
Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin menawarkan gosip mengenai Buku Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika kurikulum 2013 Tahun 2019.
lnformatika sebagai disiplin ilmu muncul diiringi dengan perkembangan cepat TIK yang lebih berorientasi kepada penggunaan perangkat. Selain penguasaan penggunaan aplikasidan petangkat TIK muatan lnformatika mengasah kemampuan berpikir kritis dilandasi sains informatika, untuk mencari solusi duduk kasus kompleks dan melaksanakan proses rekayasa dan desain.
lmplementasi mata pelajaran lnformatika tidak menghapus Bimbingan TIK, muatan yang dirancang pada bab TIK sanggup menjadi bab dari Bimbingan TIK dengan pelengkap muatan Berpikir Komputasional, Aspek Sosial dan Analisis Data.
Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum 2013 dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran (ICT for learning) yang terintegrasi pada semua mata pelajaran alasannya ialah pada hakikatnya, ketika ini semua acara kehidupan termasuk pembelajaran, berbasis TIK. Untuk mewujudkannya warga sekolah seyogyanya memahami dan menerapkan TIK dalam pelaksanaan acara di sekolah.
Sebagaimana diketahui Pada bulan Desember tahun 2018 yang lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengakomodasi kebijakan diselenggarakannya Informatika sebagai muatan pembelajaran pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan sebagai mata pelajaran (mapel) Informatika pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
Buku Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 ini berisi ketentuan wacana hal-hal sebagai berikut:
- Pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan informatika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD SMP Sekolah Menengan Atas SMK).
- Syarat implementasi.
- Muatan kurikulum Informatika.
- Mekanisme implementasi muatan/mapel Informatika di sekolah.
- Strategi implementasi.
Berdasarkan Buku Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 pada jenjang SD SMP Sekolah Menengan Atas SMK, Muatan/mapel Informatika berisi seperangkat KI (kompetensi inti) dan KD (kompetensi dasar) yang dirancang untuk menawarkan “bekal” keilmuan informatika kepada akseptor didik jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Bekal yang dimaksud meliputi beberapa kemampuan sebagai berikut.
- Berpikir, yaitu berpikir komputasional yang menjadi landasan dan prinsip pemecahan duduk kasus yang akan diselesaikan dengan sumbangan komputer.
- Berkarya dan terampil, yaitu kemampuan dalam memakai dan menghasilkan produk TIK serta berkomunikasi dan berkolaborasi di dunia digital dengan memanfaatkan sarana TIK.
- Berpengetahuan , yaitu kemampuan wacana keilmuan informatika yang meliputi lima area pengetahuan informatika yaitu Teknik Komputer, Jaringan Komputer/Internet, Analisis Data, Algoritme, dan Pemrograman, dan Dampak Sosial Informatika.
- Berkarakter, yaitu ber kemampuan dalam mendayagunakan teknologi untuk menunjang kehidupan dan berkomunikasi.
Download Pedoman Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013
Guru perlu merancang dan menerapkan proses pembelajaran yang menarik dan membumi, semoga akseptor didik sanggup hidup dengan selaras dalam dua dunia, yaitu dunia kasatmata dan dunia digital.Untuk itu, guru perlu menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi topik-topik keilmuan yang dilengkapi dan diperdalam dengan kasus-kasus yang sesuai konteks lokal dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Selengkapnya silahkan d0wnl0ad pada link berikut ini.
Demikianlah artikel tentang, Buku Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika kurikulum 2013 Tahun 2019. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Sumber http://www.ilmuguru.org
EmoticonEmoticon