Thursday, February 1, 2018

√ Teladan Materi Didik Dan Lks Di Sd, Potret Pemeblajaran Di Sekolah Dasar, Solusi Atas Permasalahan Di Sd

Soal:



  1. Buatlah satu teladan Bahan Ajar dan Lomba Kompetensi Siswa yang ada di sekolah Anda. Kemudian bandingkan dengan teori mengenai Bahan Ajar dan Lomba Kompetensi Siswa yang ada di modul, dari sisi keunggulan dan kelemahannya!


 



  1. Buatlah satu gambaran mengenai Potret Pembelajaran di SD dilihat dari 3 aspek, yaitu: Sarana dan Prasana, Metode Pembelajaran, dan Ketidakmerataan guru. Kemudian deskripsikan kendala-kendala yang terjadi dalam gambaran tersebut!


 



  1. Dari gambaran yang Anda buat pada nomor 2, jelaskan mengapa dan bagaimana bisa terjadinya hal yanga ada dalam gambaran tersebut. Hal-hal apa saja yang melatarbelakanginya? Kemudian berikan solusinya!


Buatlah satu teladan Bahan Ajar dan Lomba Kompetensi Siswa yang ada di sekolah Anda √ Contoh Bahan Ajar dan Lomba Kompetensi Siswa di SD, Potret Pemeblajaran di Sekolah Dasar, Solusi atas Permasalahan di SD
ilustrasi pembelejaran di SD (Dok. Pribadi)

Jawaban:



  1. Bahan Ajar


     Mata Pelajaran           :    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)


     Kelas                            :    VI


     Semester                       :    1


     Tujuan Pembelajaran :    –    Siswa sanggup menjelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus dan lingkungan hidupnya.


                                               –    Siswa sanggup menjelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai dan lingkungan hidupnya.


                                               –    Siswa sanggup menjelaskan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan pemakan serangga dan lingkungan hidupnya.


     Materi Pokok              :    Ciri-ciri khusus tumbuhan sesuai dengan lingkungan hidupnya


Uraian Materi


Bentuk Adaptasi Tumbuhan


Sama halnya dengan hewan, pada tumbuhan pun juga mengalami penyesuaian diri terhadap lingkungannya (adaptasi).



  1. Pohon cemara


Adaptasi dari pohon cemara yakni mempunyai daun yang runcing yang mana daun tersebut berfungsi untuk mengurangi penguapan. Dengan daun yang runcing tersebut, maka pohon cemara melaksanakan pembiasaan di lingkungan yang yang panas.



  1. Pohon Teratai


Pohon teratai hidupnya di air dengan daun yang lebar dan tipis. Bentuk pembiasaan dari pohon teratai yakni bentuk daunnya yang lebar dan tipis tersebut yang mana mempunyai fungsi untuk mempercepat penguapan.



  1. Putri Malu


Pada tumbuhan putri aib apabila terkena rangsangan berupa sentuhan akan mengatupkan daunnya. Inilah bentuk pembiasaan tumbuhan putri aib terhadap rangsang sentuhan.



  1. Kaktus


Tanaman kaktus mempunyai tempat hidup pada kawasan yag panas dan mempunyai batang yang tebal dan berlapis lilin. Batang yang tebal tersebut berfungsi untuk penyimpanan air. Seluruh permukaan batang kaktus berduri yang berfungsi untuk peindung diri.



  1. Kantong Semar


Tanaman kantong semar yakni tumbuhan pemakan serangga atau di sebut juga insektivora. Pada waktu-waktu tertentu tumbuhan kantung semar akan mengeluarkan basi yang menyengat yang berfungsi untuk menarik serangga. Pada tumbuhan kantong semar mempunyai cairan khusus yang berfungsi untuk mencerna serangga yang terjebak dalam kantongnya tersebut. Hal ini mengatakan bahwa tumbuhan kantong semar melaksanakan pembiasaan terhadap lingkungan dalam mendapat makanannya.



  1. Tumbuhan Bakau


Tumbuhan ini hidupnya di kawasan pinggiran pantai yang mana pada tumbuhan ini mempunyai akar tunjang, sehingga akan tertopang secara kokoh. Denagan akar tunjang inilah bentuk pembiasaan pohon bakau terhadap lingkungannya.


