Thursday, May 7, 2020

√ Fungsi Dan Fitur Orangehrm

Fungsi dan fitur OrangeHRM


Pengertian Orange HRM :
 Adalah suatu aplikasi yang  mengarah pada Human Resource Management (HRM) atau suatu aplikasi yang berfungsi sebagai pengelola manajemen sumber daya pada suatu perusahaan. Dan juga yakni suatu sistem informasi sumber daya yang free atau bebas dipakai yang berbasis web dan open source. Di dalam OrangeHRM juga terdapat kelengkapan modul yang sanggup membantu dikala pengopersian aplikasi OrangeHRM. OrangeHRM ini sangat cocok dipakai untuk perusahaan kelas menengah ke bawah alasannya yakni sanggup mengelola sumber daya insan dengan baik dan dari segi harga murah juga berbasis web yang sanggup gampang untuk diakses sewaktu – waktu.
OrangeHRM juga yang paling terkenal dan dipakai software open source manajemen sumber daya manusia. Sumber terbuka OrangeHRM produknya meliputi aneka macam modul yang menyediakan manajemen informasi pribadi (PIM), pelayan berdikari karyawan (ESS), manajemen cuti, waktu dan kehadiran (PTO), penilaian kinerja dan perekrutan dan semua itu tanpa biaya. OrangeHRM sedang dipakai oleh lebih dari satu juta pengguna di seluruh dunia, sementara perusahaan multinasional besar  telah memakai versi open source dan diubahsuaikan sistem untuk memenuhi standar manajemen sumber daya insan mereka.

Fitur – fitur yang terdapat dalam OrangeHRM yaitu
Informasi Perusahaan
Dalam fitur ini membahas perihal misalnya pengisian data-data untuk perusahaan atau juga sanggup di contohkan menyerupai : ( nama perusahaan, alamat, email, lokasi, telepon, lokasi kantor cabang dan lain-lain).

Struktur Organisasi
Di dalam fitur struktur organisasi ini OrangeHRM memiliki akomodasi untuk pembentukan struktur organisasi suatu perusahaan atau perkantoran sehingga suatu karyawan akan memiliki jabatan dan pekerjaan tertentu, dan juga termasuk dalam honor masing-masing karyawan yang berdasarkan jabatan dan pekerjaan.

 Administrasi Data Karyawan
OrangeHRM memiliki fitur manajemen data karyawan yang di dalamnya terdapat data data individu karyawan mulai dari nama, alamat, nomor telpon, jenis kelamin, tanggal lahir , foto, riwayat, karir, dan lain-lain. Dan juga sanggup dilampirkan data suplemen dalam masing-masing file yang ada dalam data karyawan.

 Absensi Karyawan
Absensi karyawan ini berfungsi untuk mengelola daftar hadir karyawan setiap harinya dan di dalam fitur ini juga terdapat penjadwalan aktivitas kerja karyawan yang di monitori oleh administrator atau atasan karyawan.

 Pengelola Cuti
Pengelola cuti ini juga terdapat dalam OrangHRM. Misalkan pengajuan cuti, penghapusan cuti, pengambilan cuti, sisa cuti ataupun perhitungan dari sisa cuti yang telah di ambil oleh karayawan suatu perusahaan tertentu.

Jaminan Sosial
Jaminan Sosial ini juga ikut melengkapi dari fitur OrangHRM yaitu yang berfungsi sebagai pengelolaan jamsostek untuk karyawan perusahaan. Juga bentuk-bentuk benefit yang sanggup dipakai oleh karyawan lain dan dikonfigurasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Rekruitmen
Di dalam fitur ini yaitu untuk memberi informasi lowongan pekerjaan bagi semua orang pada dikala perusahaan membutuhkan karyawan baru. Mnafaat dari fitur ini juga terdapat dari pelamar pekerjaan dengan seorang manajer alasannya yakni kalau dikala ada seorang yang melamar pekerjaan maka akan ada pemberitahuan di email manajer. Sehingga manajer sanggup eksklusif memilih agenda interview atau persyarata-persyaratan sesuai kebutuhan prosedure perusahaan. Kemudian pelamar pun akan mendapat email akhir dari administrator perusahaan yang di dalamnya berisi informasi untuk calon karyawan.

Pembuatan Laporan dan Pencarian Data
Berfungsi untuk menciptakan laporan karayawan sesuai dengan field data yang dikehendaki sesuai dengan keperluan masing-masing karyawan. Dan juga terdapat fitur untuk pencarian karyawan dengan cepat yang sanggup memakai dengan ID_karyawan, nama_karyawan ataupun jabatan.

Entri data oleh semua orang dengan otorisasi terkendali
Dalam fitur ini sanggup dilakukan dengan mengisikan data yang akan di inputkan ke dalam data-data perusahaan. Dalam proses penginputan terdapat tiga batas dan wewenang masing-masing atau juga sanggup disebut dengan hak akses. Wewenang dan batas yaitu menyerupai di bawah ini :
Administrator System (Admin User)
Yaitu orang yang menduduki otorisasi paling tinggi sehingga beliau sanggup merubah semua data atau system yang ada dalam perusahaan tersebut. Biasanya jabatan ini diduduki oleh seorang manajer perusahaan.
Admin User Group
Dalam admin user group ini hanya sanggup menginputkan data-data tertentu dari sebuah sistem atau misalnya suatu supervisor yang bertugas dalam absensi, cuti, jadwal, pekerjaan dll.
Employee Self Service
Fitur ini memungkinkan karyawan dalam mengisikan data sebatas wewenang karyawan tersebut. Hal yang lain yang sanggup dilakukan oleh karyawan dalam fitur ini yaitu sanggup menciptakan pengajuan cuti, penghapusan cuti, pembuatan agenda mingguan dan lain-lain.

Di dalam OrangeHRM juga terdapat sebuah tumpuan modul-modul yang berdasarkan arsitektur modular yaitu :
1. Modul admin
2. Modul PIM
3. Modul ESS(Employee Self Service)
4. Modul Cuti (Leave Module)
5. Modul Waktu Kerja (Time Module)
6. Modul Laporan (Report Module)
7. Modul Pelacak BUG (Bug Tracking Module)
8. Modul Rekrutmen (Recruitment Module)

Kelebihan OrangHRM deibandingkan dengan Reosurce Management lain :
1. Dapat dipakai dengan operating system Windows dan Linux.
2. Fitur yang ada dalam OrangeHRM sanggup dibliang lebih lengkap dan sanggup memudahkan penggunaan dengan lebih efisien.
3. Terdapat modul modul yang berfungsi untuk membantu dan memudahkan cara kerja dari OrangeHRM.
4. Aplikasi OrangeHRM ini bersifat open source.
5. Dalam memakai OrangeHRM tidak perlu mengeluarkan atau menguras banyak biaya alasannya yakni aplikasi ini gratis.
  


Sumber http://www.warunginter.net/


EmoticonEmoticon