Saturday, March 2, 2019

√ Teknik Analisis Kompetensi Terhadap Kurikulum Untuk Merancang Pembelajaran Efektif

Setiap pembelajaran yang dilakukan sebelumnya telah direncanakan dengan baik biar mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Namun mungkin masih banyak yang belum sanggup mepraktekkan bahwa sebenarnya perencanaan terhadap pembelajaran tersebut hendaknya dilakukan semenjak jauh hari dengan melibatkan semua pihak di sekolah. Apa yang harus dilakukan sekolah ? Yaitu melaksanakan Analisis Kompetensi terhadap Kurikulum.
  1. Mengkaji Dokumen I Kurikulum mencakup kajian visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan pendidikan, alokasi waktu dan beban belajar, kalender pendidikan untuk merancang RPP yang proporsional sesuai dengan alokasi tersedia.
  2. Mengkaji Dokumen II Kurikulum yang berisi silabus. Silabus yaitu planning pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum. Kajian secara kontekstual, faktual dan nyata dilakukan untuk diperkaya, dilengkapi, diubahsuaikan atau ditata ulang secara kontekstual karakteristik tiap daerah, satuan pendidikan dan siswa.
  3. Menentukan dan menciptakan pemetaan beban berguru dan alokasi waktu untuk pembelajaran tematik terpadu, pendidikan agama dan kebijaksanaan pekerti, matematika dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk tiap minggu, semester dan satu tahun pelajaran.
  4. Materi pembelajaran dari silabus dirinci ke dalam materi-materi pembelajaran pada masing-masing RPP. Tujuannya biar keseluruhan materi dan kompetensi dasar terbagi habis ke RPP dalam satu semester atau satu tahun pembelajaran.
  5. Mengkaji buku guru untuk diperkaya, dilengkapi, diubahsuaikan atau ditata ulang secara kontekstual, faktual dan nyata sesuai kondisi, kebutuhan, potensi, situasi, sosial ekonomi dan budaya serta karakteristik siswa, satuan pendidikan dan daerah. Buku guru berisi pedoman yang memuat taktik pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran, dan evaluasi untuk setiap mata pelajaran dan/atau tema pembelajaran.
  6. Mengkaji buku teks pelajaran untuk siswa untuk diperkaya, dilengkapi, diubahsuaikan atau ditata ulang secara kontekstual, faktual dan nyata sesuai kondisi, kebutuhan, potensi, situasi, sosial ekonomi dan budaya serta karakteristik siswa, satuan pendidikan dan daerah. Buku siswa memuat planning pembelajaran berbasis aktivitas. Didalamnya memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini mengarahkan yang harus dilakukan siswa bersama guru untuk mencapai kompetensi tertentu, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, atau dihafal. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku acara yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan referensi kegiatan yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu. Guru diperlukan bisa membuatkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam buku guru, atau membuatkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  7. Menyusun RPP menyerupai yang sudah dijelaskan – (KLIK di SINI). Dan komplemen bahwa lampiran RPP harus terdapat: alat dan rubrik penilaian, materi ajar, lembar kerja, dan perangkat sumber belajar.
Demikian menu isu mengenai Teknik Analisis Kompetensi terhadap Kurikulum untuk Merancang Pembelajaran Efektif  yang sanggup disampaikan dalam kesempatan ini.

Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!

No
Nama Perangkat
Action
1
Materi Diklat Kurikulum
2
Dokumen 1 Kurikulum
3
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4
Silabus Tematik dan Mata Pelajaran
5
Program Tahunan dan Semester
6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6
Buku Guru dan Buku Siswa
7
Penilaian Hasil Belajar
DOWNLOAD
8
Buku Kerja Guru

Semoga Bermanfaat !!!

Sumber http://www.tozsugianto.com/


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)