Jawaban 1, 2, dan 3 benar, alasannya ketiga pernyataan tersebut yaitu ciri-ciri anak SD yang belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka sanggup cara berjalan (modul 4, KB 1 perihal Karakteristik Perkembangan Motorik)
49. Ciri-ciri anak SD yang belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka sanggup diidentifikasi apabila anak tersebut berjalan nampak….
1. seperti seluruh tubuhnya ikut bergerak
2. tubuhnya oleng ke kiri atau kekanan
3. masih sering jatuh
Jawab:
Jawaban 1, 2, dan 3 benar, alasannya ketiga pernyataan tersebut yaitu ciri-ciri anak SD yang belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka sanggup cara berjalan (modul 4, KB 1 perihal Karakteristik Perkembangan Motorik)
50. Manfaat dari bermain teka-teki dalam berguru menganalisis adalah….
1. Mengasah daya ingat
2. berguru mengklasifikasi
3. mengembangkan kemampuan analisis
Jawab:
Jawaban 1, 2, dan 3 benar, alasannya ketiga pernyataan tersebut merupakan manfaat dari bermain teka-teki dalam berguru menganalisis (Modul 5: Karakteristik Belajar Siswa SD., KB 1: Bentuk-bentuk Kegiatan Belajar yang biasa dilakukan siswa SD
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon