Sunday, February 4, 2018

√ Keripik Kentang Berisi 70% Udara Dan 30% Keripik – Semua Udara Dalam Kantong Keripik Kentang Bahwasanya Ialah Nitrogen

Keripik Kentang Berisi 70% Udara Dan 30% Keripik


Semua udara dalam kantong keripik kentang sesungguhnya ialah nitrogen. Tujuannya untuk mempertahankan kerenyahan dan sebagai “bantal” pada dikala pengiriman, sehingga tidak cepat rusak. [1]


Pada kenyataannya, kantong keripik tidak diisi dengan udara atmosfer tetapi dengan nitrogen, alasannya ialah oksigen di udara akan menyebabkan keripik tetap renyah.


 


Siapa Penemu Keripik Kentang Pertama?


Beberapa sumber menyampaikan bahwa George Crum ialah penemu keripik kentang pertama. Dia ialah seorang koki keturunan Afrika Amerika, yang bekerja di restoran Moon’s Lake House di bersahabat Saratoga Springs, New York, Moon’s Lake House sangat populer dengan kentang gorengnya. Pada 24 Agustus, 1853.


Cornelius Vanderbilt, raja kereta api di Amerika Serikat mengeluhkan kentang gorengnya yang terlalu tebal, Crum karenanya menciptakan kentang goreng yang lebih tipis, namun sang pelanggan tetap merasa tidak puas, sehingga Crum karenanya menciptakan kentang goreng setipis mungkin sehingga tidak bisa ditusuk dengan garpu.


Merasa beruntung sang pelanggan sangat puas dengan “kentang goreng” tipis ini dan karenanya menjadi populer dan merupakan salah satu masakan dalam menu, dengan nama “Keripik Saratoga”. Makanan ini menjadi populer di New York dan New England. [2] [3] [4] [5]


 


Apakah Nitrogen Itu?


Nitrogen ialah gas non-metalik (bukan logam), yang ditemukan dalam elemen pertama dalam kolom 15 pada tabel periodik. Atom nitrogen mempunyai 7 elektron dan 7 proton dengan 5 elektron di kulit terluar. [6]


 


Beberapa Pentingnya Nitrogen Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Nitrogen merupakan gas yang kiprahnya sangat penting untuk aneka macam bidang kehidupan menyerupai rumah sakit, industri makanan, industri perminyakan, bengkel, ban kendaraan, sampai aneka macam pemanfaatan lainnya.


 


Karakteristik dan Sifat Nitrogen Secara Ilmiah


Simbol: N


Nomor atom: 7


Berat atom: 14,007


Klasifikasi: Gas dan bukan logam


Fase pada Suhu Kamar: Gas


Berat jenis: 1,251 g / L @ 0 ° C


Titik leleh: -210,00 ° C, -346,00 ° F


Titik didih: -195,79 ° C, -320,33 ° F


Ditemukan oleh: Daniel Rutherford pada tahun 1772.


Komposisi udara yang kita hirup: kandungan udara kering ialah 78% Nitrogen, 20% Oksigen, 0,93% Argon, 0,03% Karbon Dioksida, 0,003% gas-gas lain (Neon, Helium, Metana, Kripton, Hidrogen, Xenon, Ozon, Radon). [7]


Dalam kondisi standar nitrogen tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Membentuk molekul diatomik, yang berarti bahwa ada dua atom nitrogen per molekul gas nitrogen (N2). Dalam konfigurasi nitrogen ini sangat inert, yang berarti bahwa hal itu tidak biasanya bereaksi dengan senyawa lain.


 


Apakah Nitrogen Berbahaya?


Nitrogen berbahaya untuk di konsumsi dalam bentuk cair. Bahan kimia ini sebeneranya tidak beracun. Nitrogen cair dipakai dalam proses industrial untuk membantu  pendinginan, dan pembekuan, menyerupai pola untuk mendinginkan es krim, pembuatan masakan beku, dll. Makara nitrogen cair berbahaya, tetapi gas nitrogen tidak berbahaya. [8]


 


Semua udara dalam kantong keripik kentang sesungguhnya ialah nitrogen √ Keripik Kentang Berisi 70% Udara Dan 30% Keripik – Semua udara dalam kantong keripik kentang sesungguhnya ialah nitrogen

Nitrogen cair.


 


Kegunaan Nitrogen Untuk Keperluan Lainnya


1. Untuk Dunia Medis


Nitrogen juga dipakai dalam dunia medis, terutama di aneka macam rumah sakit. Jika anda pernah di rumah sakit tentu hampir tidak ada rumah sakit yang tidak mempunyai nitrogen dalam persediaan gasnya.


Dalam dunia medis, Nitrogen cair (-196 ° C) dipakai untuk



  • Membekukan dan menjaga darah, sperma, embrio, sel-sel sumsum tulang dan sampel jaringan hidup lainnya dalam periode yang cukup lama.

  • Nitrogen cair juga dipakai dalam bidang dermatologi, di mana penggunaannya ialah salah satu cara yang paling efektif untuk memperabukan kutil dan tumor kulit jinak kecil yang tetap menular.


Pemanfaatannya dalam dunia medis juga sangat banyak selain aneka macam pemanfaatan yang disebutkan di atas, selain untuk medis, ada manfaat lainnya untuk menunjang kehidupan sehari hari.


 


2. Farmasi & Bioteknologi


Gas nitrogen biasanya dipakai untuk membersihkan, mentransfer tekanan, pencampuran dan melindungi proses intrusi kelembaban, oksidasi, degradasi dan kontaminasi. Nitrogen cair kriogenik dipakai untuk mengontrol suhu dalam aplikasi pendinginan reaktor dan untuk menjaga sampel biologis.


 


3. Makanan dan Minuman


Sebagai sumber kriogenik dalam membantu proses pendinginan, pembekuan dari aneka macam masakan dan minuman. Karena suhu yang sangat dingin, perendaman/proses pembekuan dalam nitrogen cair ialah metode pembekuan tercepat untuk menghasilkan masakan yang beku. Nitrogen juga memainkan tugas kunci dalam mengurangi pembusukan, perubahan warna dan perubahan rasa, menawarkan kekuatan untuk kemasan ritel. Salah satu misalnya aplikasi pengunaannya ialah untuk pengemasan roti. Nitrogen dipakai biar roti tidak cepat busuk alasannya ialah pertumbuhan basil di dalamnya.


 


4. Industri Kimia


Untuk pressurising gas atau yang lebih dikenal sebagai gas tekan. Nitrogen sanggup membantu mendorong cairan melalui pipa. Hal ini juga dipakai untuk melindungi oksigen dari materi sensitif dalam udara dan untuk menghilangkan materi kimia organik yang gampang menguap dari aneka macam proses.


 


5. Otomotif, Pesawat dan Transportasi


Pabrik perakitan dalam industri otomotif memakai nitrogen dalam kombinasi dengan gas-gas lain untuk pengelasan sparepart mobil, frame, muffler dan komponen lain alasannya ialah kemampuannya untuk menawarkan suasana yang diharapkan untuk menghasilkan lasan yang memadai dengan materi apapun. Selain itu konsep airbag pada moda transportasi juga memanfaatkan nitrogen untuk keselamatan dalam dunia transportasi.


Pemanfaatan dalam dunia otomotif juga sangat dikenal sebagai gas yang dipakai untuk ban kendaraan beroda empat atau motor. Pemanfaatan pada ban ini sudah sangat umum, alasannya ialah dengan diisi nitrogen ban lebih lentur terutama untuk jalan berkerikil.


Nitrogen merupakan salah satu jenis gas yang sangat penting untuk industri kedirgantaraan & pesawat. Nitrogen dipakai membangun terowongan angin high Reynolds, panas untuk tungku dan autoklaf untuk membantu menciptakan materi yang sangat kuat namun ringan dalam industri pesawat. Nitrogen juga dipakai sebagai gas yang sanggup membantu aplikasi laser cutting.


 


6. Energi dan Lingkungan Hidup


Nitrogen merupakan gas yang sanggup memisahkan molekul atau produk sensitif dari udara, selain itu ia juga dipakai sebagai gas yang sanggup dipakai dalam pipa untuk mencegah aneka macam kontaminasi.


 


7. Produksi Baja


Nitrogen dipakai sebagai gas untuk pencucian aneka macam gas lain dalam produksi baja. Nitrogen dipakai untuk mencegah oksidasi dan merupakan komponen kunci dalam proses pendinginan untuk baja.


 


8. Industri Minyak, Gas dan Pengilangan


Industri minyak dan gas bumi memakai nitrogen untuk meningkatkan cadangan reservoir gugusan fraktur hidrokarbon-bearing untuk meningkatkan signifikan produksi minyak dan gas, dan untuk meningkatkan efisiensi operasional.


Dalam pengilangan, nitrogen merupakan gas industri yang dipakai untuk tangki penyimpanan dan pipa pembersihan, nitrogen juga sanggup dipakai sebagi strip Volatile Organic Compounds (VOC) dari fatwa proses kimia dan air limbah, dan mengurangi emisi VOC.


 


9. Pengelasan & Pembuatan Logam


Dalam pengelasan tabung stainless baja, nitrogen dipakai sebagai gas pembersih. Hal ini juga dipakai sebagai membantu gas untuk laser cutting dan meningkatkan plasma cutting.


Manfaat nitrogen sangat penting untuk aneka macam industri di dunia, nitrogen menjadi salah satu gas alam yang paling besar lengan berkuasa di dunia.


 


Isotop Nitrogen


Nitrogen mempunyai dua isotop stabil: 14N dan 15N. Isotop pertama jauh lebih umum, menyusun 99,634% nitrogen alami, dan yang kedua (yang sedikit lebih berat) sisanya 0,366%. Hal ini menyebabkan berat atomnya menjadi sekitar 14,007 u. Kedua isotop stabil ini diproduksi melalui siklus CNO dalam bintang, namun 14N lebih umum terjadi alasannya ialah tangkapan neutronnya ialah langkah pembatas laju. 14N ialah salah satu dari lima nuklida ganjil–ganjil yang stabil (suatu nuklida yang mempunyai jumlah proton dan neutron ganjil); empat lainnya adalah 2H, 6Li, 10B, dan 180mTa.


 


Bacaan Lainnya



 


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar kalau Anda mengunduh aplikasi kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan info yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!



 


Sumber bacaan: Mental FlossRedditBBCUSA Today, Nitrogen Foot Print



Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


 








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon