Halo kawan-kawan jumpa lagi dengan blog edisi lesson plan.
Kali ini aku akan sedikit kisah pengalaman mencar ilmu interpretasi gambaran inderaja di kelas bersama belum dewasa kelas XII. Materi inderaja merupakan salah satu bahan yang diajarkan pada mapel geografi kelas XII untuk KTSP. Dalam bahan inderaja ini belum dewasa harus bisa menginterpretasi sebuah gambaran inderaja.
Kali ini aku akan sedikit kisah pengalaman mencar ilmu interpretasi gambaran inderaja di kelas bersama belum dewasa kelas XII. Materi inderaja merupakan salah satu bahan yang diajarkan pada mapel geografi kelas XII untuk KTSP. Dalam bahan inderaja ini belum dewasa harus bisa menginterpretasi sebuah gambaran inderaja.
Nah kadangkala kita sering galau bagaimana menciptakan pelajaran inderaja semoga sedikit menarik di kelas dan bukan hanya hapalan saja. Kaprikornus aku berfikir dan mencoba menciptakan mereka bekerja dan mencar ilmu untuk menganalisa foto udara. Dari mana foto udaranya?. Ya cari aja di google banyak, kemudian print sendiri. Baca juga: Soal prinsip geografi dan jawabannya
Biasanya di UN Geografi, soal inderaja sering disajikan dalam bentuk analisa objek ibarat ini:
1. Diketahui ciri objek:
- rona hijau
- tekstur kasar
- asosiasi dengan sungai
Objek yang sesuai dengan ciri di atas ialah ....
a. pantai
b. pemukiman
c. pesawahan
d. hutan tropis
e. jalan raya
Jawabannya ialah hutan tropis.
Soal ini masuk dalam kategori HOTS alasannya ialah siswa harus menyimpulkan objek dari ciri yang ada di soal. Nah supaya membiasakan anak untuk menganalisa maka aku buat lesson plan kali ini untuk kiprah praktik interpretasi citra. Berikut langkah-langkah pembelajarannya:
1. Buka google, cari quickbird image dan d0wnl0ad gambaran yang sekiranya yummy dilihat dan bagus.
2. Print gambar satu persatu semoga setiap anak sanggup satu gambaran udara. Wajib print warna
3. Buat lembar kerja identifikasi objeknya, aku tampilkan di bawah.
4. Nanti setiap anak harus mencoba menginterpretasi minimal 10 objek atau terserah bapak/ibu yang nampak di citra.
5. Setelah itu alhasil didiskusikan semoga bisa dianalisa bantu-membantu alasannya ialah interpetasi setiap anak niscaya beda-beda.
![]() |
Lembar praktik interpretasi citra |
![]() |
Citra inderaja |
![]() |
Praktik inderaja sesi 2 |
Sumber http://www.gurugeografi.id
EmoticonEmoticon