Thursday, February 1, 2018

√ Proses Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

merupakan proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil bela √ Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
.com - Proses Penilaian Kurikulum 2013 merupakan proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik.

Mengelola pembelajaran, dan penilaian kurikulum 2013 yang bermutu ialah kiprah satuan pendidikan dan guru sebagai tenaga pendidik.

Proses evaluasi kurikulum 2013 dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Dalam Juknis Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru dijelaskan bahwa Penilaian formatif berfungsi memberi umpan balik terhadap kemajuan berguru siswa, memperbaiki proses pembelajaran, dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Penilaian sumatif berfungsi menilai pencapaian penerima didik dalam suatu periode tertentu.

Judul : Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Link : Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Rekomendasi Bacaan



Cara melaksanakan evaluasi hasil berguru siswa sudah di atur dalam Panduan Penilaian kurikulum 2013 Revisi 2017, yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Cara Penilaian Kurikulum 2013 SD
Ada 4 aspek evaluasi kurikulum 2013, yaitu evaluasi perilaku spiritual, perilaku sosial, Pengetahuan dan Keterampilan.

Penilaian perilaku ialah evaluasi terhadap prilaku siswa dalam proses pembelajaran. Cara Penilaian Sikap Spiritual ialah dengan mengamati kompetensi perilaku spiritual (KI-1), yaitu menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya, yang kemudian dituangkan dalam Rubrik Penilaian Sikap Spiritual.

Sedangkan cara menilai Sikap Sosial ialah dengan mengamati Kompetensi Sikap Sosial (KI-2), menyerupai jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara.

Panduan Penilaian kurikulum 2013 pdf revisi terbaru, sanggup anda d0wnl0ad pada link di final artikel ini, yang tentunya sangat bermanfaat dalam proses evaluasi kurikulum 2013.

Format Penilaian Kurikulum 2013
Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013, Format Penilaian Kurikulum 2013 dibuat dengan memakai rubrik, cara menciptakan rubrik evaluasi K13 bisa dilihat pada buku panduan evaluasi kurikulum 2013 SD. atau bisa juga membuatkan rubrik-rubrik evaluasi yang sudah tersedia pada buku guru kurikulum 2013.

Pelaksanaan Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Pelaksanaan Penilaian Sikap dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang dilakukan, baik pada ketika pembelajaran, maupun diluar pembelajaran.

Prosedur Penilaian Sikap Kurikulum 2013
  • mengamati prilaku siswa, prilaku yang diamati selama proses pembelajaran berlangsung, maupun diluar jam pembelajaran.
  • mencatat perilaku prilaku siswa dengan keterangan sangat baik, baik, cukup, dan sudah mampu.
Cara Mengelolah Penilaian Sikap
Hasil Penilaian perilaku direkap oleh guru, minimal dua kali dalam satu semester. Hasil evaluasi perilaku dibentuk dalam bentuk deskripsi evaluasi perilaku dan dilaporkan ke kepala sekolah dan orang bau tanah siswa dalam bentuk buku rapor.

Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013
Penilaian Pengetahuan (KI-3) diukur melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian dalam bentuk tes tertulis dilakukan melalui evaluasi harian, evaluasi tengah semester, dan evaluasi akhir.

Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 dihitung per KD Muatan Pelajaran, Nilai rata-rata KD Muatan Pelajaran kemudian dijadikan nilai akhir.

Nilai KD ditentukan dengan Rumus
(Skor Perolehan : Skor Maksimum) x 100

Pengolahan Hasil Penilaian Pengetahuan
Hasil Penilaian Pengetahuan K13, diolah secara kuantitatif, dengan memakai angka bilangan lingkaran tanpa desimal (0-100), predikat dan deskripsi.

Deskripsi dalam penilaian kurikulum 2013 berupa kalimat faktual wacana pencapaian kemampuan siswa dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD.

Menentukan Nilai Akhir
Cara memilih Nilai Akhir (NA) setiap KD sanggup dilakukan sesuai acara evaluasi yang dilakukan dan pembobotan. Perhitungan NA KD menurut hasil perhitungan pada NPH, NPTS dan NPAS dengan rumus:
NA KD = ((2xNPH) + NPTS + NPAS) / 4
Catatan penting yang perlu diketahui ialah kalau suatu KD muatan pelajaran tidak muncul di Penilaian Tengah Semester (PTS), maka perhitungan penilaian kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
NA KD = ((2xNPH + NPAS)/3
Terdapat perbedaan pada jumlah pembaginya, kalau semua KD diujikan pada acara PTS, maka pembaginya ialah empat, namun kalau ada KD yang tidak diujikan pada acara Perguruan Tinggi Swasta maka pembaginya ialah tiga.

Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Pdf
Jika anda memakai aplikasi dalam format excel dalam mengolah nilai rapor Kurikulum 2013, sebaiknya anda juga memahami Sistem evaluasi kurikulum 2013 yang terdapat pada juknis. Hal ini untuk mengetahui seberapa efektifkah aplikasi yang anda gunakan, tata cara perhitungan nilainya apakah sudah sesuai dengan juknis kurikulum 2013 revisi terbaru, Jika anda membutuhkan juknis sistem evaluasi Kurikulum 2013 PDF, silakan d0wnl0ad pada link berikut ini:

Download Juknis Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru (unduh)

Demikian Informasi Tentang Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Terima kasih sudah membaca artikel ini, kalau ada pertanyaan wacana cara evaluasi k13, silakan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang tersedia di final artikel ini. Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. link artikel ini ialah https://www.sanjayaops.com.2018/11/penilaian-kurikulum-2013-revisi-terbaru.html

Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon