Tuesday, July 30, 2019

√ Soal Dan Balasan Pat/Ukk Semester 2 Mapel Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 8 Tahun 2019

Download Soal Siap dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun  √ Soal dan Jawaban PAT/UKK Semester 2 Mapel Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Tahun 2019

Download Soal Siap dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Jenjang SMP/MTS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019


Ilmuguru.org - Pada kesempatan kali ini IG (IlmuGuru) ingin memperlihatkan informasi mengenai Soal siap Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ujian Kenaikan Kelas (UKK) atau Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018/2019.


Penilaian Akhir Tahun (PAT) yakni serangkaian aktivitas penilaian yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana ketercapaian mencar ilmu santri/siswa selama satu tahun pelajaran, jenjang SMP maupun SMA.

Soal PAT/UKK ini Kami susun dari setiap Materi Pelajaran yang diberikan dalam setiap proses KBM di Kelas selama ini bersumber dari Buku Guru dan Siswa Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan HOTs, 4C, Literasi yang dibagikan Kemdikbud dalam bentuk Elektronik (BSE).

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana mencar ilmu bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) yang sebentar lagi akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ujian Kenaikan Kelas (UKK) atau Ujian Akhir Semester Genap.

Untuk Contoh soal PAT/UKK Kelas VIII (Delapan) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP/MTs Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Soal PAT/UKK ini bisa anda gunaka sebagai acuan dalam mencar ilmu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PAT/UKK Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab

Silahkan Download Soal Siap dan Kunci Jawaban PAT/UKK SMP/MTs Berikut ini

Isi Soal
1. Perasaan cemas dan resah banyak dialami oleh belum dewasa Indonesia menjelang Ujian Nasional. Ini dihentikan dibiarkan begitu saja, perlu ditindaklanjuti terutama oleh pihak-pihak terkait. Jangan hingga generasi penerus bangsa menjadi generasi pemurung bahkan hingga tahap stres hanya untuk menghadapi 4 mata pelajaran. Hal ini perlu adanya ramuan khusus biar siswa bisa lulus dengan nilai yang memuaskan dan siswa tetap tersenyum.
Gagasan utama paragraf di atas adalah….
A. Perasaan cemas dan resah menghadapi ujian nasional.
B. Perlu adanya tindak lanjut oleh pihak-pihak terkait.
C. Generasi penerus bangsa menjadi generasi pemurung.
D. Perlu adanya ramuan khusus.

2. Pernyataan yang jawabannya terdapat pada informasi di atas adalah….
A. Perlu ada bimbingan khusus untuk siswa kelas IX
B. Mata pelajaran ujian nasional sangat sulit.
C. Perasaan cemas dialami anak Indonesia menjelang ujian nasional
D. Semua siswa semua lulus ujian nasional

3. Pertanyaan yang jawabannya ada di informasi di atas adalah….
A. Apa yang dirasakan siswa menjelang ujian nasional?
B. Bagaimana persiapan siswa menjelang ujian nasional?
C. Berapa waktu yang dipakai untuk persiapan ujian nasional?
D. Siapa yang membimbing siswa dalam menghadapi ujian nasional?

9. Aksi kekerasan dan tawuran kini semakin marak dan memprihatinkan banyak sekali pihak. Untuk mencegah tindak kekerasan ini, banyak sekali kalangan mendesak perlunya komunikasi di kalangan masyarakat dan juga penanaman nilai–nilai agama dan keimanan secara terus–menerus. Pengasuh pondok pesantren Al Itishom, Marzuki Arman Abdul mengutarakan agresi kekerasan dan tawuran sanggup dihindari jikalau pendidikan agama dan nilai keimanan ditanamkan semenjak dini pada anak – anak.
Tanggapan yang sempurna terhadap informasi tersebut adalah...
A. Aksi kekerasan dan tawuran sebaiknya ditindak dengan aturan secara tegas. Penanaman nilai – nilai agama tidak berperan banyak kalau aturan tidak tegak.
B. Aksi kekerasan dan tawuran sanggup dicegah dengan pendidikan agama dan nilai keimanan yang dilakukan bukan hanya di sekolah saja, tetapi di rumah dan masyarakat.
C. Pendidikan agama tidak ada artinya kalau anak – anak itu tidak mau menyadari kelemahan dirinya.
D. Cara yang sempurna untuk mengatasi tawuran yakni dengan memperbanyak jam pelajaran PPKn.

10. Kalimat yang santun dalam memberikan penolakan adalah….
A. Pendapat Anda menyimpang dari tema.
B. Saya sangat tidak baiklah dengan pendapat Saudara alasannya tidak disertai dengan bukti yang kuat.
C. Usulmu baik tetapi tidak bermutu.
D. Saya sangat memahami pendapat Anda. Namun hal itu belum bisa dilakukan sekarang.
11. Susunan program :

14. Hal-hal yang perlu kita perhatikan untuk memilih masalah/informasi untuk materi diskusi adalah….
A. Bahan diskusi hendaknya materi yang sulit sehingga menarik.
B. Bahan diskusi hendaknya diubahsuaikan dengan kemampuan siswa dan menarik.
C. Bahan diskusi yang mengandung konflik yang hangat.
D. Bahan diskusi yang mendorong siswa sanggup berdebat.

28. Bel tanda masuk kelas telah terdengar. Anak – anak berbaris di depan kelasnya masing – masing. Iwan yang biasanya suka mengganggu temannya, kali ini tidak berangasan untuk meributkan suasana. Mata Iwan memandang ke arah ruang guru. Ia berharap Ibu Nani segera keluar dari kantor membawa setumpuk buku.
Konflik yang terjadi dalam kepingan dongeng tersebut adalah...
A. Kebiasaan Iwan yang suka mengganggu temannya
B. Kegelisahan Iwan menanti gurunya
C. Kedatangan Ibu Nani yang dinantikan – tunggu
D. Keadaan kelas yang tertib dan berbaris rapi

32. Konflik yang terdapat dalam kepingan kutipan novel di atas adalah….
A. konflik fisik dalam diri tokoh
B. konflik batin tokoh dengan calon mertuanya
C. konflik tokoh dengan pekerjaan guru
D. konflik batin tokoh dengan calon orang tuanya

35. Di daerah inilah terjadi kejadian yang menyesatkan. Namun, Monang bertanggung jawab dan akan mengawininya. Dan kenyataan lain. Ibu Monang telah menjodohkannya dengan gadis Batak pilihan ibunya. Monang sendiri tidak bisa menolaknya. Dia kawin dengan gadis pilihan ibunya. Sementara itu janin yang dikandung Monen mengalami kelainan, bayi itu akan lahir cacat.
(Raumanen, karya Mariane Katoppo)
Tema novel di atas adalah…
A. kawin paksa
B. perkawinan yang diinginkan
C. perkawinan alasannya cinta
D. kawin alasannya harta benda

36. Unsur adab yang terdapat dalam kepingan novel di atas adalah….
A. Monang bertanggung jawab dan akan mengawininya
B. Ibu Monang telah menjodohkannya dengan gadis Batak
C. bayi Monen mengalami kelainan
D. bayi Monen akan lahir cacat

Demikianlah artikel tentang, Soal Siap PAT/UKK Bahasa Indonesia Jenjang SMP/MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat Belajar, Salam Sukses...!!!
Sumber http://www.ilmuguru.org


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)