Wednesday, June 27, 2018

√ 7 Pembelajaran Yang Menyenangkan Bagi Siswa

7 Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa_ Mendesain suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa yaitu tanggung jawab seorang guru, pembelajaran yang menyenangkan sangat penting dalam proses pembelajaran biar siswa sanggup menikmati pembelajaran sekaligus berimplikasi pada tujuan pembelajaran yang sanggup tercapai secara maksimal. Agar tujuan dan bahan pembelajaran bisa dipahami siswa maka seorang guru dituntut untuk menyusun rancangan pembelajaran sesuai dengan tema pembelajaran yang akan diajarkan.

 Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa √ 7 Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa

Pembelajaran yang telah dirancang diaplikasikan dalam proses berguru yang diarahkan pada pembelajaran yang menyenangkan namun tetap menjaga suasana kelas yang aman hal ini biar tujuan pembelajaran dan kondisi pembelajaran yang menyenangkan kedua-duanya bisa tercapai.

Baca juga:

Namun kadang muncul pertanyaan dari guru bagaimana menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sekaligus tujuan pembelajaran bisa maksimal tercapai, untuk mewujudkan kedua hal tersebut tak lepas dari perencanaan pembelajaran yang matang, pemilihan model/metode/teknik yang sesuai dengan tema pembelajaran.

Hal yang perlu dihindari oleh guru yaitu penggunaan model/metode pembelajaran yang monoton alasannya yaitu hal ini bisa mengakibatkan kejenuhan dan kebosanan dalam diri siswa sehingga menciptakan tujuan pembelajaran tidak tercapai makasimal. Contohnya yaitu guru memakai model yang sama untuk semua mata pelajaran dan dengan tema yang berbeda, padahal itu tidaklah sempurna meskipun suatu model/metode cocok untuk suatu mata pelajaran dan tema pembelajaran namun belum tentu model/metode tersebut cocok untuk mata pelajaran yang lain, jadi guru harus mempunyai inisiatif dan pertimbangan tertentu dalam menerapkan model/metode dalam mengajar sehingga bisa menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan sekaligus bermakna.

Berikut sedikit ulasan 7 pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, baik pembelajaran yang menyenangkan yang bisa diterapkan di dalam kelas (indor) dan pembelajaran menyenangkan yang bisa diterapkan di luar ruangan.

7 Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa

1. Kerja kelompok
Karakter belum dewasa yang suka berkumpul dan menyebarkan dengan teman-temannya bisa dihadirkan dalam pembelajaran melalui metode kerja kelompok, melalui pembelajaran kerja kelompok setiap anak bisa saling menyebarkan dan bercengkrama dalam menuntaskan kiprah kelompok. Pembelajaran kelompok juga bisa menciptakan anak lebih hening dan tak terbebani dalam mengerjakan kiprah alasannya yaitu mereka bisa menyebarkan dan mencari jalan keluar secara gotong royong dalam menuntaskan tugasnya. Dengan kerja kelompok pembelajaran akan berlangsung menyenangkan namun syarat dengan nilai edukasi ibarat mengajarkan siswa perihal bagaimana bekerja sama, tanggung jawab, perilaku sosial, tolong menolong.

Namun guru yang ingin menerapkan metode kerja kelompok dalam pembelajaran biar tujuan pembelajaran bisa tercapai namun tetap menghadirkan suasana menyenangkan dalam pembelajaran sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti: jumlah anggota setiap kelompok, biasanya 3-4 orang dalam satu kelompok, anggota kelompok dibuat secara heterogen misalkan anak juara kelas satu kelompok dengan anak yang juara terakhir, anak orang kaya satu kelompok dengan anak kurang bisa dll hal ini bertujuan biar mereka bisa saling mengayomi dan melengkapi tanpa melihat latar belakang mereka masing-masing. Juga bisa menumbuhkan ikatan sosial emosional sehingga ketika mereka telah remaja selalu muncul rasa persaudaraan terhadap sesama tanpa melihat strata sosial.

2. Games (permainan)
Pribadi anak yang suka bermain bisa pula dihadirkan dalam pembelajaran melalui games atau permainan yang biasa disebut dengan “belajar sambil bermain”. Jika dalam pembelajaran dihadirkan beberapa games sudah niscaya pembelajaran akan sangat menyenaagkan bagi siswa. Untuk itu guru semestinya cermat dalam memilah dan menentukan games pembelajaran yang bisa menciptakan siswa merasa sangat menikmati pembelajaran sekaligus tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Games yang bisa diterapkan oleh guru misalkan dengan menerapkan metode talking stick, role playing, dan beberapa metode pembelajaran lainnya. Namun pada dasarnya dalam pembelajaran dengan metode berguru sambil bermain guru harus bisa memanejemen kondisi kelas alasannya yaitu biasanya dalam penerapan metode permainan dalam pembelajaran kelas akan lebih ribut dan eporia siswa agak susah dikendalikan jadi guru harus mendesain sedemikian rupa sehingga dalam penerapan metode games, pembelajaran tetap bisa dikontrol dan tujuan pembelajaran bisa tercapai.

3. Kompetisi (tantangan)
Dalam diri siswa biasanya terdapat beberapa motivasi yang mengarahkan setiap tingkah lakunya, dalam teori motivasi ada 3 jenis motivasi yakni motivasi berprestasi, motivasi bekerjasama dan motivasi berkuasa. Melalui pembelajaran yang menghadirkan suasana kompetisi misalkan lomba cerdas cermat, lomba tebak-tebakan, lomba menjawab soal akan memberi dorongan dalam diri siswa untuk menandakan segenap kemampuannya dan termotivasi untuk saling bersaing dengan satu sama lain.

Sudah bisa dipastikan pembelajaran dengan menghadirkan suasana kompetisi/tantangan yang kasatmata akan menciptakan pembelajaran bagi siswa sebagai hal yang menyenangkan dan menantang, serta siswa akan semakin berupaya meningkatkan kemampuannya biar bisa menjadi yang terbaik di dalam kelasnya.

4. Belajar Menemukan
Belajar menemukan atau biasanya disebut pembelajaran inquiry merupakan salah satu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Dalam berguru menemukan siswa akan diberi kode dan petunjuk dalam mengerjakan kiprah tertentu, biasanya pembelajaran menemukan bisa dilakukan secara kelompok maupun perorangan.

Sisi kasatmata dan meyenangkan berguru menemukan bagi siswa yaitu ketika mereka berhasil menuntaskan atau mengatasi problem dan kiprah yang diberikan guru sehingga muncul rasa kepuasan tersendiri dalam diri siswa, sehingga memunculkan persepsi berguru menemukan sebagai pembelajaran yang menyenangkan dan menantang serta memancing kemampuan berpikir kritis dan konstruktif siswa. Namun Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam berguru menemukan oleh guru yaitu dukungan kiprah harus proporsional dan bisa diselesaikan oleh siswa.

5. Pembelajaran luar ruangan (outdoor)
Salah satu hal yang bisa menciptakan siswa semakin mengapresiasi pembelajaran yaitu ketika mereka dihadapkan pada hal-hal gres yang tidak biasa ia jumpai sebelumnya, ibarat pergi berpetualang, camping atau mencari jenis-jenis flora tertentu diluar ruangan dengan ciri-ciri dan karakteristik yang telah disampaikan oleh gurunya. Dengan melaksanakan acara penjelajahan didaerah sekitar sekolah untuk mengerjakan tugas, siswa akan merasa lebih menikmati pembelajaran sehingga siswa memandang berguru sebagai suatu hal yang menyenangkan.

6. Pembelajaran berbasis pengalaman
Pembelajaran berbasis pengalaman yaitu sebuah pembelajaran yang mengkombinasikan antara pengalaman yang telah dialami siswa dengan pengalaman gres yang didapatkan ketika proses pembelajaran. Biasanya Pembelajaran berbasis pengalaman, mengupayakan bagaimana siswa mengaitkan pengalaman usang dengan pengalaman gres sehingga terbentuk sebuah chemistry dalam pengetahuan siswa. Dalam Pembelajaran berbasis pengalaman siswa bisa bercerita perihal pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari baik ketika bersama keluarga, di sekolah dan masyarakat. 

Sisi menyenangkan dalam Pembelajaran berbasis pengalaman dengan psikologis siswa alasannya yaitu pada umunnya siswa suka menceritakan banyak sekali pengalamannya sehingga melalui Pembelajaran berbasis pengalaman bisa menjadi wadah bagi siswa menuangkan segala kisah sehari-hari sekaligus menciptakan siswa merasa lebih rileks dalam mengikuti pembelajaran.

7. Pemecahan masalah
Dalam pembelajaran pemecahan problem siswa akan ditantang untuk berpikir kritis dan mengembangkan pemikiran yang dinamis. Karakteristik siswa yang selalu ingin tau dengan hal gres dan menantang menciptakan pembelajaran pemecahan problem akan menarik di mata siswa, sehingga siswa akan bersungguh-sungguh untuk mencari penyelesaian dari problem yang diberikan oleh guru.

Baca juga: Kode Diskon Ruang Guru

Demikianlah 7 pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, baik pembelajaran yang menyenangkan yang bisa diterapkan di dalam kelas (indor) dan pembelajaran menyenangkan yang bisa diterapkan di luar ruangan.

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon