Pengertian PTK
Di akademi tinggi, biasanya kiprah final untuk mahasiswa yakni melaksanakan penelitian. Para mahasiswa dituntut untuk membuatkan wawasan nya dengan cara melaksanakan pencaharian atau eksplorasi untuk menemukan balasan dari duduk perkara yang menjadi bidang kajiannya. Dalam melaksanakan penelitian tentu mempunyai seperangkat hukum dan langkah yang harus diikuti. Aturan dan langkah yang harus diikuti Inilah yang disebut metode penelitian. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan satu penelitian pula, yang dengan sendirinya mempunyai banyak sekali hukum dan langkah yang harus diikuti.
Sebelum kita memahami pengertian penelitian tindakan kelas, Sekarang kita ke pengertian penelitian tindakan. Penelitian tindakan merupakan penelitian dalam bidang sosial yang memakai refleksi diri sebagai metode utama, dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya, serta bertujuan untuk melaksanakan perbaikan dalam banyak sekali aspek.
Nah kini kita ke pengertian penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yakni Penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas nya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja nya sebagai guru, sehingga hasil berguru siswa menjadi meningkat.
Karakteristik penelitian tindakan kelas PTK
Paling tidak ada empat karakteristik PTK yang menonjol.
- Kepedulian guru terhadap kualitas pembelajaran yang dikelolanya merupakan awal dari munculnya duduk perkara yang perlu dicari jawabannya. Hal ini berbeda dengan penelitian biasa, yang secara umum adanya duduk perkara ditandai oleh peneliti yang biasanya berasal dari luar lingkungan yang mempunyai duduk perkara tersebut. Jadi, adanya duduk perkara dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai duduk perkara yang perlu diselesaikan.
- Penelitian melalui refleksi diri, merupakan ciri PTK yang paling esensial. Berbeda dengan penelitian biasa yang mengumpulkan data dari daerah lain sebagai responden, maka PTK mengharuskan guru mengumpulkan data dari Tri pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut di dalam kelas.
- PTK dilakukan di dalam kelas bukan di daerah lain.
- Tujuan dari PTK yakni memperbaiki pembelajaran.
Perbedaan penelitian tindakan kelas dengan penelitian kelas
Untuk memperjelas posisi PTK, Mari kita simak perbedaan antara PTK dengan penelitian biasa atau biasa disebut penelitian formal.
- Motivasi dari PTK yakni tindakan sedangkan motivasi dari penelitian formal yakni kebenaran.
- Sumber duduk perkara dalam PTK muncul dari diagnosis 100 sedangkan sumber duduk perkara dalam penelitian formal muncul dari induktif deduktif.
- Tujuan dari PTK yakni untuk memperbaiki praktek pembelajaran kini dan di dalam kelas, sedangkan tujuan dari penelitian formal yakni untuk verifikasi dan menemukan pengetahuan yang sanggup digeneralisasikan.
- Peneliti yang terlibat dalam PTK yakni guru itu sendiri, sedangkan penelitian terlibat dalam penelitian formal yakni orang luar yang berminat.
- Sampel dalam PTK yakni seluruh siswa dalam suatu kelas, sedangkan sampel pada penelitian formal yakni sampel yang representatif.
- Metodologi pada PTK yakni longgar tetapi berusaha untuk tetap objektif, jujur dan tidak memihak. Sedangkan metodologi pada penelitian formal yakni baku dengan objektivitas dan dan ketidakberpihakan yang terintegrasi.
- Penafsiran hasil penelitian pada PTK yakni untuk memahami praktik melalui refleksi oleh praktisi yang membangun. Sedangkan penafsiran hasil penelitian pada penelitian formal yakni dengan cara mendeskripsikan, mengabstraksi, serta menyimpulkan dan membentuk teori oleh ilmuwan.
- Hasil final pada PTK yakni Siswa berguru lebih baik. Sedangkan hasil final pada penelitian formal yakni pengetahuan, prosedur, atau bahan yang teruji
Mengapa PTK perlu dilakukan oleh guru
Guru yang profesional yakni guru yang selalu memperbaiki kinerja nya dari waktu ke waktu. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru dipandang sebagai satu unjuk kerja seorang guru yang profesional alasannya studi sistematik yang dilakukan terhadap diri sendiri dianggap sebagai tanda dari pekerjaan guru yang profesional.
Faktor lain yang juga ikut memperkuat alasan perlunya guru melaksanakan PTK yakni keterlibatan guru dalam banyak sekali aktivitas pengembangan di sekolahnya dan mungkin di tingkat yang lebih luas, sehingga ia belum bisa melaksanakan review terhadap kinerja nya sendiri, untuk selanjutnya sanggup digunakan sebagai masukan dalam review kinerja sekolah.
Diolah dari banyak sekali sumber, diantaranya modul penelitian tindakan kelas yang diterbitkan oleh Universitas Terbuka.
Sumber gambar: Pixabay
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon