Sunday, September 16, 2018

√ Pengertian Metode Eksperimen

PENGERTIAN METODE EKSPERIMEN 
Tamir (1991: 14) mengemukakan bahwa “metode eksperimen yaitu cara penyajian pelajaran, melalui percobaan-percobaan untuk menandakan sendiri sesuatu pertanyaan atau hipotesis tertentu”. Sementara Sumantri dan Permana (1999: 12) mengemukakan bahwa ”metode ekperimen sebagai cara belajar-mengajar yang melibatkan siswa dengan mengalami, menguji, menandakan sendiri proses dan hasil percobaan”.
Dari pengertian tersebut sanggup diidentifikasi tentang metode eksperimen, yaitu: 
1. Siswa sanggup berkreasi sesuai dengan kreatifitasnya, sekaligus sanggup menarik akibat sendiri dari hasil percobaannya. 
2. Adanya acara percobaan baik dengan bimbingan guru maupun tanpa bimbingan guru, 
3. Siswa aktif, manakala ada petunjuk yang terang wacana langkah-langkah apa yang harus ditempuh, 
4. Guru sanggup menilai acara proses dan hasil dengan objektif.
B. Kelebihan dan kekurangan metode eksperimen
Menurut Roestiyah (2001: 46) Metode eksperimen mempunyai kelebihan dan kekurangan antara lain sebagai berikut: 
Kelebihan: 
1. Melatih disiplin diri peserta didik melalui eksperimen yang di lakukannya terutama kaitannya dengan keterlibatan, ketelitian, ketekunan dalam melaksanakan eksperimen. 
2. Kesimpulan eksperimen lebih usang tersimpan dalam ingatan akseptor sebab eksperimen dilakukannya sendiri secara langsung. 
3. Peserta didik akan lebih memahami hakikat dari ilmu pengetahuan dan hakikat kebenaran secara langsung. 
4. Mengembangkan perilaku terbuka bagi akseptor didik. 
5. Metode ini melibatkan aktifitas dan kreatifitas akseptor didik secara eksklusif dalam pengajaran, sehingga mereka akan terhindar dari verbalisme. 
Kekurangan Metode Eksperimen 
1. Metode ini memakan waktu yang banyak, bila di terapkan dalam rangka pelajaran di sekolah, dia sanggup menyerap waktu pelajaran 
2.  Kebanyakan metode ini cocok untuk sains dan teknologi, kurang sempurna bila di terapkan pada pelajaran lain terutama bidang ilmu pengetahuan sosial. 
3. Pada hal-hal tertentu menyerupai pada eksperimen bahan-bahan kimia, kemungkinan menghadapi ancaman selalu ada. Dalam hal ini faktor keselamatan kerja perlu di perhitungkan.
C.  Karakteristik metode eksperimen 
Roestiyah (2001: 57) mengemukakan karakteristik dari metode eksperimen, yaitu: 
1. Metode untuk membelajarkan siswa dengan melaksanakan percobaan, pengamatan dan penarikan kesimpulan terhadap sesuatu yang sedang diuji kebenarannya, 
2. Metode yang dirancang untuk membuatkan pengetahuan siswa dalam membuatkan pengetahuan siswa dalam pembelajaran tertentu, 
3. Metode yang membantu siswa dalam pemrosesan isu yang aktif, sehingga membantu mereka dalam berguru akan mengikuti keadaan dengan lingkungannya, 
4. Metode yang mengarahkan siswa mempelajari lingkungan berguru sebagai suatu ekologi, dan 
5. Metode yang dipakai untuk memecahkan problem yang bersifat ilmiah
ARTIKEL TERKAIT : METODE DEMONSTRASI
PENGERTIAN METODE EKSPERIMEN

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)