Sunday, April 22, 2018

√ 9 Cara Jitu Dan Menyenangkan Mencar Ilmu Bahasa Inggris Secara Otodidak

9 Cara Jitu dan Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak _ Demi menguasai Bahasa Inggris, banyak orang yang rela menggelontorkan banyak dana. Cara yang ditempuh mulai dari mengikuti kelas kursus bahasa Inggris, mendatangkan guru privat Bahasa Inggris ke rumah, sampai belajar khusus dengan jaminan niscaya bisa speaking dalam waktu singkat, yang biayanya tidak mengecewakan menguras kantong.


Padahal, mempelajari bahasa Inggris bisa saja dilakukan secara otodidak. Tidak sedikit mereka yang pada jadinya menguasai bahasa Inggris dengan baik ialah mereka yang mempelajarinya sendiri secara konsisten, dan tentunya nyaris tanpa biaya! Lalu bagaimana cara mencar ilmu bahasa Inggris secara otodidak? Simak ulasannya berikut ini :

9 Cara Jitu dan Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

1. Tanpa niat yang kuat, mustahil Anda bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak
Niat ialah nyawa dari suatu usaha. Tanpa niat yang kuat, upaya apa pun tidak akan bertahan lama. Hasilnya, apa yang dicita-citakan akan gagal diraih. Begitu pun untuk mempelajari Bahasa Inggris. Step paling pertama, Anda harus mempunyai niat yang berpengaruh dulu sebagai pondasi Anda.

Bagaimana cara membangun niat yang kokoh, yang tidak hanya panas di awalnya saja? Ingatlah bahwa informasi dan teknologi dunia dikala ini disebarkan dalam bahasa Inggris. Bahasa dalam operating system, isu dunia terhangat, dan lain-lain secara umum dikuasai memakai bahasa Inggris.

Belum lagi dikala Anda akan mendaftar beasiswa atau melamar kerja di perusahaan yang kredibel, kemampuan Anda berbahasa Inggris menjadi salah satu poin yang bakal sangat dipertimbangkan.

Apalagi bila Anda bekerja di instansi pemerintah atau kementerian yang ada kalanya mendatangkan penyuluh atau usul khusus dari luar negeri. Kebisaan Anda mengaplikasikan bahasa Inggris secara mulut dan goresan pena dikala itu, sangat dibutuhkan.

2. Malas membaca? Jangan mimpi bisa menguasai Bahasa Inggris secara otodidak
Belajar bahasa Inggris secara belajar sendiri berarti Anda mencar ilmu bahasa Inggris tanpa ada guru yang menjelaskan penggunaan kata atau tata bahasa Inggris secara eksklusif kepada Anda.

Yang paling diandalkan dalam proses mencar ilmu bahasa Inggris ialah Anda sendiri. Maka, Anda harus pro aktif mencari informasi dan memahamkan diri wacana Bahasa Inggris. Dan salah satu jendela utamanya ialah dengan membaca.

Membaca disini bukan berarti Anda harus membaca artikel bahasa Inggris yang dipenuhi dengan kata-kata asing yang Anda sendiri belum mengerti. Tapi lebih pada membaca klarifikasi wacana penggunaan kata-kata dalam bahasa Inggris, berikut grammar-nya.

Anda patut bersyukur alasannya ialah untuk mendapat materi pelajaran sekarang super gampang. Selain lewat buku, Anda bisa mencar ilmu bahasa Inggris hanya dengan mengetik kata kunci di Google dan Anda pun akan mendapat aneka macam artikel saran untuk membantu Anda.

Anda tidak perlu terburu-buru untuk melahap semua pelajaran bahasa Inggris melalui teorinya. Pelan-pelan saja, mulai dari dasarnya menyerupai perkaya perbendaharaan kata (noun, verb, adjective, adverb), memahami penerapan tenses simple present, simple past, dan seterusnya. Setahap demi setahap.

Coba praktekkan ini : buat jadwal 1 cuilan pelajaran yang harus Anda kuasai dalam 1 minggu. Misal, ahad pertama Anda targetkan permantap Tenses Simple Present. Dalam sehari Anda membaca dan mempelajari topik tersebut sekurang-kurangnya 30 menit. Bisa Anda kerjakan di tengah istirahat kuliah atau kerja.

Atau kalau mau lebih anggun lagi pelajari sebelum Anda tidur malam. Karena beberapa dikala sebelum tidur ialah waktu paling baik untuk menyerap dan menyimpan pelajaran ke dalam otak.

Kalau Anda bisa dan punya waktu lebih lowong, Anda bisa menargetkan menguasai 2 cuilan dalam 1 minggu. Misalnya cuilan Tenses simple present plus simple past.

3. Labeli benda dengan nama bahasa Inggrisnya
Khusus untuk kata-kata benda, cara cepat dan fun untuk simpel menghapalnya ialah dengan melabeli benda tersebut dengan nama bahasa Inggrisnya. Anda bisa memakai kertas dan isolasi bening.
Misalnya, tempelkan nama “wardrobe” di lemari pakaian, “refrigerator” di lemari es, “drawer” di laci, “stove” di kompor, dll.

Cara ini lebih ampuh menciptakan Anda menghapal kata benda tanpa harus terlalu memeras otak. Dan terbukti lebih efektif dari menuliskan daftar puluhan kata bahasa Inggris berikut artinya di secarik kertas kemudian menghapalnya.

Tapi ingat, benda-benda yang layak Anda labeli ialah benda yang bukan sedang dan akan Anda kenakan. Anda tentu tidak mau dibilang absurd alasannya ialah label kata bahasa Inggris di pakaian yang Anda kenakan, kan?

4. Nonton film atau video berbahasa Inggris
Ini salah satu cara mencar ilmu bahasa Inggris secara belajar sendiri yang paling seru dan menyenangkan: Menonton film. Film yang Anda nonton bisa film berbahasa Inggris subtitle Indonesia, atau film berbahasa Indonesia subtitle Inggris.

Dalam proses mencar ilmu dengan menonton ini, Anda perlu buku catatan, pena, kamus (buku atau elektronik) dan remote control (jika menonton lewat TV) alasannya ialah Anda akan sering-sering menekan tombol pause film. Disarankan untuk memakai kamus elektronik menyerupai aplikasi kamus smartphone semoga pencarian kata lebih cepat.

Cara mencar ilmu dengan menonton ini pun sangat mudah. Untuk pemula, putarlah film berbahasa Indonesia ber-subtitle Inggris dulu. Sambil menikmati jalan dongeng film, pause film di part yang berdasarkan Anda penting untuk Anda ingat bahasa Inggrisnya.

Di buku catatan, tuliskan judul film. Saat menemukan kata baru, frasa, atau kalimat penting, catat beserta artinya. Cara ini akan menciptakan Anda lebih simpel mengingat kata atau istilah Bahasa Inggris alasannya ialah ingatan Anda berasosiasi pada film tertentu.

5. Speaking, dan jangan malas buka kamus dan googling
Untuk menguasai suatu bahasa, tentu saja harus memperkaya kosakata bahasa tersebut. Kamus ialah ensiklopedia kata. Buat Anda yang serius ingin mempelajari bahasa Inggris secara otodidak, aplikasi kamus ialah aplikasi wajib yang harus ada di handphone Anda. Installah aplikasi kamus yang lengkap dengan cara pengucapan dan bookmark untuk menyimpan kata.

Lalu bagaimana memanfaatkan kamus secara efektif? Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris wacana apa pun yang Anda pikirkan. Saat tersendat pada kata tertentu, segera cari bahasa Inggrisnya dalam aplikasi kamus. Hapalkan, lapalkan, dan simpan di bookmark semoga Anda sanggup dengan simpel menemukan kembali kata tersebut.

Dengan cara ini, Anda akan menambah kosakata dengan kata sehari-hari yang Anda butuhkan. Dan, bila menemukan kata atau istilah bahasa Inggris yang tidak Anda dapatkan maknanya dalam kamus, jangan enggan untuk mencarinya di google.

Ingat bahwa mencari kata di kamus atau dengan googling ini sangat simpel dan hanya membutuhkan waktu kurang dari semenit. Makara tidak ada alasan untuk malas melakukannya bila Anda ingin memperdalam bahasa Inggris Anda.

6. Dengarkan lagu bahasa Inggris, cari arti liriknya
Cara fun lain mencar ilmu bahasa Inggris selain dengan menonton film ialah dengan mendengar musik! Anda cukup mend0wnl0ad sejumlah lagu berbahasa Inggris favorit dan mencari lirik beserta arti liriknya.

Misalkan, lagu “Heal the World” Michael Jackson :
Heal the world (Sembuhkan dunia)
Make it a better place (Jadikanlah daerah yang lebih baik)
For you and for me and the entire human race (Untukmu dan untukku dan untuk seluruh umat manusia)
There are people dying (Ada banyak orang yang sekarat)
If you care enough for the living (Jika kau peduli pada kehidupan)
Make a better place (Buatlah daerah yang lebih baik)
For you and for me (Untukmu dan untukku)

Dengan metode ini, Anda akan mempelajari bahasa Inggris per kalimat atau per frase dan bukan per kata. Dimana cara ini juga sangat baik untuk menciptakan Anda mempelajari kalimat dalam Bahasa Inggris secara utuh, lengkap dengan grammar-nya.

Jika ingin lebih detail, Anda bisa mencari arti per kata yang belum Anda ketahui artinya dalam lirik tersebut. Lakukan cara ini sekurang-kurangnya 1 lagu per minggu.

7. Hapal minimal 1 kata gres per hari
Ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat bukan berarti Anda harus terburu-buru, dengan menghapal belasan atau puluhan kata per hari. Cukup beberapa kata atau 1 kata per hari saja sudah lumayan.

Kenapa? Karena otak kita butuh proses untuk menyimpan sebuah kata gres ke memori jangka panjang. Jika setiap hari kita memaksa otak untuk menghapal puluhan kata, Anda mungkin akan menghapalnya dikala itu, tapi sepekan atau sebulan kemudian Anda sudah lupa lagi.

Untuk meringankan kerja otak, Anda boleh menghapal 1 kata saja per hari. Misalkan, kata “furious” yang artinya “sangat marah”, kemudian gunakan dalam kalimat. Contohnya : “I am furious because you lie to me” (saya sangat murka alasannya ialah kau berbohong padaku)

Sediakan selembar kertas  untuk menulis daftar kata. Tulis kata, arti, berikut pola kalimatnya di kertas tersebut. Tempelkan di daerah yang simpel Anda lihat, contohnya di samping cermin atau di pintu lemari. Besoknya, tuliskan lagi 1 kata baru, dan seterusnya.

Dalam sebulan, Anda menghapal kurang lebih 30 kata baru. Dan itu sudah sangat lumayan, dibanding tidak menambah kosa kata apapun dalam sebulan, atau menghapal ratusan kata yang tidak bertahan dalam ingatan.

Cara ini selain efektif menambah kosakata Anda, juga lebih ringan dijalankan utamanya bagi Anda yang mempunyai kesibukan yang padat.

8. Manfaatkan medsos dan aplikasi chat
Sayang bila Anda hanya memakai media umum sebagai ajang bergaul secara online dan unjuk diri. Karena fungsi medsos bisa lebih dari itu.

Agar apa yang Anda hapal bisa lebih “nempel” di ingatan, Anda bisa memakai kata tersebut dalam kalimat kemudian posting sebagai status. Jika ragu, Anda boleh menanyakan benar tidaknya kalimat yang Anda buat ke sobat yang lebih paham bahasa Inggris.

Ingat, Andalah yang harus menciptakan kalimatnya, dan sobat Anda sisa mengoreksi. Bukan meminta sobat Anda menerjemahkan kalimat Anda itu ke Bahasa Inggris. Karena, kalimat bahasa Inggris yang Anda buat dengan perjuangan Anda sendiri akan lebih simpel Anda ingat, ketimbang hanya terima jadi dari sobat Anda.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung di lembaga atau grup mencar ilmu bahasa Inggris yang sudah banyak bertebaran di medsos. Tambahkan sobat dari negara lain juga bisa menjadi cara jitu memanfaatkan medsos sebagai media pembelajaran bahasa Inggris.

Yang harus Anda perhatikan, tetaplah berhati-hati dan selektif dikala menambahkan teman. Tambahkan sobat yang berdasarkan Anda bisa memberi dampak faktual bagi Anda.

Kunjungi grup dan beranikan diri memperlihatkan komentar dalam bahasa Inggris. Jangan khawatir bila grammar Anda belum mantap. Karena mungkin admin atau sobat akan mengoreksi, dan Anda pun akan mencar ilmu hal gres lagi. Anda bisa menjalankan metode ini di sela-sela kegiatan atau dikala bersantai.

9. Dan kuncinya ialah KONSISTEN
Poin terakhir yang merupakan kunci dari segala keberhasilan ialah “konsisten.” Tanpa konsistensi, segala upaya hanya akan setengah matang, tidak menemui sasaran yang diharapkan.

Salah satu trik jitu untuk bisa konsisten, pasang alarm di HP, yang disetel berulang tiap harinya. Misalkan, setiap jam 9 malam untuk menghapal dan menulis 1 kata baru. Atau setiap Sabtu jam 8 malam untuk mempelajari lirik lagu bahasa Inggris.

Jalankan schedule yang Anda buat secara konsisten, jangan anggap sebagai beban, tapi sebagai latihan menyenangkan untuk pencapaian yang memuaskan.

Oke, itu ia 9 cara jitu dan menyenangkan untuk mempelajari bahasa Inggris secara otodidak. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon