Friday, February 2, 2018

√ Majalengka Kota Seribu Telaga

Apa yang kau pikirkan ketika mendengar kata Majalengka?. Bandara baru?. Tentu saja informasi perihal kehadiran Bandara Internasional di Majalengka akan mempercepat pertumbuhan kota kecil ini. Namun kali ini aku tidak akan bahas perihal bandara, namun lebih kepada potensi wisata alamnya. Judul Majalengka kota seribu telaga mungkin terdengar aneh, tapi memang begitu adanya alasannya ialah kota kecil ini mempunyai berbagai telaga-telaga jernih yang menjadi daya tarik wisata.

Majalengka terletak di tempat depresi pegunungan tengah Jawa Barat sehingga menciptakan wilayahnya berbukit-bukit. Selain itu di sisi timur, kehadiran Gunung Ciremai yang menjulang tinggi menjadi salah satu sumber mata air yang mengalir ke semua penjuru wilayah. Wajar saja kalau pertanian di kabupaten ini menjadi sektor andalan alasannya ialah kondisi pengairan yang sangat baik.

Dahulu kota Majalengka mungkin belum begitu populer alasannya ialah aksesnya yang hanya tidak begitu terbuka. Dampaknya ialah perkembangan kota ini tidak sepesat kota lain. Namun imbas lain ialah kota ini tetap asri dan menjadi lokasi pensiun yang tepat. Kini Majalengka bersiap menjadi kutub pertumbuhan gres seiring dibukanya susukan Tol Cipali dan Cisumdawu nantinya, lalu Bandara Internasional Kertajati yang beberapa waktu ke depan akan menjadi pintu gerbang Jawa Barat.
Apa yang kau pikirkan ketika mendengar kata Majalengka √ Majalengka Kota Seribu Telaga
Telaga Herang di perbukitan yang sejuk
Lanjut lagi ke bahasan perihal telaga. Telaga merupakan fenomena cekungan berisi air tawar yang terbentuk secara alami. Majalengka mempunyai telaga-telaga lembap jernih dan sejuk di tempat perbukitan. Batuan vulkanik dan dikombinasikan dengan air dari mata air Ciremai menciptakan telaga-telaga di kota ini sangat jernih. Saya sudah beberapa kali mengunjungi telaga di Majalengka dan memang tidak ada duanya. Saya yakin ketika liburan tiba, telaga-telaga ini akan pesat oleh pengunjung yang ingin mencicipi kesegaran alam menghilangkan kepenatan kota. 

Lalu dimana saja lokasi telaga lembap jernih yang populer di Majalengka dan sekitarnya?.
1. Telaga Herang link peta >>>disini
2. Telaga Nila link peta >>>disini
3. Telaga Remis link peta >>>disini
4. Telaga Situ Cipanten link peta >>>disini
5. Telaga Situ Sanghiang link peta >>>disini
6. Telaga Nilem link peta >>>disini
7. Telaga Cikahalang link peta >>>disini 

Kehadiran tol Cipali menciptakan Majalengka sekarang sudah dapat diakses dengan cepat dari Jakarta dan sekitarnya. Hotel-hotel gres juga mulai tumbuh di kota kecil ini. Kaprikornus bagi yang galau liburan nanti mau kemana, mampir saja ke Majalengka menyusuri keindahan alam dan sejuknya telaga-telaga lembap jernih. Baca juga: Terasering Panyaweuyan Majalengka Saingan Subak Bali

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon