Tuesday, September 25, 2018

√ Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips)

PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu suatu materi kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi, dan ekonomi. Puskur (Kasim, 2008:4). Geografi, sejarah, dan antropologi merupakan disiplin ilmu yang mempunyai keterpaduan yang tinggi.Pembelajaran geografi menunjukkan wawasan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa dengan wilayah-wilayah, sedangkan sejarah menunjukkan kebulatan wawasan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa dari banyak sekali priode.

Antropologi mencakup studi-studi komparatif yang berkenaan dengan nilai-nilai kepercayaan, struktur sosial, aktivitas-aktivitas ekonomi, organisasi politik, ekspresi-ekspresi dan spiritual, teknologi, dan benda-benda budaya dari budaya-budaya terpilih.Ilmu ekonomi tergolong kedalam ilmu-ilmu perihal kebijakan pada aktivitas-aktivitas yang berkenaan dengan pembuatan keputusan. Sosiologi merupakan ilmu-ilmu perihal prilaku menyerupai konsep tugas kelompok, institusi, proses interaksi dan kontrol sosial.

Kosasi Djahiri (Yaba, 2006:5) menyatakan bahwa IPS yaitu merupakan ilmu pengetahuan yang memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya serta kemudian diolah berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan dan didaktif untuk dijadikan acara pengajaran pada tingkat persekolahan.

Nursid Sumaatmadja (Supriatna, 2008:1) mengemukakan bahwa "Secara fundamental pengajaran IPS berkenaan dengan kehidupan insan yang melibatkan segala tingkah laris dan kebutuhannya”. IPS berkenaan dengan cara insan memakai perjuangan memenuhi kebutuhan materinya, memenuhi kebutuhan budayanya, kebutuhan kejiwaannya, pemanfaatan sumber yang ada dipermukaan bumi, mengatur kesejahteraan dan pemerintahannya, dan lain sebagainya yang mengatur serta mempertahankan kehidupan masyarakat manusia.

Sedangkan berdasarkan Leonard (Kasim, 2008:4) mengemukakan bahwa IPS menggambarkan interaksi individu atau kelompok dalam masyarakat baik dalam lingkungan mulai dari yang terkecil misalkan keluarga, tetangga, rukun tetangga atau rukun warga, desa / kelurahan, kecamatan, kabupaten, profinsi, Negara dan dunia.
Jadi sanggup disimpulkan bahwa pendidikan IPS yaitu disiplin-displin ilmu sosial ataupun integrasi dari banyak sekali cabang ilmu sosila menyerupai : sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, dan antropologi yang mempelajari masalah-masalah sosial.

A. Tujuan IPS
Mata pelajaran IPS disekolah dasar marupakan acara pengajaran yang bertujuan untuk membuatkan potensi akseptor didik supaya peka terhadap duduk kasus sosial yang terjadi dimasyarakat, memilki perilaku mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap duduk kasus yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat. Tujuan tersebut sanggup dicapai manakala program-program pelajaran IPS disekolah diorganisasikan secara baik.
Dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 tercantum bahwa tujuan IPS yaitu :
a. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
b. Memilki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
c. Memilki akad dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
d. Memilki kemampuan untuk berkomunikasi, berhubungan dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional dan global.
Sedangkan tujuan khusus pengajaran IPS disekolah sanggup dikelompokkan menjadi empat komponen yaitu:
a. Memberikan kepada Siswa pengetahuan perihal pengalaman insan dalam kehidupan bermasyarakat pada masa lalu, kini dan masaakan datang.
b. Menolong siswa untuk membuatkan keterampilan (skill) untuk mencari dan mengolah informasi.
c. Menolong siswa untuk membuatkan nilai / perilaku demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.
d. Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk mengambil bab / berperan serta dalam bermasyarakat.

B. Ruang Lingkup IPS
Pada ruang lingkup mata pelajaran IPS SD mencakup aspek-aspek sebagai berikut:
a. Manusia, kawasan dan lingkungan.
b. Waktu, keberlanjutan dan perubahan.
c. Sistem Sosial dan Budaya.
d. Perilku Ekonomi dan Kesehjahteraan.
PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)


Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)