 


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)


Mata Pelajaran       :    Ilmu Pengetauan Alam (IPA)


Kelas / Semester    :    VI / 1


Alokasi waktu       :    (2 x 35 menit)


Materi Pokok         :    Ciri-ciri khusus tumbuhan sesuai dengan lingkungan hidupnya


 


Kegiatan 1


–   Alat :



  1. Lembar Kegiatan Siswa

  2. Alat tulis


–   Bahan :



  1. Tumbuhan kaktus

  2. Bunga teratai

  3. Tumbuhan eceng gondok

  4. Tumbuhan kantung semar

  5. Lup (kaca pembesar)


–   Langkah Kerja:



  1. Amati satu-persatu tumbuhan yang ada didepan kalian!

  2. Bagaimana bentuk batang dan daun dari tumbuhan tersebut?


……………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………….



  1. Dimana tempat hidupnya masing-masing tumbuhan tersebut?


……………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………….


 



  1. Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel dibawah ini!


No     Jenis Tumbuhan       Tempat Hidup      Ciri Khas pada Tumbuhan


1   Kaktus


2   Teratai


3   Eceng gondok


4   Kantung semar


 



  1. Setelah diamati dan dicatat hasilnya, diskusikan dengan temanmu adakah hubungan antara bentuk tumbuhan dengan lingkungan tempat hidupnya?


……………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………….


 



  1. Apa yang sanggup kau simpulkan dari kegiatan yang telah dilakukan ini?


Jadi …………………………………………………………………………..


……………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………….


Nilai Nama Kelompok :


 


Nama Siswa:


 


UJI KOMPETENSI



  1. Plih salah satu tanggapan yang paling tepat!

  2. Ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus untuk mengurangi penguapan air dalam tubunya adalah…

  3. Batangnya berdaging dan gemuk

  4. Akarnya yang berbentuk lurus dan panjang

  5. Bentuk daunnya yang kecil-kecil ibarat duri

  6. Akar dan batangnya yang berongga

  7. Tumbuhan yang mempunyai daun berbulu dan berengsel untuk menjebak serangga, yaitu…

  8. Teratai

  9. Kantung semar

  10. Kaktus

  11. Mawar

  12. Ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai untuk mempercepat penguapan adalah…

  13. Tangkai daun menjalar

  14. Bentuk daunnya yang lebar

  15. Akarnya berongga

  16. Batangnya berongga

  17. Tumbuhan dibawah ini mempunyai ciri khusus untuk menarik perhatian mangsanya, yaitu…


 



  1. Tangkai daun menjalar

  2. Memiliki nektar

  3. Daunnya berbulu dan berengsel

  4. daunnya berbentuk mirip kantong dan menghasilkan nektar

  5. Tumbuhan pada gambar dibawah ini mempunyai batang yang berfungsi untuk…


 



  1. Memangsa serangga

  2. Membawa oksigen

  3. Menarik perhatian serangga

  4. Menyimpan air

  5. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas!

  6. Mengapa tumbuhan mempunyai ciri-ciri khusus sehingga berbeda satu dengan yang lainnya?


……………………………………………………………………………………


……………………………………………………………………………………



  1. Mengapa teratai mempunyai batang yang berongga?


……………………………………………………………………………………


……………………………………………………………………………………



  1. Apakah fungsi dari akar lurus dan panjang pada tumbuhan kaktus?


……………………………………………………………………………………


……………………………………………………………………………………



  1. Apakah fungsi dari lapisan lilin pada kantung semar?


……………………………………………………………………………………


……………………………………………………………………………………



  1. Apakah fungsi dari nektar pada kantung semar?


……………………………………………………………………………………


……………………………………………………………………………………


 


KUNCI JAWABAN SOAL UJI KOMPETENSI


BAGIAN A :


1   C


2   B


3   B


4   B


5   D


BAGIAN B :



  1. Karena diubahsuaikan dengan tempat hidupnya

  2. Karena teratai hidup mengapung di air sehingga memerlukan rongga-rongga dalam proses pernapasannya.

  3. Untuk memudahkan akar kaktus menembus tanah ketika mencari sumber mata air

  4. Sebagai perangkap untuk serangga

  5. Sebagai pemikat serangga


 


PENSKORAN :


 


Soal potongan A = 1X5 =      5


Soal potongan B = 3X5 = 15


Total = 20


 


Membandingkan 2 keunggulan dan kelemahan materi asuh dan LKS


Keunggulan



  1. Bahan asuh mengandung komponen tujuan pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi.

  2. LKS berisi komponen tujuan, materi, waktu, cara kerja, hasil yang diharapkan, dan tindak lanjut.


Kelemahan



  1. Materi yang tidak sesuai dengan kurikulum.

  2. Materi yang tidak sesuai dengan perkembangan kognitif siswa.


 


 



  1. Potret pembelajaran di sekolah dasar ditinjau dari sarana prasarana dan keterjangkauan wilayah, metode pembelajaran, dan ketidakmerataan jumlah guru.


