Friday, April 20, 2018

√ Wisata Menyelam Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Potensi wisata Indonesia sekarang sudah sangat bermacam-macam dan menjadi salah satu andalan pembangunan nasional. Kali ini aku akan bercerita sedikit wacana pengalaman mengunjungi wisata alam di Klaten yaitu Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan salah satu lokasi wisata yang sedang hits di Jawa Tengah khususnya Klaten dan Solo.

Tahun kemudian dikala aku pulang kampung ke Jogjakarta, aku bersama keluarga sempat mengunjungi kawasan ini alasannya penasaran. Kami bertiga berangkat dari Bantul memakai motor melalui jalur Ring Road hingga menuju arah Solo. Jarak dari Bantul sekitar 60an km, cukup jauh juga. Rute yang dilalui bantu-membantu cukup gampang dengan mengikuti jalan utama menuju Solo. Setelah melewati kota Klaten maka kami hingga melewati Terminal Penggung. Nah sempurna seberang terminal ada belokan ke arah kiri, kemudian kami belok melalui jalan desa dan sekitar 5 km kami hingga di Umbul Ponggok.
Kolam Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok ialah wisata bak pemandian yang konon sudah ada semenjak zaman Belanda. Lokasinya persis di samping jalan. Motor kemudian diparkir dan beli karcis masuk 5.000 rupiah. Jika mau snorkling atau menyelam maka harus bayar alat-alat 20.000 rupiah. Kolam Umbul Ponggok sangat jernih dan di bawahnya terdapat banyak sekali macam hiasan mulai dari becak hingga motor lho dan tentunya ikan-ikan manis berwarna-warni.

Untuk mendapat foto terbaik maka kau harus punya kamera underwater. Kedalaman bak air yang berasal dari mata air ini berkisar dari 1-2 m. Setiap simpulan pekan atau demam isu liburan tiba, wisata ini selalu dipadati pengunjung. Di dalam area Umbul Ponggok ini juga terdapat banyak sekali macam akomodasi pendukung lain menyerupai kantin dan kamar mandi. Dasar bak tersusun dari bebatuan alami. Jika kau ingin mengunjungi lokasi ini maka kau lebih baik tiba pagi hari supaya tidak terlalu banyak pengunjung dan tidak terlalu panas tentunya.  Kali kalian masih belum tahu lokasinya silahkan cari di google map aja niscaya ada. Gambar: disini
Wisata Snorkling Umbul Ponggok

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon