Sunday, April 22, 2018

√ 11 Ciri-Ciri Anak Yang Cerdas

11 Ciri-ciri anak yang cerdas_ Memiliki anak yang cerdas menjadi keinginan sebagian besar orang tua, dan tak jarang  orang renta berupaya melaksanakan yang terbaik semoga anaknya bisa menjadi langsung yang cerdas dan menjadi pujian orang tua. Namun sebelum kita mengulas tanda-tand kecerdasan pada seorang  anak, maka alangkah baiknya jikalau pertama-tama kita mencari tahu apa sih yang dimaksud dengan cerdas, alasannya cerdas, berakal dan jenius mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

 Memiliki anak yang cerdas menjadi keinginan sebagian besar orang renta √ 11 Ciri-Ciri Anak Yang Cerdas

Menurut jago cerdas sendiri ialah suatu kondisi dimana seorang yang tidak hanya terpaku dengan teori namun juga lebih terhadap pemahaman konsep secara menyeluruh, orang yang cerdas berusaha memahami sesuatu secara keseluruhan, bukan hanya memahami sesuatu dari satu sudut pandang namun kepada pemahaman atas sesuatu dari banyak sekali sisi.

Sedangkan orang berakal selalu menilai sesuatu menurut teori yang ia pelajari, jadi dalam mencoba memecahkan problem mengakibatkan pengetahuan yang ia miliki, biasanya orang berakal mempunyai pengetahuan yang luas sehingga bisa unggul dari orang –orang yang lain.

Dan terakhir ialah orang jenius, orang jenius sendiri ialah orang yang banyak berimajinasi sehingga cara berpikirnya terkadang sulit dipahami oleh orang lain, orang jenius biasanya mempunyai IQ di atas rata-rata sehingga bisa mengakumulasi imajinasi+logika+pengetahuan menjadi cara berpikir yang luar biasa.

Kembali ke tema artikel yakni apa saja ciri-ciri anak yang cerdas?  Untuk mengetahui gejala apakah seorang anak bisa dkategorikan sebagai anak yang cerdas atau bukan, bisa diamati melalui aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Berikut ulasannya

11 Ciri-ciri anak yang cerdas

1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
Tanda-tanda anak yang cerdas biasanya mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhdap sesuatu yang menarik baginya, apalagi jikalau hal tersebut merupakan hal yang gres dan membuatnya tertarik, maka keingintahuannya akan semakin meningkat.

Oleh alasannya itu jikalau dalam kondisi demikian, anda tidak perlu menjelaskan kepada anak yang mempunyai kecerdasan ihwal benda/hal  tersebut, namun biarkan anak tersebut yang mencari tahu sendiri, semoga pengetahuan yang didapatkan lebih bermakna.

2.  Memiliki kemampuan menganalisa yang baik
Selanjutnya ciri-ciri anak yang cerdas yakni mempunyai kemampuan dalam menganlisa suatu hal yang baik, daya analisa yang dimiliki anak yang cerdas tidak hanya dari satu referensi analisa namun lebih kepada banyak sekali referensi analisa, sehingga kesimpulan dari hasil analisanya bisa lebih akurat.

Kemampuan menganalisa anak yang cerdas juga bisa mengaitkan pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki dalam menemukan pemecahan maalah atau balasan dari apa yang sedang ia berusaha pecahkan atau jawab.

3. Anak yang cerdas sangat aktif 
Anak yang cerdas sangat aktif, sehingga bahagia melaksanakan kegiatan yang melibatkan berabagi inderanya, anak yang cerdas hampir mempunyai kesamaaan dengan anak yang hiperaktif namun letak perbedaanya ada pada daya fokus dan tingkat konsentrasinya. Jika anak yang hiperaktif mempunyai daya foks yang kurang baik maka sebaliknya anak yang cerdas mempunyai tingkat fokus yang baik.

Biasanya anak yang cerdas akan melaksanakan hal-hal yang ia gemari, sehingga untuk mengetahui talenta dan minat anak yang cerdas akan lebih mudah. Namun sebagian orang renta terkadang merasah risih jikalau anaknya terlalu aktif,  padahal bisa jadi anaknya mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi, sehingga hanya perlu diarahkan dan dididik dengan baik.

4. Memahami segala sesuatu secara kompleks
Hal yang bisa menjadi pembeda anatara anak yang cerdas dengan anak yang pintar, anak yang berakal biasanya akan memahami sesuatu sesuai dengan apa yang ia pelajari atau sesuai dengan apa yang diajarkan oleh gurunya, sedangkan anak yang cerdas memahami sesuatu secara kompleks.

Misalnya saja dalam memahami buah apel, anak yang berakal biasanya akan memahami apa itu apel sebatas dari apa yang ia pelajari sedangkan anak yang cerdas selain memakai pengetahuan, juga mengkombinasikan dengan kemampuan analisanya sehingga pemahamannya ihwal apel lebih mendalam dan kompleks.

5. Suka bertanya
Dahulu ada persepsi dari sebagian orang yang berpikir, bahwa anak yang suka bertanya biasanya merupakan anak yang bodoh. Padahal kebiasaan bertanya akan suatu hal merupakan indikasi bahwa anak tersebut mempunyai kecerdasan.

Kebiasaan bertanya yang dilakukan seorang anak yang cerdas dipicu oleh rasa ingin tahu akan hal tersebut, sehingga dengan menerima  jawaban atas apa yang ingin diketahuinya membuatnya semakin memahami dan mengerti hal tersebut.

Oleh alasannya itu sebagai orang renta atau guru anda jangan terlalu banyak menjelaskan namun pancinglah anak anda untuk bertanya dengan cara membangkitkan rasa ingin tahunya. Bagaimana cara membangkitkan rasa ingin tahu seorang anak? Praktis saja, cukup anda mengajukan pertanyaan kepadanya ihwal sesuatu secara umum, contohnya anda bertanya “anakku tahu nggak apa ini?” dengan bertanya menyerupai itu rasa ingin tahu anak akan semakin meningkat dan hasilnya ia akan mulai melontarkan pertanyaan.

6. Mampu berargumen (mengeluarkan pendapat)
Ciri-ciri anak yang berbakat atau cerdas yang lain ialah kemampuannya untuk berargumen sesuai dengn cara berpikirnya akan suatu hal. Pendapat yang disampaikan oleh anak yang cerdasa biasanya bersumber dari hasil analisa yang ia lakukan terhadap sesuatu, sehingga tidak jarang bukan kita mendengar anak yang dengan lugas mengungkapkan apa yang ia pikirkan dan rasakan. Dan hal tersebut merupakan indikasi bahwa anak tersebut mempunyai kecerdasan yang tinggi.

Maka dari itu sebagaiorang renta atau guru, anda jangan terlalu diktatorial terhadap anak. Berikan kesempatan kepada anak anda untuk mengungkapkan pendapatnya sendiri, karean hal tersebut bisa melatih anak untuk semakin fasih dan tidak aib untuk mengeluarkan isi pikirannya.

Dan sebaliknya tidak jarang bukan kita melihat anak yang tolong-menolong tahu akan suatu hal namun terkadang aib mengatakannya, dan bisa jadi kita sendiri, dikala masih kecil juga malu-malu untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan.

7. komunikatif
Ciri lain dari anak yang cerdas ialah kemampuan berkomunikasi yang baik. Anak yang cerdas, dalam menjelaskan sesuatu memaparkan dengan lebih sederhana sehingga orang yang diajak berkomunikasi dengan gampang mengerti apa yang anak tersebut maksud dan begitupun sebaliknya, anak yang cerdas bisa menangkap intisari dari hal yang dikomunikasikan kepadanya sehingga lebih cepat mengerti apa yang orang lain maksud.

8. Memiliki daya ingat yang kuat
Kemampuan untuk mengingat hal-hal yang pernah ia pelajari cukup baik, sehingga dikala guru ataupun orang tua, memcoba menanyakan hal tersebut dengan gampang ia bisa menjawabnya. Daya ingat yang tinggi yang dimiliki oleh anak yang cerdas menjadi kelebihan tersendiri, sehingga tak jarang anak yang cerdas dengan gampang bisa juara kelas.

Daya ingat yang tinggi yang dimiliki oleh anak yang cerdas bisa dimaksimalkan dengan makanan yang begizi dan menciptakan daya ingat anak semakin kuat, sehingga hasil yang bisa dicapai bisa menjadi lebih maksimal.

9. Fokus dalam melaksanakan sesuatu
Anak yang cerdas bisa fokus dalam melaksanakan hal, walaupun kondisi tolong-menolong tidak cukup baik atau tidak aman  namun anak yang cerdas tetap sanggup fokus, hal tersebut tak lepas dari kemampaun konsentrasi anak yang cerdas yang terbilang tinggi. Apalagi jikalau keadaan/kondisi cuku hening bersahabat, maka kemungkinan besar daya fokus dan konsentrasi anak yang cerdas semakin meningkat.

10. Memiliki kemampuan dalam bidang seni.
Pernahkan anda melihat anak yang gres mencar ilmu ssesuatu dalam bidang seni namun dengan cepatnya ia bisa memhami bahkan menggunakannya. Hal tersebut tak lepas dari talenta seni yang dimiliki anak yang cerdas. Makara jangan heran jikalau anak yang cerdas dengan cepat menguasai hal-hal yang berbau seni.

11. Suka berimajinasi
Walaupun daya imajinasi anak yang cerdas tidak sekuat daya imajinasi anak yang jenius, namun anak yang cerdas juga mempunyai kemampuan berimajinasi, contohnya saja dalam memikirkan hal-hal yang masih misterius baginya.

Demikianlah 11 Ciri-ciri anak yang cerdas, jadi apakah ciri-ciri di atas anda temukan pada anak atau murid anda? Jika iya, maka upayakan untuk mengakomodasi kemampuan anak tersebut semoga kecerdasan yang dimilikinya semakin meningkat.
Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon