Thursday, May 23, 2019

√ Mengenal Fitur Guru Pembelajar Moda Daring


LMS (Learning Manajemen Sistem) pada guru pembelajar moda daring (dalam jaringan) merupakan sistem yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran bagi penerima guru pembelajar moda daring. Dalam LMS (Learning Manajemen Sistem) guru pembelajar moda daring terdapat beberapa ikon fitur yang harus diketahui oleh penerima training Guru Pembelajar Moda Daring. Berikut yaitu fitur yang terdapat dalam LMS (Learning Manajemen Sistem) guru pembelajar moda daring :

1. Lesson
Lesson merupakan suatu akomodasi yang dipakai untuk memberikan konten dan atau variasi kegiatan pembelajaran pada Guru Pembelajar Moda Daring. Lesson pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring ini diberi nama “Kegiatan” dilanjutkan dengan nomor dari sesi dan urutan Kegiatannya (contoh: “Kegiatan 1.2” Artinya Sesi 1 Lesson ke-2 ). Dalam Lesson berisi perihal bahan pembelajaran yang terdiri dari teks dan gambar. Lesson juga bisa berisi quiz atau pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman penerima pada topik pembelajaran tertentu. 

2. Page
Page merupakan akomodasi yang terdapat pada Guru Pembelajar Moda Daring yang isinya ini berupa laman web yang sanggup menyajikan teks, gambar, suara, video, atau tautan web. Pada GP Daring, Page dipakai untuk menampilkan petunjuk atau pengantar pada setiap sesi. Pengantar sesi berisi kegiatan dan alur kegiatan sesi yang akan dilakukan penerima selama sesi tersebut. 

3. Book
Book merupakan suatu akomodasi yang terdapat pada Guru Pembelajar Moda Daring yang isinya berupa kegiatan melaksanakan penelaahan Bahan Bacaan atau instruksi. Book pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring diberi nama “Bahan Bacaan atau Instruksi”
Dalam Bahan Bacaan berisi perihal bahan pembelajaran yang terdiri dari teks dan gambar. Sedangkan pada kode berisi petunjuk untuk melaksanakan kegiatan.

4. Blog
Pada setiap sesi penerima Guru Pembelajar Moda Daring diharuskan untuk melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaluinya melalui blog. Pengampu dan mentor sanggup melihat blog penerima untuk mengetahui pemikiran, refleksi, dan pengalaman penerima pada sesi tersebut.

5. Forum
Forum merupakan kegiatan inti dalam sebuah sesi. Forum disediakan untuk melaksanakan diskusi antar penerima bahkan dengan mentor dan pengampu sebagafasilitatornya. Di dalam Forum penerima sanggup menjawab pertanyaan, mengungkapkan pendapat, dan menyebarkan pengalaman dengan penerima lain sehingga terbentuk sebuah pemahaman (konstruktivisme). Dalam kegiatan Guru Pembelajar Daring ini terdapat dua macam lembaga yang sanggup dipakai yaitu:
a. Forum Umum, dipakai untuk melaksanakan diskusi mengenai teknis dan akademis umum pada kursus yang sedang diambil
b. Forum Sesi, dipakai untuk melaksanakan diskusi mengenai topik yang diberikan pada setiap sesinya.

6. Chatting
Aktivitas lainnya dalam Guru Pembelajar Moda Daring yaitu chatting, chatting berfungsi sebagai ajang komunikasi eksklusif antara sesama penerima Guru Pembelajar dengan Mentor dan Pengampu.

7. Web Conference/Vikon
Pada Guru Pembelajar Moda Daring terdapat kegiatan untuk melaksanakan vikon/Web Conference (webcon). Web Conference dipakai untuk berkomunikasi antara pengampu (fasilitator) dengan kepala sekolah dan kepala sekolah lainnya dalam bentuk audio video melalui akomodasi website.

8. Messages
Dalam kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring, Messages (pesan) ini merupakan sebuah akomodasi untuk melaksanakan pengiriman pesan secara pribadi terhadap penerima lain, mentor ataupun pengampu.

9. Quiz
Fitur ini sanggup memuat banyak pertanyaan/pernyataan untuk mengukur kemampuan peserta. Pada GP Daring, fitur ini dimanfaatkan sebagai penilaian secara formatif dan sumatif. Quiz ini dipakai pada penilaian sumatif setiap sesi berupa tes sumatif sesi dan sumatif selesai pembelajaran berupa Tes Akhir. Tes Sumatif Sesi dan Tes Akhir sanggup dilakukan sejumlah 2 kali tes.

10. Questionnaire
Fitur ini sanggup memuat banyak sekali jenis pertanyaan/pernyataan untuk memperoleh data dari peserta, dan biasanya dimanfaatkan sebagai alat survey. Pada Guru Pembelajar moda Daring, Questionnaire dipakai sebagai alat untuk mengetahui reaksi penerima terhadap pembelajaran dan pelatihan, salah satu misalnya yaitu penilaian training yang dipakai untuk mengukur kebermanfaatan pembelajaran. 

11. E-portofolio
Pada moda daring, e-portofolio dipakai untuk menyimpan /mengunggah file tagihan penerima untuk sanggup diperiksa, dikomentari dan diberi umpan balik. Fitur ini juga dipakai oleh mentor untuk menyelidiki kelengkapan dan kualitas tagihan setiap peserta.

Demikian hidangan isu mengenai Fitur Guru Pembelajar Moda Daring yang sanggup penulis sampaikan. Semoga Bermanfaat !!!

Sumber http://www.tozsugianto.com/


EmoticonEmoticon