Tuesday, February 6, 2018

√ Langkah-Langkah Pembelajaran Project Based Learning

Project Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan
model pinjaman kiprah yang kompleks yang didasarkan pada pertanyaan-pertanyaan yang menantang atau permasalahan. Model pembelajaran ini termasuk model saintifik dan cocok dalam kurikulum 2013. Project Based Learning membantu siswa dalam mencar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kokoh yang dibangun melalui tuga pekerjaan autenti.

Pembelajaran berbasis proyek membutuhkan suatu pendekaran pengajaran yang komperhensif dengan lingkungan mencar ilmu siswa perlu didesain biar siswa sanggup melaksanakan penyelidikan terhadap masalah-masalah autentik, termasuk pendalaman bahan pada suatu topik pembelajaran dan melaksanakan kiprah yang bermakna lainnya.
 
Pembelajaran berbasis proyek
Lalu bagaimana langkah pembelajaran berbasis proyek itu?.
1. Planning
Dalam tahap ini persiapan proyek dilakukan secara sistematis. Pada tahap ini menghadapkan siswa pada problem riil alias nyata konkrit di lapangan dan mendorong mereka untuk mengidentifikasi problem tersebut yang selanjutnya siswa diminta menemukan alternatif pemecahan problem serta mendesain model pemecahan problem yang aspiratif dan kreatif sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. Disinilah siswa akan menciptakan timeline atau jadwal kerja mereka dan didampingi oleh gurunya.

2. Creating
Merupakan pelaksanaan proyek yang menawarkan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk berekspresi dalam merancang dan melaksanakan pemeriksaan serta mempresentasikan laporan baik secara verbal maupun tulisan.

3. Processing
Merupakan presentasi proyek dan penilaian proyek. Presentasi proyek yaitu mengomunikasikan secara kasatmata kreasi atau temuan dari pemeriksaan kelompok termasuk refleksi dan tindak lanjut proyek-proyek. Evaluasi yang dilakukan pada tahapan ini meliputi penilaian teman sebaya, penilaian diri dan portofolio. 

Pembelajaran berbasis proyek ini menawarkan kesempatna siswa menggali lebih dalam kemampuan dirinya sebagai seorang researcher atau peneliti. Mereka diharuskan mencari isu yang sempurna dan bisa menjawab pertanyaan yang ada pada benak mereka sendiri. Disini kiprah guru ialah sebagai fasilitator dan pembimbing. Siswa dituntut bekerja dengan durasi waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Disini mereka juga mencar ilmu memanage waktu sebaik mungkin. Hasil proyek akan dikomunikasikan sebagai bentuk pertanggungjawaban hasil kegiatan.

Pembelajaran berbasis proyek juga menekankan pada sifat kolaboratif. Artinya semua anggota mempunyai satu tujuan bersama yang akan diselesaikan secara gotong royong. Kolaborasi merupakan salah satu abjad penting yang harus dimiliki masyarakat di periode globalisasi dikala ini. 
Gambar: disini

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon