Thursday, June 14, 2018

√ Bioma Hutan Gugur: Ciri, Tumbuhan Fauna Dan Sebarannya

Hutan gugur atau deciduous bisa ditemukan di pecahan timur Amerika Utara dan wilayah tengah daratan Eropa, serta sebagian kecil Asia terutama Jepang, Rusia barat daya dan Cina timur. Amerika selatan mempunyai dua area besar hutan gugur yaitu di pantai selatan Chile dan pantai timur dan tengah Paraguay. Australia dan Selandia gres juga mempunyai huta gugur. Baca juga: Tips mengatasi gugup dikala Ujian Nasional

Suhu tahunan hutan gugur yaitu 50⁰C dengan curah hujan rata-rata 30 - 60 inchi per tahun. Hutan gugur terbagi ke dalam empat zona yaitu:

1. Zona pohon kanopi merupakan zona pertama yang berisi pohon-pohon keras menyerupai Oak, basswood, maple, walnut, elm, karet elok dan beech. Zona ini dihuni pohon dengan tinggi antara 60 - 100 kaki.
2. Zona pohon kecil dan muda yaitu zona kedua. Ciri dari zona ini mempunyai pohon muda dan pendek.
3. Zona ketiga disebut zona semak belukar. Beberapa jenis semak di wilayah ini yaitu rhododendron, azalea dan huckleberry.
4. Zona keempat yaitu tumbuhan herbal. Zona ini berisi tumbuhan pendek menyerupai herbal-herbalan.
5. Zona terakhir yaitu zona Tanah yang berisi lumut-lumutan.
Bioma hutan gugur
Hutan gugur punya empat demam isu yang terang yaitu demam isu semi, panas, gugur dan dingin. Setiap demam isu akan mengeluarkan warna berbeda. Semi akan mekar kehijauan, panas akan mulai menguning dan merah, gugur akan mulai rontok dan hambar akan putih tertutup salju.

Hutan gugur mempunyai bulan terpanas pada Juli yang sanggup mencapai 38⁰C. Karena sebagian besar hujan turun di demam isu panas maka sanggup mencapai 40 cm lebih. Bulan Desember suhu sanggup mencapai 1⁰C. Selama demam isu hambar hujan tidak turun menyerupai demam isu panas. Suhu dan kelembaban sanggup berubah dalam satu hari, hitungan jam bahkan menit. 

Suhu di hutan gugur tidak banyak turun dari siang ke malam. Faktornya yaitu 60 - 80% hutan termasuk lembab dan membantu menetralkan suhu supaya tetap konstan. Selimut udara lembab mengisolasi hutan membantu menahan panas di malam hari. Di siang hari, isolator ini mencegah hutan supaya tidak terlalu cepat panas. Kaprikornus jikalau mau piknik ke hutan gugur anda tidak perlu khawatir perihal perubahan cuaca ekstrim.
Peta Bioma Hutan Gugur
Flora dan fauna di hutan gugur menyesuaikan diri dengan iklim dengan berhibernasi di demam isu hambar dan hidup di luar Tanah pada tiga demam isu selanjutnya. Hewan tersebut telah menyesuaikan dengan Tanah dan tumbuhan di sana. Pepohonan menyediakan tempat berlindung bagi hewan, sumber makanan dan air. Sebagian binatang berkamuflase supaya sesuai dengan warna Tanah. Contoh binatang di bioma hutan gugur diantaranya: rusa, tupai, salamander, ular, katak, serangga, berang-berang dan burung pelatuk.
Fauna hutan gugur: Tupai
Tumbuhan telah menyesuaikan diri dengan hutan dengan mengarah ke matahari. Banyak hutan gugur telah kehilangan lahan menjadi pertanian dan kota. Perburuan liar juga menjadi problem di bioma hutan gugur. Baca juga: Mengenal ekosistem air tawar

Tanah hutan gugur cenderung subur dan beberapa lokasi pertanian besar ditemukan di bioma ini. Inilah salah satu alasan mengapa tidak banyak hutan gugur orisinil yang tersisa di dunia. Hutan gugur tersebar di tempat iklim sedang diatas tropis. 
Baca juga:  
Ini beliau tips menghadapi Ujian Nasional top markotop
Perbedaan air tanah dalam dan air tanah dangkal

Gambar: pic2fly.com, brobcano.blogspot.com
carbonbrief.org

INFO HANGAT:
Bingung persiapan UN/SBMPTN?. Masih gak paham materi pelajaran di sekolah?. Gabung Quipper Video aja, dapatkan isyarat diskon 40% di artikel ini: Panduan Quipper Video
Sumber Video: https://www.youtube.com/watch?v=IAnPvn06Meo


Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon