Thursday, December 29, 2016

√ Soal, Kunci Dan Pembahasan Un Bahasa Indonesia Sma 2018


Soal, Kunci dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas 2018Ujian Nasional sudah di depan mata, pemerintah melalui Badan Standarisasi Nasional Pendidikan  (BNSP) telah menerbitkan POS (Prosedur Operasi Standar) Ujian Nasional beberapa waktu yang lalu. Pada POS tersebut telah dijelaskan banyak sekali macam regulasi perihal pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019 mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama hingga dengan SMA. Kunci dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas  √ Soal, Kunci dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas 2018


Pada POS UN tersebut disebutkan bahwa pelaksanaan UN ada dua pilihan sistem, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Pelaksanaan Ujian Nasional jenjang Sekolah Menengan Atas akan dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan Senin tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Nah dengan waktu tersebut sangat dibutuhkan kosentrasi mencar ilmu untuk kesiapan menghadapi soal-soal pada tiap mata pelajaran UN yang dihadapi nanti.


Untuk membantu mempersiapkan diri menghadapi soal-soal Ujian Nasional Sekolah Menengan Atas berikut ini kami akan menyajikan Soal, Kunci dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas 2018 . Pada serpihan pertama disajikan butir soal dan kunci soal UN Bahasa Indonesia tahun 2018 sejumlah 50 soal sesuai dengan soal orisinil Ujian Nasional sebenarnya. Pada serpihan kedua disajikan tips dan trik pembahasan soal sulit bahasa Indonesia.


Soal dan Kunci UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas tahun 2018



































No.Butir SoalKunci
1. Cermati kutipan berikut!

Setelah hingga di halaman, pengantin dibawa orang masuk. Dari bilik tengah yang dihiasi dengan indah, semerbak bau yang harum. Sesudah diadakan program “membuka pintu” yaitu dengan lagu-lagu yang nyaring tinggi, yang berbalas-balasan dari pihak yang tiba dan yang menanti, maka pintupun dibuka. Saat itu pengantin perempuan diangkatlah beliau oleh perempuan bau tanah yang menjaganya, kemudian keduanya didudukkan bersanding di atas puadai. Semua memuji-muji pengantin sebab keduanya didudukkan sebanding benar, sebagai cincin dan permatanya.


Kalimat resensi yang memperlihatkan keunggulan sesuai dengan kutipan termasuk adalah….


  1. Sesuatu hal biasa ialah kawasan duduk untuk pengantin niscaya akan dihias dengan sangat indahnya.

  2. Acara “buka pintu” ialah suatu program adat budaya yang dimiliki beberapa suku di Indonesia di Indonesia untuk perkawinan.

  3. Dalam program adat perkawinan, pengantin perempuan biasanya didampingi seorang perempuan bau tanah sebagai penjaganya.

  4. Hal yang menarik ialah pengarang mengangkat budaya perkawinaan yang memakai program “buka pintu”.

  5. Akan lebih menarik bila dalam dongeng ini pengarang juga menampilkan kutipan syair atau pantu “buka pintu”.

D
2.Lebih tidak lezat lagi kalau orang itu ialah Parmin. Tukang kebun yang rajin dan tak banyak cakap itu. Yang kerjanya cekatan, dengan wajah yang senantiasa memancarkan kesabaran. Tak pernah kedapatan sedikit saja membayang kemarahan pada wajah itu. Namun, tertawa berkepanjangan pun jarang lepas dari mulutnya. Senyum, itu saja. Senyum yang bisa muncul pada banyak kesempatan. Saat ia bicara. Saai ia mendapatkan tugas, mendapatkan gaji. Juga ketika Mami memberi tahu bahwa honor akan dibayarkan terlambat.

Pendeskripsian tabiat tokoh Parmin yang penyabar dalam kutipan cerpen tersebut diungkapkan melalui ….


  1. Gambaran fisik tokoh

  2. Tingkah laris tokoh

  3. Tanggapan tokoh lain

  4. Uraian pengarang

  5. Suasana sekitar tokoh

B
3.Pembuktian latar suasana kekaguman dalam kutipan cerpen tersebut ialah …
  1. Parmin tukang kebun yang rajin dan pendiam.

  2. Parmin selalu tersenyum di setiap kesempatan.

  3. Parmin tidak pernah tertawa berkepanjangan.

  4. Parmin tidak murka pembayaran gajinya terlambat.

  5. Parmin mendapatkan kiprah sekaligus pembayarannya.

B
4.Cermatilah kutipan cerpen berikut

Satu jam berlalu, kami bengong dan terhanyut dalan angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi ketika ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi saya yakin bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan hambaNya. Namun, Ranti istriku, tetap ngotot dan terus menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, saya berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan hanya mondar-mandir, Mas, cepat cari jalankeluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula masalah ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman, sebab kalau hujan hujan turun dengan lebat takutnya rumah ini akan rubuh.”


Konflik dalam kutipan tersebut adalah….


  1. saling gotot tidak mau mengalah

  2. istri yang tidak sabar

  3. sulit mencari jalan keluar

  4. butuh pinjaman uang

  5. suami mengalah pada keadaan

B
5.Cermatilah kutipan cerpen berikut

Satu jam berlalu, kami bengong dan terhanyut dalan angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi ketika ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi saya yakin bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan hambaNya. Namun, Ranti istriku, tetap ngotot dan terus menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, saya berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan hanya mondar-mandir, Mas, cepat cari jalankeluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula masalah ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman, sebab kalau hujan hujan turun dengan lebat takutnya rumah ini akan rubuh.”


Keterkaitan isi kutipan dengan kehidupan sehari-hari adalah….


  1. Suami biasanya tidak peduli dengan masalah rumah tangga.

  2. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.

  3. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.

  4. Perlu pinjaman dana yang besar untuk memperbaiki rumah.

  5. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.

C
6.Cermatilah teks berikut untuk nomor 6 dan 7!

Teks 1


Panas terik masih terus memenggang kampungnya, juga kampung-kampung lain di pinggir sungai itu mengepul dari hutan-hutan di luar kampung yang sudah banyak terbakar. Hampir setiap hari pula ia mendengar bunyi mesin penebang kayu meraung-raung, tidak siang tidak malam, dan beberapa hari kemudian kayu yang sudah dirajang dengan rapi, baik berbentuk papan maupun batangan segi empat dikeluarkan oleh serombongan kerbau dari hutan. Sampai di pinggir sungai ada orang yang mengikatnya dengan tali atau kawat dan kemudian kayu dalam jumlah besar dialirkan ke arah hilir sungai dan dikendalikan oleh kepompong bermesin diesel. Hampir dalam setuap hari dalam panas yang memanggang kampung itu, hal menyerupai itu terjadi; raungan gergaji, sepanjang hari, bunyi pohon tumbang, kayu yang ditarik kerbau keluar dari hutan menuju pinggir sungai.


Teks 2


Guntingan Koran itu masih ada di mejanya. Tidak semua koran menulis perihal insiden itu, hanya beberapa. Yang beberapa itulah yang membuatnya tersentak. Ada yang nyeri dalam dadanya, ada yang hampa dalam jiwanya. Benarkah isu itu? Tidaklah salah koran-koran itu menulis perihal hilangnya lelaki yang terbawa arus sungai. Yang menenggelamkan beberapa kampung di Indrairi? “Ini niscaya bohong! Teriaknya histeris. Ada beberapa orang di sampingnya, juga Rustaman dan Handoko. “ Paling tidak kita bisa mengecek kebenarannya…harus ke sana Alia.” Yang ini bunyi Rustaman. Alia, masih menangis tanpa suara, hanya suara, hanya isakan. “Tapi beliau tidak mungkinmati. Kalau beliau harus mati, sudah… dulu beliau mati. Dia tak akan mati.”


Persamaan unsur intrinsik dalam kutipan tersebut adalah….


A. berlatar suasana yang tidak menyenangkan


B. bertema lingkungan hidup


C. memakai sudut pandang yang pertama


D. berlatar kawasan di sebuah kampung


E. tabiat tokoh utama penakut

A
7.Ringkasan isi dongeng pada teks 1 adalah….
  1. Di sebuah kampung erat pinggir sungai yang dipanggang matahari akhir penebangan kayu/ pohon terlihat beberapa kerbau keluar hutan menuju pinggir sungai menarik kayu-kayu ilegal.

  2. Hampir setiap hari pula ia mendengar bunyi mesin penebang kayu meraung-raung, tidak siang tidak malam. Dan beberapa hari kemudian kayu-kayu dikeluarkan oleh serombongan kerbau dari hutan.

  3. Hampir setiap hari, dalam panas yang memanggang kampung ini, hal menyerupai itu terjadi, raungan gergaji terus-menerus.

  4. Panas terik masih terus memanggang kampungnya di pinggir sungai itu. Asap mengepul dari hutan-hutan yang sudah banyak terbakar di pinggir kampong.

  5. Suasana kampung di pinggir sungai, ada orang yang mengikat kayu dengan tali atau kawat dan dialirkan ke arah hilir sungai.

A
8.Cermatilah kutipan cerpen berikut!

(1) Matahari sedang mencium lembah-lembah gunung ketika saya terbangun di pagi itu. (2) Aku terpaku menikmati pemandangan desa yang sungguh menawan, Takkan kutemukan semua ini di hiruk pikuknya kota. (3) Penduduk desa yang masih bersahaja, saling senyum dan bertegur sapa. (4) Mereka tolong-menolong turun ke sungai. (5) Sungai yang airnya masih jernih, jauh dari tercemar.


Kalimat bermajas pada paragraf tersebut terdapat pada nomor…


  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

A
9.Nilai sosial dalam kutipan tersebut adalah…
  1. Pemandangan alam desa yang sangat indah di pagi hari.

  2. Pegunungan yang masih diselimuti awan.

  3. Kehidupan desa yang bersahaja dengan penduduknya yang ramah.

  4. Sungai-sungai di desa yang jernih jauh dari pencemaran.

  5. Hiruk pikik kotayang tidak ditemukan di desa.

C
10.Cermatilah teks berikut!

Manchester kaya akan museum. Salah satunya ialah Imperial War Museum North yang berhasil mengalahkan daya tarik Museum London dengan dukungan teknologi interaktifnya. Sementara itu, Manchester Art Gallery yang baru-baru ini mengalami pemugaran dan ekspansi hampir dua kali lipat dari luas sebelumnya, dikenal dengan karya-karya seni Pra-Raphaelite, seni dekoratif menyerupai kaca, perkakas logam, porselen, perak, dan perabot lainnya. Hal terbaru yang menciptakan fenomena museum di Manchester makin berpengaruh ialah dibukanya museum Sepak Bola Nasional. Bangunan beling segitiga ini menyimpan koleksi seragam sepak bola hingga bola Piala Dunia yang ditandatangani serta memorabilia lainnya. Tapi keunggulan utamanya ialah dalam menjelaskan sejarah sepak bola dan pentingnya sepak bola di mata penggemarnya.


Penilaian terhadap isi teks tersebut adalah…


  1. Manchester ialah sebuah kota yang dipenuhi dengan museum yang mempunyai sejarah bertaraf internasional dari banyak sekali bidang.

  2. Manchester memang populer dengan sepak bolanya yang dipelopori oleh kesebelasan populer Manchester United.

  3. Meskipun namanya museum Sepak Bola Nasional, tetapi isinya ialah sejarah sepak bola dan kesebelasan sepak bola sedunia.

  4. Perluasan dan pemugaran museum sebagai sarana lainnya pengetahuan mutlak dibutuhkan bila sebuah negara ingin diakui oleh Negara lainnya.

  5. Kecuali museum seni dan museum olahraga, Manchester juga mempunyai museum perang yang sangat lengkap melebihi museum di London.

C

 


Klik Next untuk melanjutkan soal berikutnya




































No.Butir SoalKunci
11.Cermati tajuk rencana berikut!

Penyaluran derma sosial kepada masyarakat miskin terus dibenahi dan disederhanakan. Pemanfaatan layanan digital nontunai diperbankan terus akan diperluas untuk memastikan kualitas derma dan jumlah yang diterima sesuai dengan yang diberikan pemerintah. Menteri Sosial memberikan hal itu ketika meluncurkan warung gotong royong elektronik (e-warung). Beliau juga memberikan bahwa selama ini bansos yang diterima masyarakat kurang sempurna target baik kualitas maupun jumlahnya. Pemerintah diharapkan mengawasi secara serius dan terus menerus sehingga masyarakat sanggup mencicipi manfaatnya.


Opini penulis tajuk rencana adalah…


A. Penyaluran derma sosial kepada masyarakat miskin telah disederhanakan


B. Penyaluran derma sosial kepada masyarakat sudah sempurna sasaran


C. Pemanfaatan layanan digital nontunai dalam derma sosial belum maksimal


D. Layanan digital nontunai harus diperluas untuk memastikan penyaluran derma sosial


E. Pemerintah sebaiknya mengawasi derma sosial secara serara serius dan terus-menerus

C
12.Cermati tajuk rencana berikut!

Penyaluran derma sosial kepada masyarakat miskin terus dibenahi dan disederhanakan. Pemanfaatan layanan digital nontunai diperbankan terus akan diperluas untuk memastikan kualitas derma dan jumlah yang diterima sesuai dengan yang diberikan pemerintah. Menteri Sosial memberikan hal itu ketika meluncurkan warung gotong royong elekronik (e-warung). Beliau juga memberikan bahwa selama ini bansos yang diterima masyarakat kurang sempurna target baik kualitas maupun jumlahnya. Pemerintah diharapkan mengawasi secara serius dan terus menerus sehingga masyarakat sanggup mencicipi manfaatnya.


Penulis tajuk berpihak kepada ….


  1. pemerintah

  2. masyaakat

  3. Menteri Soaial

  4. perbankan

  5. Kementrian Sosial

B
13.Cermatilah kutipan biografi berikut!

Sutan Takdir Alisjahbana (STA) lahir di Natal, Sumatra Utara, 11 Februari 1908. Beliau merupakan tokoh pembaharu, sastrawan dan andal tata bahasa bahasa Indonesia. STA merupakan tokoh berpandangan liberal. Berkat pemikirannya yang cenderung promodernifikasi sekaligus pro-Barat, STA sempat berpolemik dengan cendekiawan Indonesia lainnya. STA sangat gelisah dengan pemikiran cendekiawan Indonesia yang antimaterialisme, antimodernisasi dan anti- Barat. Menurutnya, bangsa Indonesia haruslah mengejar ketertinggalannya dengan mencari materi, memodernisasi pemikiran dan mencar ilmu ilmu-ilmu Barat.


Dalam kedudukannya sebagai penulis andal dan Ketua Komisi Bahasa selama kedudukan Jepang, STA melaksanakan modernifikasi bahasa Indonesia sehingga sanggup menjadi bahasa nasional yang menjadi pemersatu bangsa. Selain sebagai andal tata bahasa Indonesia, STA juga merupakan seorang sastrawan yang banyak menulis novel. Beberapa pola novelnya yang populer ialah Tak Putus Dirundung Malang (1929) dan Dian Yang Tak Kunjung Padam (1932).


Hal yang sanggup diteladani dari tokoh STA adalah…


  1. Mempunyai pikiran maju dan modern.

  2. Banyak menulis novel terkenal.

  3. Anti-Barat dan berwawasan luas.

  4. Memodernisasi pemikiran dengan ilmu-ilmu Barat.

  5. Menjadi tokoh pembaharu sastra dan tata bahasa.

A
14.Cermatilah kalimat-kalimat berikut!

Kalimat utama: Memotret insan ialah sebuah seni tertinggi dalam fotografi.


Kalimat penjelas:


(1) Diperlukan kamera khusus yang harganya mahal sebab kamera tersebut mempunyai ketajaman fokus yang baik.


(2) Dalam foto jurnalis, memotret memerlukan waktu dan sudut pemotretan yang sesuai.


(3) Ada waktu yang tidak bisa ditawar ketika menekan tombol rana untuk merekan ekspresi atau gesture badan yang khas.


(4) Ada sudut pemotretan tertentu untuk merekam insan dengan sebaik-baiknya sesuai rencana pemotretan.


(5) Memotret insan hendaknya memotret model yang anggun atau ganteng dan menyesuaikan dengan situasi.


Kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama terdapat pada nomor….


  1. (1). (2), dan (3)

  2. (1). (2), dan (4)

  3. (2). (3), dan (4)

  4. (2). (3), dan (5)

  5. (3). (4), dan (5)

C
15.(1) Dunia digegerkan dengan hilangnya sebuah pesawat. (2) Diduga pesawat tersebut hilang dalam penerbangan dari Indonesia menuju Beijing, China. (3) Menurut informasi sementara, pesawat tersebut berisi 160 penumpang, termasuk lima bayi dan 12 kru pesawat tersebut. (4) Diperkirakan hilangnya pesawat ialah sebab kehilangan kontak dengan menara. (5) Namun, dari hasil analisa pesawat melenceng jauh dari jalur yang semestniya sehingga kehilangan arah.

Kalimat fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….


  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

E
16.(1) Dunia digegerkan dengan hilangnya sebuah pesawat. (2) Diduga pesawat tersebut hilang dalam penerbangan dari Indonesia menuju Beijing, China. (3) Menurut informasi sementara, pesawat tersebut berisi 160 penumpang, termasuk lima bayi dan 12 kru pesawat tersebut. (4) Diperkirakan hilangnya pesawat ialah sebab kehilangan kontak dengan menara. (5) Namun, dari hasil analisa pesawat melenceng jauh dari jalur yang semestniya sehingga kehilangan arah.

Tujuan penulisan dalam paragraf tersebut ialah …


A. Menggambarkan perihal dunia yang digegerkan oleh hilangnya pesawat.


B. Memberitahukan hilangnya pesawat di dunia penerbangan.


C. Memberitahukan jumlah penumpang dalam pesawat yang hilang.


D. Membuktikan pesawat yang hilang sebab kehilangan kontak dengan menara.


E. Menginformasikan perihal pesawat yang hilang sebab ke luar dari jalur.

E
17.(1) Dunia digegerkan dengan hilangnya sebuah pesawat. (2) Diduga pesawat tersebut hilang dalam penerbangan dari Indonesia menuju Beijing, China. (3) Menurut informasi sementara, pesawat tersebut berisi 160 penumpang, termasuk lima bayi dan 12 kru pesawat tersebut. (4) Diperkirakan hilangnya pesawat ialah sebab kehilangan kontak dengan menara. (5) Namun, dari hasil analisa pesawat melenceng jauh dari jalur yang semestniya sehingga kehilangan arah.

Kata tidak baku pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….


  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

E
18.Cermati kutipan berikut!

(1) Semua warga sekolah merasa bangga: wajah-wajah mereka ceria. (2) Hampir di setiap lomba taman dan keindahan mereka selalu menyandang juara. (3) Orang-orang yang kemudian lalang di depan sekolah sering melihat banyak sekali burung di halaman sekolah yang ditanami banyak sekali pohon yang rindang. (4) Sudah selayaknya sekolah itu dipuji, sebab memang tampak indah, bersih, dan nyaman. (5) Menjaga keindahan taman di setiap lingkungan kota/kabupaten perlu dijadikan prinsip yang dipegang teguh.


Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut bernomor ….


  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

C
19.Cermati paragraf berikut!

Dalam mendiagnosis kerikil ginjal, pertama-tama dokter mencoba menggali keterangan dari pasien, seputar gejala-gejala yang dialaminya. Biasanya dokter akan menanyakan apakah pasien mempunyai riwayat menderita kerikil ginjal sebelumnya atau tidak. Dokter juga akan menanyakan apakah pasien mempunyai keluarga yang berpenyakit asma atau apakah belakangan pasien sering mengonsumsi masakan atau aksesori yang memicu terbentuknya penyakit itu.


Akhiran-nya pada kata dialaminya mengacu pada kata ….


  1. batu ginjal

  2. pasien

  3. dokter

  4. keluarga

  5. penyakit

B
20.Cermati paragraf berikut!

Dalam mendiagnosis kerikil ginjal, pertama-tama dokter mencoba menggali keterangan dari pasien, seputar gejala-gejala yang dialaminya. Biasanya dokter akan menanyakan apakah pasien mempunyai riwayat menderita kerikil ginjal sebelumnya atau tidak. Dokter juga akan menanyakan apakah pasien mempunyai keluarga yang berpenyakit ama atau apakah belakangan pasien sering mengonsumsi masakan atau aksesori yang memicu terbentuknya penyakit itu.


Kalimat simpulan yang sesuai isi paragraf tersebut ialah ….


  1. Langkah-langkah yang dilakukan dokter untuk mencari informasi seputar penyakit yang diderita pasien sangat penting.

  2. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dokter untuk mencari informasi perihal riwayat penyakit kerikil ginjal si pasien.

  3. Berbagai pertanyaan akan diajukan dokter kepada keluarga pasien yang dirawatnya biar penyakit pasien cepat sanggup diatasi.

  4. Diagnosis dokter perihal masakan dan minuman si pasien penderita kerikil ginjal akan menentukan pengobatannya.

  5. Diagnosis dokter bahwa aksesori yang dikonsumsi pasien kerikil ginjal ternyata sangat membahayakan jiwanya.

A

 


Klik Next untuk melanjutkan soal berikutnya



































No.Butir SoalKunci
21.Bacalah paragraf berikut!

Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangkaan eliji di Kota Salatiga. Selama bulan mulia hingga menjelang Idulfitri diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelunya, stok elpiji melon Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.


Ide pokok pararaf tersebut ialah …..


  1. kerja sama pemerintah Salatiga dengan Pemprov Jawa Tengah

  2. upaya menanggulangi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga

  3. stok elpiji di Kota Salatiga

  4. penambahan stok elpiji per Juni 2016

  5. stok elpiji melon di Kota Salatiga

B
22Bacalah paragraf berikut!

Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangkaan eliji di Kota Salatiga. Selama bulan mulia hingga menjelang Idulfitri diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelunya, stok elpiji melon Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.


Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut ialah perhitungan ….


  1. tentang hal-hal yang belum terjadi

  2. tentang hal-hal yang sudah terjadi

  3. rata-rata yang terjadi

  4. rata-rata setiap bulan

  5. permintaan yang akan datang

A
23Bacalah paragraf berikut!

Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangkaan eliji di Kota Salatiga. Selama bulan mulia hingga menjelang Idulfitri diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelunya, stok elpiji melon Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.


Bagaimana kota Salatiga mengantisipasi kelangkaan elpiji menjelang Lebaran?


  1. Stok elpiji ditambah dua kali lipat di Pemprov Jawa Tengah.

  2. Mulai Juni 2016 stok elpiji di Kota Salatiga akan ditambah dua kali lipat.

  3. Pemesan elpiji pemerintah Salatiga ditambah dua kali lipat.

  4. Pemerintah bekerja sama dengan pemasok.

  5. Mengurangi penggunaan elpiji di lingkungan rumah tangga.

A
24.Cermati paragraf berikut!

Kepala kantor bergirang hati dan katanya, “Kartono engkau juru tulis yang rajin. Dan kupikir, sebagai Heiho engkau akan lebih mempunyai kegunaan untuk nusa dan bangsa. Tunggulah sebentar … akan kuberikan sebuah surat pengharagaan atas jasamu di kantor ini. “Jangat kening Kartono berkerinyut pula dan dijawabnya, Tuan, kalau bisa surat ini ditulis dalam bahasa Nippon saja. Kepala kantor kami seorang nasionalis. Ia orang biasa saja yangh mengutamakan kemakmuran rumah tangga. Seperti pernah dikatakanya, ia selalu berjalan di atas rel.”


Makna simbolik rel dalam kutipan tersebut ialah ….


  1. keputusan

  2. ketentuan

  3. keinginan

  4. kebijakan

  5. kebiasaan

B
25.Cermati paragraf berikut!

Kepala kantor bergirang hati dan katanya, “Kartono engkau juru tulis yang rajin. Dan kupikir, sebagai Heiho engkau akan lebih mempunyai kegunaan untuk nusa dan bangsa. Tunggulah sebentar … akan kuberikan sebuah surat pengharagaan atas jasamu di kantor ini. “Jangat kening Kartono berkerinyut pula dan dijawabnya, Tuan, kalau bisa surat ini ditulis dalam bahasa Nippon saja. Kepala kantor kami seorang nasionalis. Ia orang biasa saja yangh mengutamakan kemakmuran rumah tangga. Seperti pernah dikatakanya, ia selalu berjalan di atas rel.”


Maksud kalimat bercetak miring pada kutipan tersebut ialah …


  1. Ia selalu bekerja sesuai aturan.

  2. Ia terbiasa bekerja di sepanjang rel.

  3. Ia bekerja sesuai keinginannya.

  4. Ia ingin meluruskan pekerjaannya.

  5. Berlapang dada.

A
26.Rotan merupakan sumber kehidupan yang diwariskan secara bebuyutan oleh masyarakat di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Mereka tetap bertahan sebagai petani rotan walaupun akhir-kahir ini harga rotan anjlok. Karena itu, Pemerintah Daerah setempat harus … menawarkan solusi biar harga rotan membaik dan perekonomian masyarakat stabil.

Ungkapan yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ….


  1. banting tulang

  2. kerja keras

  3. turun tangan

  4. berjiwa besar

  5. berlapang dada

C
27.Cermati paragraf berikut!

Sahara ialah siswa tauladan di sekolah kami. Selain aktif pada aktivitas OSIS di sekolah, beliau juga aktif pada aktivitas social mengikuti jejak orang tuanya. Setelah lulus SMA, Sahara akan melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia mengambil jurusan psychologie sesuai dengan sifatnya yang suka membantu memecahkan masalah-masalah teman-temannya.

Istilah yang sempurna untuk memperbaiki kata bercetak miring dalam paragraf tersebut ialah ….


  1. tauladan, sosial, psikologi

  2. teladan, sosialisasi, psycologi

  3. teladan, sosial, psikologi

  4. tauladan, sosialisasi, psikhologi

  5. toladan, sosial, psikolog

C
28.Cermati kalimat berikut!

Kami berharap bahwa: kelak para wisatawan akan kembali lagi mengunjungi Bali, Lombok, dan Sumbawa.

Tanda baca yang salah beserta alasannya dalam paragraf tersebut ialah …


  1. Tanda koma (,) sesudah Bali sebab bukan perincian.

  2. Tanda koma (,) sesudah Lombok sebab diikuti konjungsi.

  3. Tanda titik (.) sebab merupakan sebuah klausa.

  4. Tanda titik dua (:) sebab menyatakan dialog.

  5. Tanda titik dua (:) sebab bukan menyatakan perincian.

E
29.Cermati paragraf berikut!

(1)Warga Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan yang menolak direlokasi masih bertahan di rumah mereka. (2)Mereka menyampaikan masih sulit meninggalkan rumahnya sebab semenjak 1960, mereka sudah bermukim di bantaran Kali Ciliwung di Bukit Duri. (3)Mereka menyatakan akan tetap bertahan di rumahnya hingga rumah itu dibongkar. (4)Mereka menolak pindah ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) rawa Bebek yang menjadi kawasan relokasi. (5)Relokasi yang dijalankan Pemprov DKI memang melaluli sosialisasi, tetapi hanya sebatas pemberitahuan.

Penulisan nama geografi yang salah pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….


  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)

D
30.Cermati teks berikut!

Topik : Terima kasih Ibu Mia

Kata kunci : olahraga – Bu Mia – siswa – ulangan – usul – terima kasih

Pengembangan topik dan kata-kata kunci menjadi cerpen ialah …


A. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu belum dewasa belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja berolahraga lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan menawarkan ulangan. Beberapa siswa mengajukan usul kepada Bu Mia untuk menunda ulangan. Bu Mia mendapatkan usul siswa. Semua siswa mengucapkan terima kasih.


B. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu belum dewasa belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan menawarkan ulangan, beberapa siswa, termasuk Lia, meminta, “Bu Mia menunda ulangan dong.” Bu Mia mendapatkan usul siswa.


C. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu belum dewasa belum selesai berganti pakaian. Bu Mia akan menawarkan ulangan. Beberapa siswa, mengajukan usul. Lia gembira dan mengucapkan terima kasih sebab ulangan tetap berjalan.


D. Ibu guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu belum dewasa belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan menawarkan ulangan. Bu Mia tidak mendapatkan usul seorang siswa. Semua siswa bertepuk tangan gembira sebab usul itu tidak diterima.


E. Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu belum dewasa belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan menawarkan ulangan. Semua siswa bertepuk tangan gembira mengucapkan terima kasih sebab Bu Mia menawarkan waktu untuk berganti pakaian hingga rapi.

A

 Klik Next untuk melanjutkan soal berikutnya



































No.Butir SoalKunci
31.Perhatikan paragraf berikut!

Sebelum melaksanakan gerak-gerik inti, senam harus didahului dengan pemanasan yang baik biar tidak terjadi cedera pada tubuh. Gerakan pemanasan sangat penting biar diperoleh hasil yang maksimal. Setelah selesai gerakan senam inti, perlu dilakukan juga gerakan pendinginan.

Perbaikan kata ulang dicetak miring pada pragraf tersebut ialah ….


  1. gerak-gerak

  2. gerakan-gerakan

  3. gerak-gerakan

  4. gerakan-gerak

  5. gerik-gerak

B
32.Cermati kalimat berikut!

Pak Budi mengoreksi karangan Andreas yang berjudul “faktor yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.”

Penulisan judul karangan yang sesuai dengan PUEBI ialah ….


  1. Faktor yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

  2. Faktor yang memengaruhi Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

  3. Faktor Yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

  4. Faktor yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

  5. Faktor Yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

A
33.Cermati kutipan puisi berikut!

Penerbangan terakhir

Maka menangislah ruh bayi itu keras-keras


Kedua tangan yang alit itu menyerupai kejang-kejang


Kakinya pun menerjang-nerjang


Suara melengking dan menghiba-hiba



Taufiq Ismail

Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut ialah ….


A. Taufiq Ismail menggambarkan proses kehidupan insan dengan ungkapan yang biasa.


B. Untuk pembaca yang kurang menyukai puisi, sulit mendapatkan pesan yang disampaikan Taufiq Ismail.


C. Penyair menggambarkan insiden dalam puisi itu penuh dengan tafsiran makna dan pilihan kata yang sulit dipahami.


D. Diksi dan majas yang dipakai Taufiq Ismail untuk mengungkapkan maksud puisi tidak gampang dipahami pembaca.


E. Penggunaan diksi karya Taufiq Ismail terasa menggelitik pembaca sebab ungkapan-ungkapannya hidup.

E
34.Cermati paragraf berikut!

UKM atau Unit Kerja Mahasiswa yang biasa terdapat di setiap perguruan tinggi bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk … pengetahuan di luar mata kuliah. Mahasiswa bisa menentukan UKM yang sesuai dengan minat dan talenta mereka, contohnya … bidang seni musik, teater, taekwondo, atau kepecintaalaman. Dengan mengikuti UKM, selain untuk … minat dan bakat, mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan serta pengalaman yang tidak akan didapat di dalam kelas perkuliahan.

Kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah …


  1. mendapat, pilihan, tersalurkan

  2. mendapatkan, pilihan, penyaluran

  3. mendapatkan, memilih, menyalurkan

  4. pendapatan, memilih, disalurkan

  5. mendapati, pilihan, saluran

C
35.Cermati percakapan berikut!

Anto :“Wan, apakah kau sudah mengerjakan PR Matematika?”

Iwan : “Belum, saya masih bingung.” (sambil menggaruk kepala)


Anto :”Mengapa harus bingung? Apa ada yang kurang paham?”


Iwan :”….”


Anto :”Baiklah, mari kita kerjakan PR Matematika itu bersama-sama.”

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi kutipan drama tersebut ialah …


  1. Aku malas mengerjakannya.

  2. Maukah engkau membantuku?

  3. Tolong kau kerjakan PR Matematikaku.

  4. Tugas ini membuatku pusing.

  5. Engkau niscaya tidak mau membantuku.

D
36.Cermati dongeng berikut!

Teman saya, Fakir, berkaca mata tebal (kadang) sangat menyebalkan. Dengan bentuk badan tinggi dan gigi depan yang pecah, ia terbilang bukan orang yang tampan. Setiap keberhasilan dan kebahagiaan orang lain, selalu diberi komentar oleh Fakir. Pokoknya kalau tidak berburuk sangka, ia cenderung melecehkan lawan bicaranya atau sahabat-sahabatnya. Begitulah Fakir.