Letak geografis yang jauh sehingga untuk menjangkaunya dibutuhkan waktu dan alat transportasi yang memadai. Akibatnya apa yang telah ada tidak bisa untuk dirawat dan dipelihara alasannya yakni kurangnya tenaga pendidik dan kependidikan yang ada. Boleh jadi penyebab memprihatinkan nya kondisi tersebut yakni alasannya yakni kekurangsinkronan dan gosip antar instansi yang terkait. Akibatnya kerusakan yang terjadi sanggup saja dimaknai sebagai kekurang pedulian pihak-pihak yang semestinya dihentikan terjadi. Kemudian terbatasnya sarana yang ada bukan diakibatkan oleh kondisi letak geografis atau perhatian instansi terkait, melainkan oleh insiden peristiwa alam. Situasi yang demikian akan mengorbankan semangat dan minat para murid alasannya yakni situasi berguru yang diidamkan menjadi tidak nyaman. Padahal sebagai suatu sistem, terbatasnya sarana dan prasarana tentu akan berdampak pada acara pembelajaran lainnya. Misalnya guru tidak sanggup mengelola kelas dengan baik alasannya yakni anak tidak nyaman dalam belajar. Kemudian sarana yang ada ternyata tidak bisa menampung banyaknya jumlah siswa. Akibatnya suasana kelas menjadi tidak efektif untuk berguru alasannya yakni para siswa harus duduk berdesak-desakan. Kondisi yang demikian menjadi salah satu penyebab guru tidak bisa mengelola kelas dengan baik. Kemudian kurangnya motivasi usia produktif untuk bersekolah alasannya yakni kombinasi keterbatasan sarana pemberian keluarga dan kelemahan alam.


Rendahnya pembelajaran IPA dan Matematika pada siswa diduga berawal dari kesalahan konsep guru SD. Namun setidaknya ada 1 sisi yang harus diketahui bahwa karakteristik pembelajaran di SD apapun rumpun bidang studinya harus selalu menarik dan menciptakan siswa tidak berpikiran mulut dengan hanya berandai-andai saja. Selain kurang menguasai bidangnya masih banyak guru yang dalam mengajar hanya memakai model yang itu-itu saja. Mereka kurang menguasai banyak sekali model pembelajaran yang sesuai perkembangan anak didik dan sesuai teori pendidikan yang baru. Banyak guru mengajar dengan cara ceramah dan terus mengerjakan soal kegiatan utama anak hidup mencatat atau mendengarkan saja guru mengajar lebih bahagia dengan caranya sendiri dan kurang memperhatikan yang disenangi anak didik.


Di Indonesia masih terdapat pernyataan bahwa Insan pendidikan di Indonesia menjadi salah satu permasalahan yaitu pemerataannya. Di satu sisi banyak kawasan yang kelebihan tetapi disisi lain masih banyak pula kawasan yang kekurangan guru.


 



  1. Solusi yang ditawarkan:


Upaya yang harus dilakukan yakni penyelesaian secara komprehensif dengan menyadarkan pentingnya pendidikan dengan melibatkan orang bau tanah dan para tokoh masyarakat. Namun demikian dalam masa teknologi gosip dan komunikasi mirip kini ini, banyak bermunculan SD-SD yang tiap kelasnya telah dilengkapi dengan pendingin ruangan dan jaringan komputer yang online dengan internet. Bahkan sarana olahraga mirip kolam renang dan gymnasium juga tersedia. Untuk membantu mencari sumber belajar, perpustakaan tiap kelas juga ada. Tentu saja SD semacam ini jumlahnya sangat terbatas dan masih terbatas menjadi konsumsi kalangan atas di kota-kota besar di Indonesia. Pada masa mendatang hal ini hendaknya sanggup memacu Pemerintah untuk sanggup memenuhi sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan bagi lancarnya proses berguru mengajar khususnya di SD dengan lebih baik lagi.


Berkaitan dengan problem metode pembelajaran, maka hendaknya para guru memakai pembelajaran active learning dan dalam hari-hari tertentu wajib memakai bahasa pengantar bahasa Inggris. Namun semua itu harus dibayar dengan biaya yang sangat mahal. Setiap guru telah dipilih dengan persyaratan yang sangat ketat dan diberikan kesejahteraan yang sangat memadai. Setiap anak memperoleh perhatian yang prima dari pada gurunya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon