Tujuan dan Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini || Tujuan pendidikan secara umum ialah berbagi kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa (UU No. 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional). Adapun Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini ialah sebagai berikut: (1) Membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga mempunyai kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa. (2) Membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan mencar ilmu (akademik) di sekolah. (3) Intervensi dini dengan menunjukkan rangsangan sehingga sanggup menumbuhkan potensi-potensi yang tersembunyi yaitu dimensi perkembangan anak (bahasa, intelektual, emosi, sosial, motorik, konsep diri, minat, dan bakat). (4) Melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan potensi-potensi yang dimiliki seorang anak.
Menurut Wijana (2010), Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini terdiri dari fungsi adaptasi, fungsi sosialisasi, fungsi perkembangan, fungsi bermain dan fungsi ekonomik. Adapun penjelasannya ialah sebagai berikut:
- Fungsi adaptasi, berperan dalam membantu anak melaksanakan penyesuaian diri dengan banyak sekali kondisi lingkungan serta mengikuti keadaan dengan keadaan dalam dirinya sendiri.
- Fungsi sosialisasi, berperan dalam membantu anak supaya mempunyai ketrampilan-ketrampilan sosial yang berkhasiat dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari di mana anak berada.
- Fungsi pengembangan, berkaitan dengan pengembangan banyak sekali potensi yang dimiliki anak. Setiap unsur potensi yang dimiliki anak membutuhkan suatu situasi atau lingkungan yang sanggup menumbuh kembangkan potensi tersebut ke arah perkembangan yang optimal sehingga menjadi potensi yang bermanfaat bagi anak itu sendiri maupun lingkungannya.
- Fungsi bermain, berkaitan dengan pinjaman kesempatan pada anak untuk bermain, alasannya ialah pada hakikatnya bermain itu sendiri merupakan hak anak sepanjang rentang kehidupannya. Melalui acara bermain anak akan mengeksplorasi dunianya serta membangun pengetahuannya sendiri.
- Fungsi ekonomik, pendidikan yang berkala pada anak merupakan investasi jangka panjang yang sanggup menguntungkan pada setiap rentang perkembangan selanjutnya. Terlebih lagi investasi yang dilakukan berada pada masa keemasan (the golden age) yang akan menunjukkan laba berlipat ganda. Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan salah satu peletak dasar bagi perkembangan selanjutnya.
Sumber http://www.tozsugianto.com/
EmoticonEmoticon