Amanat yang sanggup diambil dari dongeng tersebut ialah …


  1. Jangan berprasangka jelek terhadap keberhasilan orang lain!

  2. Orang yang suka meremehkan orang lain biasanya sombong!

  3. Orang pendiam belum tentu ia bodoh!

  4. Hendaklah ramah tamah dalam bergaul!

  5. Janganlah akal-akalan cemburu terhadap keberhasilan orang lain!

A
37.Cermati pantun berikut!

Pergi ke pasar membeli mangga

Jangan lupa beli bakso urat



Agar senang dunia akhirat

Larik yang sempurna untuk melengkapi isi pantun tersebut ialah …


  1. Cari ilmu selagi muda

  2. Berbaktilah kepada orang tua

  3. Selalu berdoa sebelum bekerja

  4. Bersahabat kepada siapa saja

  5. Menolong orang yang menderita

B
38.Cermati kalimat-kalimat berikut!

Kalimat pendapat : Wortel bisa membantu kesehatan mata dan pencernaan.

Kalimat argumentasi :


(1) Wortel mengandung fiber atau serat tinggi yang baik untuk pencernaan.


(2) Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.


(3) Wortel mengandung zat yang bisa melawan racun dalam tubuh.


(4) Wortel memeliki rasa yang manis sehingga menciptakan kita merasa selalu kenyang.


(5) Wortel mengandung antioksidan tinggi.

Kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat tersebut ialah ….


  1. (1) dan (2)

  2. (1) dan (3)

  3. (2) dan (3)

  4. (2) dan (4)

  5. (3) dan (5)

A
39Cermati teks perundingan berikut!

Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang, kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja, ya?”


Penjual : “belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya sanggup untung, Bu.”


Pembeli : “baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?”


Penjual : “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”


Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya sanggup manga yang bagus dan tidak busuk.”


Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”


Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya, Bang.”


Hal yang disepakati dalam teks tersebut ialah …


  1. Memilih hanya mangga yang besar-besar.

  2. Membeli mangga hanya 3 kilogram.

  3. Cara menentukan mangga yang bagus.

  4. Harga dan pilihan mangga sendiri.

  5. Barang dagangannya tidak busuk.

D
40Cermati paragraf berikut!

Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam banyak sekali lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali.


Perbaikan kalimat yang bercetak miring biar menjadi kalimat yang efektif ialah …


  1. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.

  2. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.

  3. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.

  4. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam banyak sekali lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.

  5. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.

B

Klik Next untuk melanjutkan soal berikutnya



































No.Butir SoalKunci
41.Cermati gurindam berikut!

Jika hendak mengenal orang berilmu


Bertanya dan mencar ilmu tiada jemu


Maksud isi gurindam tersebut ialah …


A. Jangan banyak bertanya kepada orang tua.


B. Jangan jemu mengenal orang di sekitarmu.


C. Jangan pernah bosan dan berhenti belajar.


D. Belajarlah dalam bertanya kepada orang berilmu.


E. Banyaklah mengenal orang yang berilmu.

C
42.Bacalah teks berikut!

Pemuda harus kembali mengambil kiprah dalam membawa arah bangsa ini kembali ke relnya. Budaya korupsi yang ketika ini telah mengakar harus dihentikan. Bangsa ini membutuhkan cowok yang sadar akan ancaman laten korupsi dan terkikisnya nilai-nilai kebangsaan. Pemuda harus menjadi penggerak pergerakan melawan korupsi. …


Kalimat simpulan yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah …


  1. Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan bermartabat.

  2. Korupsi harus diberantas hingga ke akar-akarnya.

  3. Pemerintah harus segera mengambil kebijakan.

  4. Pelaku korupsi harus dieksekusi seberat-beratnya.

  5. Pemuda harus mencar ilmu dengan giat.

E
43Cermati paragraf berikut!

Mengenang sepeda, kita tidak hanya teringat kemurungan social, tetapi juga teringat pada kehidupan yang bersahaja, yang sederhana, dan apa adanya. Sebagai alat transportasi tradisi, kereta angin ini telah memberi jasa besar bagi terbentuknya peradaban dan kebudayaan masyarakat. Seiring dengan modernitas yang sukses mengubah gaya hidup dari semiromantis menjuju kehidupan yang total fragmatik, sepeda ketika ini juga sanggup melambangkan status sosial seseorang.


Perbaikan kata serapan yang sempurna untuk kata bercetak miring pada paragraf tersebut ialah ….


  1. tradisional, modernisasi, pragmatis

  2. tradisionil, modernisasi, fragmatis

  3. tradisional, modern,fpragmatis

  4. tradisional, moderen, pragmatis

  5. tradisionil, moderen, pragmatis

A
44.Cermati paragraf berikut!

Bumi besar inin sedang menghadapi banyak sekali masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut ialah ledakan penduduk, penipisan sumber daya aalam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan … hewan, kerusakan habitat alam, … peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu sanggup dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi … jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi ketika ini belum sanggup menuntaskan permasalahan tersebut.


Konjungsi yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ….


  1. atau, dan, serta

  2. dan, atau, namun

  3. tetapi, atau, jika

  4. serta, atau, hingga

  5. dan, serta, karena

E
45.Cermati kalimat berikut!

Jika kecelakaan menimpa Anda ketika sendirian di rumah dan mengalami pendarahan, terutama ketika masih sadar, segera hentikan pendarahan tersebut. Gunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan.


Kalimat tanya yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut ialah …


  1. Sudahkah Anda memakai handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan?

  2. Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?

  3. Apakah handuk atau sejenisnya sanggup menghentikan pendarahan?

  4. Mengapa handuk dan sejenisnya dipakai untuk menghentikan pendarahan?

  5. Siapakah yang sanggup menghentikan pendarahan pada ketika kritis?

A
46.Cermati teks berikut!

Langkah-langkah Membuat KTP


Datanglah ke RT/RW untuk mendapatkan surat pengantar pembuatan KTP!


Bawa surat pengantar ke kelurahan dan serahkan ke petugas di sana.


Isi formulir permohonan pembuatan KTP kemudian tanda tangani!



Surat permohonan diteruskan ke Dinas Pencatatan Sipil oleh petugas, kita tinggal menunggu terbitnya KTP baru.


Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut ialah …


  1. Buatlah surat permohonan untuk menciptakan KTP.

  2. Siapkan materai Rp6.000,00 sebanyak 2 buah.

  3. Petugas akan memverifikasi dan memvalidasi data kependudukan kita.

  4. Siapkan pulpen hitam untuk mengisi formulir.

  5. Masukkan formulir ke dalam amplop yang disediakan petugas.

E
47.Cermati teks hasil observasi berikut!

Hiu paus atau Whale Shark merupakan ikan hiu terbesar di dunia. Hiu ini disebut hiu paus sebab ukuran tubuhnya yang sangat besar dan kepalanya yang tumpul menyerupai paus. Panjangnya bisa mencapai 14 meter dengan berat 15 ton. Hiu ini mempunyai lisan yang lebarnya bisa hingga 1,4 meter .… . Kulitnya sangat tebal, mencapai 10 cm. Ekornya mempunyai sirip, serpihan atas jauh lebih besar daripada sirip-sirip serpihan bawah. Meskipun namanya ikan paus, tetapi ikan ini tidak angker sebab masakan utamanya ialah plankton.


Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks observasi tersebut ialah …


  1. Hiu paus mempunyai 3000 gigi yang sangat kecil tetapi jarang digunakan.

  2. Mulutya berada di ujung moncongnya bukan berada pada serpihan bawah kepala, menyerupai pada hiu lainnya.

  3. Hiu paus mempunyai warna badan dengan corak khas yaitu berupa garis berwarna kuning muda.

  4. Ikan ini sanggup hidup di erat pantai maupun di lepas pantai dan laut.

  5. Hiu paus menyaring makanannya memakai insangnya yang besar.

B
48.Cermati paragraf berikut!

(1) Kepulauan Togean berada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. (2) Kepulauan ini mempunyai pantai-panatai yang molek, bahari yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang yang indah. (3) Saat senja menjelang, matahari menjadi bola agak kemerah-merahan yang ditelan bahari jingga. (4) Namun sayang, di sana juga berlangsung perusakan alam yang dilakukan para nelayan dalam mencari ikan dengan mengebom terumbu karang. (5) Keinginan pemerintah pusat menjadikannya sebagai taman nasional sulit terwujud.


Perbaikan kalimat yang salah dalam paragraf tersebut berserta alasannya ialah ….




















Perbaikan KalimatAlasan
A.(2) …, serta ikan majemuk warna yang menyelinap di antara terumbu karang yang indah.Kata bemacam-macam warna menyatakan makna banyak.
B.(3) …, matahari menjadi bola kemerah-merahan yang ditelan bahari jingga.Kata kemerah-merahan sudah menyatakan makna “agak”
C.(4) Sayang, di sana juga berlangsung perusakan alam yang …Namun berfungsi sebagai kata penghubung antarkalimat.
D.(4) … dalam mencari ikan dengan membom terumbu karang.Tidak terdapat awalan meng-dalam bahasa Indonesia.
E.(5) Keinginan pemerintah pusat menimbulkan taman nasional sulit terwujud.Antara predikat dengan objek tidak adapat disisipi kata sebagai.
B
49.Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Semua penerima diberikan penghargaan.


(2) Bermacam-macam pertandingan olahraga diselenggarakan.


(3) Dengan demikian, diharapkan pertandingan akan berjalan dengan baik dan lancer.


(4) Dalam rangka perayaan pendidikan nasional selalu diadakan pertandingan.


(5) Jenis pertandingannya di antaranya tenis meja, catur, bulu tangkis, gerak jalan, dan lain-lainnya.


Urutan kalimat tersebut yang sempurna biar menjadi paragraf padu ialah ….


  1. (1), (2), (3), (4), dan (5)

  2. (1), (2), (4), (5), dan (3)

  3. (4), (2), (5), (1), dan (3)

  4. (4), (3), (1), (5), dan (2)

  5. (4), (3), (5), (1), dan (2)

C
50.Cermati paragraf berikut!

Kabar itu begitu menghentakkan dan sulit untuk diterima. Suamiku, Mas Fachri yang begitu kupercaya dan kubanggakan cinta dan kesetiannya, tak lebih dari ….. Di depanku betapa manisnya dia, tapi di belakangku, beliau menyimpan bisa yang bisa memorak-porandakan hatiku.


Peribahasa yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah …


  1. Nila setitik rusak susu sebelanga.

  2. Pagar makan tanaman.

  3. Menggunting dalam lipatan.

  4. Lempar kerikil sembunyi tangan.

  5. Musang berbulu ayam.

E

 


Pembahasan Soal Sulit UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Tahun 2018



Baca Juga :


Demikianlah Soal, Kunci dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat.



Sumber acikandzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon