Saturday, June 23, 2018

√ Kawah Ijen – Fenomena Api Biru / Blue Fire – Rute Pendakian Kawah Ijen

Fenomena Api Biru Yang Menakjubkan Dari Gunung Berapi


Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 sampai 04.00, di sekitar kawah sanggup dijumpai fenomena blue fire atau api biru. Blue fire merupakan keunikan kawasan ini, lantaran pemandangan alami ini hanya terjadi di 2 kawasan di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Fenomena api biru di gunung Kawah Ijen sangat menakjubkan.


Gunung berapi Kawah Ijen, yang berisi banyak uap welirang dan meludahkan gas welirang berwarna biru listrik yang indah!


Dari Kawah Ijen, kita sanggup melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen; di antaranya yaitu puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante dan sebagainya.


 


Fenomena Api Biru Yang Menakjubkan Dari Gunung Berapi √ Kawah Ijen – Fenomena Api Biru / Blue Fire – Rute Pendakian Kawah Ijen





Mengapa Gunung Berapi di Kawah Ijen Menyala Biru?


Cahaya biru itu, yang tak biasa ditemukan di gunung berapi, bukan disebabkan oleh lava itu sendiri. Tapi disebabkan pembakaran gas welirang yang kontak dengan udara pada suhu di atas 360°C. Cahaya gotong royong yaitu cahaya dari pembakaran gas welirang yang bereaksi dengan udara dan menyulut sehingga menjadi menyerupai sungai lava berwarna biru.


 


Fenomena Api Biru Yang Menakjubkan Dari Gunung Berapi √ Kawah Ijen – Fenomena Api Biru / Blue Fire – Rute Pendakian Kawah Ijen





Fotografer Olivier Grunewald Dan Blue Fire – Api Biru Di Gunung Kawah Ijen


Selama beberapa tahun, fotografer Olivier Grunewald yang berbasis di Paris telah mendokumentasikan gunung berapi Kawah Ijen di Indonesia, di mana cahaya biru biru yang menyilaukan sering terlihat mengalir menuruni gunung pada malam hari.


Api biru yang berpendar menghasilkan foto-foto dramatis, indah, bahkan surealis. Namun, bagi para penambang yang menghabiskan berbulan-bulan atau bertahun-tahun di Ijen, taruhan mereka yaitu nyawa. Mereka sanggup terkena penyakit  tenggorokan kronis dan paru-paru akut.


 


Fenomena Api Biru Yang Menakjubkan Dari Gunung Berapi √ Kawah Ijen – Fenomena Api Biru / Blue Fire – Rute Pendakian Kawah Ijen



Kawah Ijen


Kawah Ijen yaitu sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan maritim dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar.


Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 sampai 04.00, di sekitar kawah sanggup dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan kawasan ini, lantaran pemandangan alami ini hanya terjadi di dua kawasan di dunia yaitu Islandia dan Ijen.





Rute Pendakian Kawah Ijen




  • Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi, sanggup memakai kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di stasiun kereta api Karangasem kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari.




  • Dari Banyusari, perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding dengan menumpang truk pengangkut welirang atau memakai bus dan turun di Banyuwangi kota lalu naik ojek sanggup pribadi ke Paltuding atau ke Desa Banyusari juga sanggup namun dengan memakai bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal.




  • Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam).




  • Alternatif rute yaitu Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding. Fasilitas lain yang sanggup dinikmati oleh pengunjung antara lain pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen. Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km.




  • Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat lantaran menanjak. Sebagian besar jalur yaitu dengan kemiringan 25-35 derajat. Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki lantaran harus menahan berat tubuh biar tidak merosot ke belakang.




  • Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik lantaran mempunyai bentuk lingkaran), jalur selanjutnya relatif agak landai, namun wisatawan / pendaki disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.




 


Bacaan Lainnya






Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!



 


Sumber foto: Olivier Grunewald


Sumber bacaan: National GeographicInteresting EngineeringDaily Mail


          

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


 








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon