Tuesday, February 6, 2018

√ Definisi Peristiwa Kekeringan

Kekeringan atau drought selalu sulit untuk didefinisikan sebab sering dipakai dalam banyak sekali jenis konteks. Secara sederhana, ketiadaan air dalam jangka waktu usang di suatu kawasan sanggup dikatakan tidak normal dari biasanya, sanggup dikatakan mengalami kekeringan. Distribusi air di permukaan bumi tidaklah merata meskipun volume air di bumi tetap. Beberapa lokasi mempunyai banyak air tawar menyerupai danau, sungai, laguna, bak dan lainnya yang terus diisi ulang oleh curah hujan, limpasan dan air bawah tanah. Sementara di kawasan lain dikenal mempunyai jumlah air sangat minim. Baca juga: Faktor penyebab peristiwa kekeringan

Oleh karenanya, jikalau suatu kawasan biasanya mempunyai curah hujan tinggi kemudian tiada hujan dalam beberapa ahad sehingga manusia, tumbuhan dan binatang mengalami kekurangan air, itu sanggup dikatakan kekeringan. Pada ketika yang sama kondisi ini mungkin sangat normal untuk lokasi yang  sulit air dan selama beberapa bulan tanpa hujan pun itu ialah normal.
selalu sulit untuk didefinisikan sebab sering dipakai dalam banyak sekali jenis konteks √ Definisi Bencana Kekeringan
Kekeringan mengakibatkan aktivitas pertanian terganggu
"petani mengeluh kelembaban tanah sangat minim dan mempengaruhi masa tanam, ini dikatakan kekeringan".
"ahli cuaca menyampaikan kekeringan bila dalam jangka waktu relatif usang tidak ada curah hujan dalam suatu wilayah"
"ahli hidrologi melihat tidak ada pedoman permukaan di sungai atau susukan air lain, ini sanggup dikatakan kekeringan"

Dengan pemikiran di atas, kita sanggup menggambarkan kekeringan sebagai suatu fenomena suatu kawasan yang mengalami ketidakcukupan air dalam jangka waktu relatif usang yang mempengaruhi kehidupan mahluk di dalamnya.

Kekeringan mungkin tidak menjadi dilema serius hanya sebab kurangnya atau tidak adanya presipitasi. Namun ini sanggup menjadi dilema jikalau mulai mempengaruhi persediaan air untuk bermacam-macam fungsi menyerupai irigasi, kota, industri, energi dan ekosistem.

Manusia sering tidak melihat kekeringan menyerupai peristiwa lain yaitu tornado, angin angin puting-beliung atau banjir sebab sifatnya yang tidak merusak sekaligus. Namun dalam jangka waktu usang yang berkelanjutan, kekeringan sanggup mengakibatkan kerusakan serius dan mengancam kehidupan insan dan mahluk lainnya. Di Indonesia kawasan yang rawan kekeringan ialah kawasan menyerupai karst di Gunung Kidul dan kawasan di Nusa Tenggara yang mempunyai curah hujan rendah. Baca juga: Ayat quran terkait geografi
Gambar: disini

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon