Wednesday, February 7, 2018

√ Syarat Dan Cara Registrasi Ppg Prajabatan Bersubsidi 2018

Syarat dan cara Pendaftaran PPG Prajabatan Bersubsidi 2018_ Pemerintah kembali membuka kesempatan bagi anda guru maupun calon guru untuk mengikuti pendidikan perofesi guru (PPG) prajabatan pada tahun 2018.


Bagi anda lulusan Fresh graduate atau bagi anda yang masih berumur di bawah 28 tahun dan mempunyai minat besar untuk mengenyam pendidikan profesi guru sebaiknya segera mempersiapkan diri. Pasalnya pemerintah telah resmi membuka pendaftaran untuk mengikuti pendidikan profesi guru mulai tanggal 5 Maret hingga 7 April 2018.

Daftar kegiatan studi dan kegiatan keahlian dan PPG 2018
Setidaknya ada beberapa kegiatan studi yang akan menerima jatah perekrutan, untuk mengikuti pendidikan profesi guru, berikut kegiatan studi yang diberikan jatah untuk mendapatkan penerima PPG bersubsidi 2017;
1. Matematika
2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3. Teknik Elektronika
4. Teknik Otomotif.
5. Agribisnis Hasil Pertanian
6. Agribisnis Hasil Perikanan
7. Agribisnis produksi tanaman
8. Agribisnis produksi ternak
9. Usaha Jasa Parawisata
10. Pelayaran

Jadwal Pendaftaran PPG Prajabatan Bersubsibi 2018
Pendaftaran online: 5 maret-17 april 2018
Pengumuman hasil seleksi administrasi: 23 april 2018
Seleksi akdemik: 28-29 april 2018
Pengumuman hasil seleksi akdemik: 10 mei
Seleksi talenta dan minat: 19-20 mei 2018
Pengumuman hasil dan pemenpatan: 31 mei 2018
Registrasi online: 4-18 juni 2018
Lapor diri: 28-30 juli 2018

Persyaratan Mendaftar Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi 2018
Untuk mendaftar menjadi penerima pendidikan profesi guru (PPG) setidaknya ada beberapa persyratan umum yang mesti dipenuhi, berikut persyaratannya:
1. Lulusan S1/D4 kegiatan studi terakreditasi minimal
2. Berusia setinggi-tingginya 28 tahun dihitung hingga dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran;
3. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada kegiatan PPG;
4. Calon mahasiswa terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI);
IPK minimal 3,00;
5. Bebas Napza dibuktikan dengan surat Ket. bebas Napza dari BNN atau yang berwenang
6. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat Ket. dari dokter rumah sakit pemerintah
7. Berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK
8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama PPG, dibuktikan dengan surat ket. bermaterai yang disahkan oleh lurah/kepala desa

Cara Mendaftaran PPG Prajabatan Bersubsibi 2018 (Catatan: Pendaftaran online dimulai tanggal 5 maret)

1. Buka laman resmi pendaftaran PPG bersubsidi 2018
Alamat resmi pendaftran PPG bersubsidi 2018 yakni  (http://ppg.ristekdikti.go.id), silahkan anda klik link tersebut atau anda sanggup terlebih dahulu membaca langkah-langkah melaksanakan pendaftaran di situs ppg.ristekdikti.

Pertama-tama Ketika anda telah masuk laman resmi ppg.ristekdikti maka akan muncul tampilan awal ibarat dibawah ini:


Setelah muncul laman/tampilan ibarat di atas selanjutnya klik kata (pendaftaran telah dibuka) sesudah anda meng-klik maka anda akan diarahkan apda laman selanjutnya

2. PIlih Jenis PPG yang ingin anda ikuti
Pada tampilan/laman selanjutnya anda akan diberikan pilihan, apakah ingin mendaftra PPG Reguler atau PPG Kolaboratif Sekolah Menengah kejuruan (untuk pendaftran ppg kolaboratif smk belum sanggup diakses). Namun terlebih dahulu anda baca syarat dan ketentuannya, untuk sanggup memastikan, apakah anda sanggup memenuhi syarat ketentuan untuk ikut PPG bersubsidi.

Jika anda ingin mendaftar PPG reguler silahkan klik menu/kata lanjutkan pada bab bawah, ibarat gambar yang ada dibawah ini:



3. Isi biodata diri
Setelah anda mengklik kata lanjutkan akan muncul gambar ibarat di bawah ini:

Setelah muncul tampilan ibarat diatas; silahkan isi
Provinsi asal perguruan tinggi S1
Nama perguruan tinggi S1
Nama kegiatan studi S1/D4
NIM
Tanggal/bulan/tahun kelahiran

Periksa kembali biodata diri, lalu sesudah clear, silahkan anda klik Lanjutkan.

4. Pilih lokasi tes dan jurusan PPG yang akan didaftari
Setelah anda mengklik kata lanjutkan. maka akan muncul tampilan ibarat dibawah ini;


Pertama-tama isi dulu nilai IPY/IPK anda selama kuliah, sesudah diisi lalu pilih lokasi untuk mengikuti tes dan pilih jurasan PPG yang ingin diikuti. Setelah diisi, silahkan periksa kembali dan sesudah clear lalu klik Simpan.

5. Anda akan mendapatkan Username dan Pasword
Setalah biodata dan lokasi tes telah dipilih maka anda akan mendapatkan psword dan username ibarat gambar dibawah ini;


6. Login  memakai username dan pasword
Jika anda telah mempunyai username silahkan log-in memakai username dan pasword yang anda dapatkan sesudah menuntaskan proses registrasi;
Menu log-in terdapat pada sudut kiri atas, ibarat yang ditunjukan dalam bundar merah pada gambar diatas, sesudah megklik tombol log-in maka akan muncul gambar ibarat di bawah ini;

Isi username dan pasword sesuai dengan yang anda dapatkan, lalu jangan lupa mengisi isyarat angka yang ada di bawah username dan pasword.

7. Isi validasi data
Selanjutnya sesudah berhasil log-in maka akan tampil/muncul ibarat gambar di bawah ini:


Setelah muncul ibarat gambar diatas, silahkan isi semua biodata dengan lengkap dan benar, sesudah itu klik simpan.

8. Mengisi data keluarga
Selanjutnya sesudah melaksanakan validasi biodata pribadi, selanjutnya mengisi data keluarga, dengan cara mengklik kata "data keluarga" ibarat teladan pada gambar di bawah

Silahkan isi semua kolom pada laman data keluarga dengan benar dan tepat, kalau sudah selesai silahkan klik Simpan.

9. Validasi data akademik
Setelah selesai mengisi laman validasi data keluarga selanjutnya klik sajian data akademik, ibarat yang ditunjukan pada gambar di bawah ini;

Setelah muncul tampilan ibarat gambar di atas maka selanjutnya isi no.ijazah, tanggal, bulan dan tahun dengan benar. lalu klik simpan.

10. Validasi pilihan PPG
Selanjutnya klik sajian validasi pilihan PPG, ibarat gambar dibawah ini;

Setelah sajian validasi pilihan PPG diklik maka akan muncul ibarat gambar diatas, dalam pilihan tersebut penerima kemungkinan masih sanggup merubah pilihan lokasi ujian PPG dan jurusan PPG yang dipilih. Namun kalau lokasi dan pilihan jurusan PPG sudah dirasa tepat. silahkan klik simpan.

11. Unggah dokumen persyaratan PPG
Selnjutnya klik sajian unggah dokumen, ibarat yang ditunjukan pada gambar di bawah ini.

source: Pakpandani.we.id
silahkan unggah semua dokumen persyaratan yang telah discan, ukuran file hasil scan dihentikan melebih 800 kb.
ibarat :

Pada tahap seleksi manajemen berkas dokumen yang diunggah ialah sebagai berikut:
  • foto ukuran 4x6 dengan latar putih
  • hasil scan ijazah
  • hasil scan transkrip nilai
Dan dokumen-dokumen yang WAJIB diupload kalau dinyatakan LULUS UJIAN TULIS/CBT:


  • Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang;
  • Sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  • Sehat rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian; dan
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti kegiatan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa.

    12. Cek pengumuman hasil seleksi administrasi
    Setelah semua data berhasil anda validasi dengan benar selanjutnya silahkan cek pengumuman hasil selesksi administrasi. Namun pengumuman hasil seleksi manajemen kemungkina sanggup diketahui beberapa hari sesudah mendaftar atau pada tanggal 20 mei. jadi harus raji-rajin membuka web resmi PPG dikti untuk mengecek pengumuman kelulusan seleksi administrasi. Gambar di bawah ini membuktikan kalau penerima lolos seleksi administrasi

    Source: Pakpandani.web.id
    13. Cetak formulir pendaftaran
    Jika anda dinyatakan lulus maka anda kemungkinan akan mendapatkan format hasil lolos seleksi manajemen ibarat gambar dibawah ini

    Source: Pakpandani.web.id
    Bukti pendaftaran tersebut kemungkinan akan dipakai sebagai tanda bukti kelulusan administrasi, dan dipelihatkan ketika akan mengikuti tes tahap kedua yakni tes TPA, TKB, TKBI.

    CATATAN: Jika kelengkapan berkas belum rampung, sebaiknya proses mendaftar dilakukan hingga pada tahap mendapatkan Username dan pasword. Jika kelengkapan berkas semua sudah lengkap silahkan login memakai username dan pasword tersebut dan lengkapi semua validasi data yang diminta. Jangan simpan data (finalisasi data) kalau sebagian berkas belum diisi (upload) alasannya ialah kemungkinan data tidak sanggup lagi diubah.

    Karena syarat pendaftaran telah diubah dan hanya beberapa berkas yang diwajibakan untuk diupload pada tahap seleksi administrsi, maka untuk pilihan finalisasi masih simpansiur, apakah harus difinalisaasi atau tidak. Namun kalau semua kelengkapan berkas telah rampung diupload (ijazah, transkrip, foto, skck, bebas napza, sehat jasmani dan rohani, ket. belum menikah kemungkinan sanggup difinalisasi.

    Call center
    Jika membutuhkan bantuan, Silakan salurkan pertanyaan lewat saluran berikut:
     e-Mail: dit.pembelajaran@ristekdikti.go.id

    Sumber http://www.rijal09.com


    EmoticonEmoticon