Dalam bahasa awam, guru merupakan abreviasi dari "digugu" dan "ditiru" yang sanggup diartikan bahwa guru yaitu sosok insan yang bertugas mengajar dan mendidik sehingga apa yang diajarkannya harus bisa digugu atau dituruti oleh muridnya dan perilakunya harus bisa ditiru dalam kehidupan sehari-hari. Banyak pengertian guru yang dikemukakan oleh para andal berdasarkan sudut pandang masing-masing. Sedangkan, menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada Pasal 1 ayat 1; Guru yaitu pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Baca Juga;
Download Gratis RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI
Cara Download Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI
Dari pengertian itulah terkandung arti bahwa tugas utama guru profesional yaitu sebagai berikut:
Pertama, Guru sebagai Pendidik.
Ingat apa yang terlihat, terdengar dan terasa oleh siswa dari guru harusberfungsi sebagai contoh yang akan ditiru dan diamalkan oleh siswa, lantaran itu beri contoh baik buat siswa dalam segala kesempatan
Kedua, Guru sebagai Pengajar.
Pada posisi ini guru harus menyebabkan dirinya sebagai seorang professional dan mempunyai kompetensi sesuai dengan mata Pelajaran yang diajarkan, lantaran bagaimana mungkin sanggup melahirkan siswa yang mempunyai kompetensi kalau guru immpotensi
Ketiga, Guru sebagai Pembimbing.
Pada posisi ini seyogianya guru berada dibarisan depan untuk membimbing siswa kearah tujuan yang diharapkan. Karena itu guru harus pro aktif dalam memahami kondisi dan potensi yang dimiliki siswa.
Keempat, Guru sebagai Pengarah.
Arahkan siswa untuk sanggup membuatkan seluruh potensi dan kretifitas siswa kepada tujuan pembelajaran, rangsang siswa untuk bisa merespon dan melaksanakan sendiri apa yang seharusnya mereka lakukan.
Kelima, Guru sebagai Pelatih.
Pada posisi ini guru harus bisa menunjukkan latihan secara secara terukur dan terus menerus semoga apa yang menjadi sasaran pembelajaran tercapai
Keenam, Guru sebagai Penilai.
Menilai siswa berarti sebuah upaya untuk mengetahui apakah proses pembelajaran yang sudah dilakukan telah dilakukan secara efektif, lantaran itu lakukan acara penilaian ini secara teratur dan terukur.
Ketujuh, Guru sebagai Penilai Peserta Didik.
Itulah sebabnya seluruh rangkaian acara proses pembelajaran harus dilakukan kajian dan analisis. Dalam hal ini penilaian diarahkan kepada langsung penerima didik dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikapnya.
Baca Juga;
Download Gratis RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI
Cara Download Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI
Untuk mengakomodir dan mewujudkan tugas-tugas utama guru tersebut, ada beberapa langkah yang harus disiasati oleh guru yaitu :
- Buat perencaaan pembelajaran sesuai dengan tujuan
- Lakukan proses pembelajaran aktif, reaktif, pro aktif dan efektif.
- Lakukan Analisa respon dan balasan siswa
- Lakukan Evaluasi hasil pembelajaran secara teratur dan terukur
- Lakukan perbaikan penyajian dan perencaan pembelajaran berikutnya.
- Merencanakan Pembelajaran
- Melaksanakan Pembelajaran
- Menilai Pembelajaran
Semoga Bermanfaat !!!
Sumber http://www.tozsugianto.com/
EmoticonEmoticon