Tuesday, December 27, 2016

√ Cara Gampang Mengatasi Error Uuid Already Exist Di Virtualbox


Cara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox | Penggunaan Virtual Machine dalam dunia teknologi komputer ketika ini tidak dipungkiri menjadi suatu pemecahan dilema menyiasati keterbatasan infrastruktur dan sebagai alternatif penyederhanaan sumberdaya perangkat supaya lebih praktis. VirtualBox menjadi pilihan kebanyakan pengguna sebab gratis dan gampang digunakan. Sesuai dengan namanya VirtualBox merupakan mesin virtual yang digunakan untuk instalasi mesin/komputer guest pada komputer induk atau host.


Penggunaan VirtualBox di Indonesia belakangan ini sangat marak, terutama di dunia pendidikan. Computer Based Test (CBT), yakni sebuah platform salah satu jenis model evaluasi yang memakai media komputer atau gadget dalam pelaksanaan tes atau ujian. Model tersebut merupakan sebuah penemuan dari model sebelumnya yang memakai kertas sebagai media pelaksanaan tes atau Paper Based Test (PBT).


Aplikasi CBT biasanya berupa Virtual Hardisk (VHD) merupakan File Master yang gampang didistribusikan dari satu komputer ke komputer lain berisi paket Operating System yang disertai aplikasi tertentu untuk menjalankan CBT-nya. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) memakai VHD dengan sistem operasi windows telah digunakan bertahun-tahun untuk pelaksanaan Ujian Nasional di tingkat Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Sistem Operasi lain selain windows pun sekarang telah banyak digunakan sebagai operating system server CBT. Debian, Ubuntu, Centos, dan FreeBSD yakni contoh-contoh selain windows yang dapat digunakan sebagai operating system server CBT. Untuk aplikasi CBT yang paling umum digunakan pelaksanaan CBT di Indonesia yakni Moodle, WokaCBT dan BeeSmart.


Baca Juga : Download VHD Moodle 3.4.1+ On Debian 9 With Nginx – PHP7.2 FPM – MariaDB


Penggunaan dan pemakaian VHD yang berasal dari induk atau master yang sama dari satu acara ke acara lainnya seringkali dilakukan. Contohnya VHD Simulasi 3 dan simulasi 2 UNBK memakai master VHD dari simulasi 1 UNBK. Pada ketika pemasangan VHD di seringkali muncul Error UUID Already Exist di VirtualBox, menyerupai gambar di bawah ini.Cara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox √ Cara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox


Kenapa muncul Error UUID Already Exist di VirtualBox ? Pesan error ini muncul sebab di virtualbox tidak menghendaki lebih dari satu UUID yang sama terpasang di dalamnya. UUID (universally unique identifiers) yakni nomer unik yang dimiliki oleh master OS di mesin virtual. Kalau berasal dari master VHD yang sama walaupun sudah kita lakukan perubahan di dalamnya maka akan tetap terbaca serial atau UUID yang sama. Untuk mengatasi hal ini, ada dua pilihan cara yang dapat kita lakukan :


  1. Mengahapus Virtual Machine Lama di Virtualbox

  2. Mengubah Serial atau UUID VHD yang akan dipasang

Untuk lebih jelasnya bagaimana Cara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox memakai 2 cara tersebut di atas, begini penjelasannya :


1. Menghapus Virtual Machine Lama di VirtualBox


Dengan menghapus Virtual Machine Lama di virtualbox akan mengatasi bentrok 2 UUID yang sama. Untuk melaksanakan hal ini caranya mudah, cukup klik kanan pada VM yang akan dihapus. Pilih hapus, maka akan muncul notifikasi menyerupai ini Cara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox √ Cara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox


Hati-hati dalam menghapus VM. Ada dua opsi hapus, Hapus semua berkas atau Hanya hapus . Jika kita mengharapkan hanya menghapus VM-nya tanpa menghapus File VHD, maka pilihHanya hapus , tapi kalau kita sudah tidak membutuhkan file VHD sebelumnya, maka pilih Hapus semua berkas. 


2. Mengubah Serial atau UUID VHD yang akan dipasang


Agar file VHD VM yang gres UUID-nya berbeda dengan file VHD lama, perlu dilakukan pengubahan UUID yang baru, caranya :


  1. Buka command prompt (ketik cmd di hidangan search di taskbar pojok kiri bawah)

  2. Ketikkan (atau copy/paste dengan klik kanan) di command prompt perintah berikut ini :
     cd C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\

    kemudian tekan enter sehingga command prompt menjadi menyerupai iniCara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox √ Cara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox


  3. Ketikkan (atau copy/paste dengan klik kanan) di command prompt perintah berikut ini :
    VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid “letakfilevhd” 

    letakfilevhd adalah posisi dimana daerah meletakkan file VHD. Misalnya jikalau file VHD memililiki path atau letak di D:\VirtualBox Data\Salinan vhd simulasi 2019\vhd simulasi 2019\VHD SIMULASI 2 UNBK 2019.vhd maka yang diketikkan adalah


    VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid “D:\VirtualBox Data\Salinan vhd simulasi 2019\vhd simulasi 2019\VHD SIMULASI 2 UNBK 2019.vhd”

    selanjutnya tekan enter


  4. Jika muncul UUID changed to : bla bla bla…., menyerupai gambar di atas maka UUID file VHD yang akan dipasang di virtualBox sudah berubah dan berbeda dari file induknya.

  5. Selesai

Mudah bukan, dengan mengetahui hal tersebut kita tidak akan dipusingkan lagi error atau kesalahan ketika memasang VM akhir UUID yang sudah ada sebelumnya ketika memakai virtualbox. Cara ini juga dapat digunakan untuk menciptakan beberapa file file turunan yang berasal dari satu master VHD yang sama. Misalnya saja kita buat file master VHD dengan OS Debian. Dari File tersebut misalnyakita akan menciptakan dua VM gres yaitu WordPress on Debian dan Moodle On Debian. Maka kita tinggal copy saja dari master VHD OS Debian lalu kita rubah UUID-nya dengan cara di atas. Terima kasih telah membaca goresan pena ini tentang Cara Praktis Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox , semoga bermanfaat.



Sumber acikandzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon