Sunday, March 3, 2019

√ Prinsip-Prinsip Penyusunan Rpp Kurikulum 2013

Pelaksanaan pembelajaran yang baik diawali dengan sebuah perencanaan yang matang. Yang dimaksud perencanaan yang matang yakni guru menciptakan persiapan mengajar yang disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP ini dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompok yang mengacu pada silabus yang telah fiks ditetapkan hasil pengembangan. Dalam persiapan ini, guru merancang pembelajaran dan menyediakan sumber mencar ilmu menyerupai sarana dan prasarana pembelajaran, alat peraga, bahan, media, sumber mencar ilmu lingkungan sosial dan alam, maupun sumber mencar ilmu lainnya, hendaknya memperhatikan: (1) kondisi, kebutuhan, kapasitas dan karakteristik sekolah dan masyarakatnya, dan (2) mengelola beban dan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dan pembelajaran tematik terpadu yang efektif dan berkualitas.

Untuk sanggup menyusun sebuah persiapan mengajar yang baik, guru harus memahami dan sanggup melakukan prinsip-rinsip penyusunan RPP. Prinsip-prinsip tersebut yakni sebagai berikut:
  1. Setiap RPP harus secara utuh memuat kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran serta membangun, mengembangkan, meningkatkan perilaku spiritual dan perilaku sosial.
  2. Satu RPP sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  3. Memperhatikan perbedaan individu siswa. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  4. Berpusat pada siswa. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada siswa untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, memakai banyak sekali pendekatan/model.
  5. Berbasis konteks yang menekankan pada proses pembelajaran yang menyebabkan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar.
  6. Berorientasi kekinian. Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
  7. Mengembangkan kemandirian belajar. Pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mencar ilmu secara mandiri.
  8. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran. RPP memuat rancangan aktivitas derma umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pembelajaran pengayaan dan remidi dilakukan sesudah penilaian terhadap hasil mencar ilmu siswa dilakukan.
  9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  10. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasidan komunikasisecara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
CARA PRAKTIS, silahkan PESAN RPP Kurikulum 2013 - [klik di sini]

Demikian hidangan informasi mengenai Prinsip-PrinsipPenyusunan RPP Kurikulum 2013 yang sanggup disampaikan dalam kesempatan ini.

Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!

No
Nama Perangkat
Action
1
Materi Diklat Kurikulum
2
Dokumen 1 Kurikulum
3
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4
Silabus Tematik dan Mata Pelajaran
5
Program Tahunan dan Semester
6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6
Buku Guru dan Buku Siswa
7
Penilaian Hasil Belajar
DOWNLOAD
8
Buku Kerja Guru

Semoga Bermanfaat !!!

Sumber http://www.tozsugianto.com/


EmoticonEmoticon