Sunday, February 4, 2018

√ 7 Tips Cara Melestarikan Budaya Lokal Atau Budaya Daerah

7 Tips cara Melestarikan budaya lokal atau budaya daerah_ Mengapa kita harus menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya kebudayaan yang ada pada tiap kawasan di Indonesia? Pertanyaan atau pernyataan tersebut cukup menarik untuk dicari tahu jawabannya, pasalnya dengan mengetahui alasanya wacana potensi dari kebudayaan yang di kawasan (budaya local) sanggup memberi motivasi lebih dalam menjaga kelestarian budaya yang ada.


Budaya sendiri merupakan kebiasaan yang ada dalam suatu masyarakat dan menjadi ciri khusus atau pembeda suatu kawasan dengan kawasan lain, kebiasaan disuatu kawasan tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang usang (diwarsikan secara turun-temurun) sehingga menjadi suatu kebuadayaan.

Baca juga: 6 Cara Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda

Berbicara wacana manfaat dari eksistensi budaya local atau budaya kawasan maka sanggup asumsikan bersama-sama budaya mempunyai aneka macam manfaat, apa saja manfaat dari eksistensi budaya local? Berikut beberapa manfaatnya

Manfaat menjaga dan melestarikan budaya local

1. memperkaya khazanah bangsa
Seperti yang kita ketahui Indonesia mempunyai begitu banyak kawasan dan sudah tentu tiap kawasan mempunyai budaya sendiri, hal tersebut sanggup memperkaya khazanah (keragaman) yang ada di Indonesia, banyaknya budaya dalam suatu bangsa sanggup menjadi tolok ukur dari tingginya nilai estetika dan budpekerti dalam masyarakat tersebut.

2. Mempertahankan keorisinilan suatu masyarakat
Kemajuan teknologi telah menciptakan budaya dalam suatu masyarakat saling berasimilasi dan berakulturasi, risikonya budaya lokal mulai terkikis dan termarginalkan oleh budaya yang dianggap lebih modern, sehingga lambat laun sebagian kebudayaan dalam masyarakat tidak bertahan. Dengan menjaga dan melestarikan budaya kawasan dan lokal maka keorisinilan atau ciri khas dari suatu masyarakat senantiasa terjaga dengan baik.

3. Kebudayaan kawasan menjadi asset bagi bangsa.
Kebudayaan yang unik dan menarik sanggup menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengetahuinya/menyaksikannya. Keunikan suatu kebudayaan dalam suatu masyarakat menjadi magnet/daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara untuk tiba ke kawasan tersebut. Hal tersebut sanggup mendatangkan laba bagi negara (devisa, bila pengunjungnnya ialah wisatawan mancanegara) dan  potensi bisnis akan menggeliat di kawasan yang mempunyai keunikan kebudayaan.

4. Kebudayaan menjadi objek kajian dari budayawan dan peneliti
Mengetahui atau mencari tahu latarbelakang budaya dalam suatu kawasan ialah suatu hal yang sudah lazim dilakukan oleh para peneliti atau budayawan. Hal tersebut bertujuan untuk dijadikan sebagai objek kajian dari ilmu pengetahuan. Kebudayaan yang sudah terang asal-usulnya kadang dijadikan sebagai pelajaran di sekolah-sekolah.

Demikianlah beberapa manfaat melestarikan kebudayaan, lantas langkah-langkah atau metode apa saja yang sanggup dilakukan biar kebudayaan suatu kawasan sanggup tetap bertahan dan lestari? Berikut beberapa tipsnya.

7 Tips cara Melestarikan budaya lokal atau budaya daerah

1. Memasukan kebudayaan lokal/daerah dalam mata pelajaran muatan lokal di sekolah
Tips atau cara pertama yang sanggup dilakukan untuk mempertahankan suatu kebudayaan ialah dengan memperkenalkan kebudayaan tersebut kepada para generasi muda. Memasukan kebudayaan lokal/daerah dalam mata pelajaran muatan lokal di sekolah memang sudah semenjak usang diterapkan di sekolah-sekolah dan hasilnya terbukti bersama-sama siswa sanggup menjadi lebih mengenal kebudayaan yang ada di wilayahnya sendiri.

Alhasil kebudayaan yang telah dikenal oleh generasi muda akan sanggup terjaga keletariannya, sehingga ada proses regenarasi dalam menjaga eksistensi budaya yang ada pada kawasan tersebut.

2. Inovasi dalam pengenalan budaya
Salah satu hambatan yang sanggup menjadi penyebab lunturnya suatu budaya ialah sebab pengenalan budaya kepada generasi muda cenderung monoton, sehingga tidak ada daya tarik bagi generasi muda untuk lebih mengenal kebudayaan tersebut.

Maka dari itu perlu sebuah terobosan/inovasi dalam mengenalkan suatu kebudayaan pada generasi muda, contohnya saja diperkenalkan dengan nuangsa yang dinamis dan bernuangsakan jiwa muda namun tetap mempertahankan originalitas dari kebudayaan tersebut.

3. Melakukan/mengadakan aktivitas bazar kebudayaan secara konsisten
Agar suatu kebudayaan sanggup tetap eksis maka perlu tindakan/usaha yang bersifat kontinu, menyerupai apa misalnya? Yakni sanggup dilakukan dengan rutin melaksanakan aktivitas bazar kebudayaan tiap tahunnya. Dengan begitu eksistensi kebudayaan tersebut sanggup tetap terjaga, bahkan dengan rutin melaksanakan aktivitas bazar kebudayaan secara konsisten  bisa memunculkan semangat dalam menjaga dan melestarikan budaya tersebut.

4. Dijadikan film dokumenter
Tips selanjutnya yang sanggup dilakukan untuk melestarikan suatu kebudayaan ialah dengan mengangkat kebudayaan tersebut ke dalam layar beling atau denga kata menciptakan film, baik itu berupa film documenter maupun dalam film layar lebar.

5. Menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan pada masyarakat (khususnya generasi muda)
Luntur rasa memiliki, rasa menghargai dan kebanggan terhadap kebudayaan sendiri sanggup menjadi pemicu terkikisnya suatu kebudayaan dalam masyarakat. Maka dari itu perlu memberi pemahaman pada masyarakat untuk cinta terhadap kebudayaan sendiri.

Orangtua tidak perlu lagi pertanyakan apa mereka cinta atau tidak dengan budayanya, sebab kemungkinan sudah niscaya mereka sangat cinta dan besar hati dengan budayanya. Tapi yang jadi pertanyaan apakah generasi muda mempunyai rasa cinta yang sama dengan para pendahulunya, maka dari itu mengkaderisasi generasi muda untuk cinta dengan budaya sendiri sangat penting dalam menjaga eksistensi kebudayaan dalam suatu bangsa.

6. Napak tilas asal-usul kebudayaan
Napak tilas wacana sejarah suatu kebudayaan dalam masyarakat bisanya sangat menarik bagi sebagian orang. Oleh sebab itu diperlukan orang yang memang paham betul wacana asala-usul kebudayaan tersebut biar aktivitas napak tilas tersebut betul-betul sanggup membawa orang yang melaksanakan napak tilas seolah-oleh berada suasana nyata.

Napak tilas kebuadayaan bidsa menjadi aktivitas wisata yang sanggup memunculkan pengaruh domino, selain sanggup melestarikan budaya itu sendiri juga sanggup menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat di kawasan tersebut.

7. Promosi kebudayaan
Terakhir yang sanggup dilakukan untuk menjaga kelestarian suatu kebudayaan ialah dengan mempromosikan budaya tersebut secara nasional dan international, bila suatu kebudayaan sudah popular baik ditingkat nasional dan international, maka otomatis warga yang notabene sebagai kepingan kebuadayaan tersebut akan besar hati dengan kebudayaan yang mereka miliki.

Demikianlah 7 Tips cara Melestarikan budaya lokal atau budaya daerah berdasarkan penulis, semoga bermanfaat untuk anda.
Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon