Konsep pembelajaran terbaru terkait dengan implementasi Kurikulum 2013 yakni dimasukkannya beberapa unsur yang harus diintegrasikan dalam pembelajaran. hal tersebut dimaksudkan untuk membuat kondisi pembelajaran yang bisa menawarkan manfaat bagi siswa secara pribadi menyenangkan dan sekaligus bisa menunjang pencapaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Unsur-unsur yang diintegrasikan dalam pembelajaran tersebut adalah:
Silahkan Baca Juga;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep PPK dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Silahkan Baca Juga;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Memahami Pengertian dan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) - [klik di sini]
Unsur-unsur yang diintegrasikan dalam pembelajaran tersebut adalah:
- Penguatan Pendidikan Karakter (PPK); Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Literasi; Adalah kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali acara antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.
- Keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- HOTS yang merupakan kependekan dari Higher Order Thinking Skill atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Silahkan Baca Juga;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep PPK dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Silahkan Baca Juga;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Memahami Pengertian dan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) - [klik di sini]
Keterampilan kurun 21. Inilah yang bahwasanya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Sebenarnya kata ini tidak terlalu gres untuk kita. Di banyak sekali kesempatan, kita sudah sering mendengar beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, kurun di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan kurun 21 sangat penting, 4 C yakni jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Silahkan Baca Juha;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep 4C dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Silahkan Baca Juha;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep 4C dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yakni kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan penerima didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasimeruapakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Silahkan Baca Juga;
Buku Pegangan Pembelajaran HOTS SD Sekolah Menengah Pertama SMA/SMK - [klik di sini]
Mengenal Konsep HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Mengenal Konsep HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 - [klik di sini]
Untuk terlaksananya integrasi PPK, Literasi, 4C, dan HOTS pada Pembelajaran, dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harus muncul empat macam hal tersebut (PPK, Literasi, 4C, dan HOTS). Untuk itu diharapkan kreatifitas guru dalam “meramu”nya. Setelah guru bisa “meramu” RPP zaman now yang mengandung integrasi PPK, Literasi, 4C, dan HOTS dalam Pembelajaran, maka diharapkan kemampuan dan kepiawaian guru mengimplementasikan RPP dalam real pembelajaran di kelas.
Demikian sajian informasi mengenai Mengintegrasikan PPK Literasi, 4C, dan HOTS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 yang sanggup disajikan pada kesempatan ini.
Semoga Bermanfaat !!!
Sumber http://www.tozsugianto.com/
EmoticonEmoticon