Thursday, January 5, 2017

√ Asal Seruan Dan Jenis Kuda Yang Perlu Kau Ketahui

Kuda ialah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah usang menjadi salah satu binatang peliharaan yang penting secara hemat dan historis. Kuda telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun lalu. Bahkan kuda termasuk binatang yang akrab dengan manusia, pastinya banyak dari kau yang begitu menyukai binatang gagah ini. Untuk itulah hari ini saya akan ngebahas artikel mengenai kuda dan pribadi aja yuk, kita baca.


Asal Usul Kuda


 ialah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus √ Asal Usul Dan Jenis Kuda Yang Perlu Kamu Ketahui


Kuda yang ketika ini tersebar di seluruh dunia sejatinya berasal dari binatang kecil, beberapa ilmuwan menyebut binatang kecil ini sebagai eohippus atau dawn horse. Binatang kecil tersebut telah mengalami proses evolusi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Dan di Tahun 1867, kerangka lengkap dari fosil Eohippus telah ditemukan di bentukan Tebing Eocene. Kemudian pada tahun 1931, kerangkanya disusun kembali di Big Horn Basin, Wyoming USA oleh palaeontologi dari Institut Teknologi California. Adapun yang perlu kau ketahui bahwa kuda mengalami proses evolusi yang terjadi dalam beberapa tahap yakni:



  • Eohippus, berkembang pada zaman Eocene dengan tinggi 25 cm.

  • Mesohippus, perkembangannya dimulai pada zaman Ologocene yakni mempunyai tinggi mencapai 60 cm dan juga mempunyai tiga jari.

  • Merychippus, berkembang pada pertengahan dan kiamat Miocene dengan mempunyai ketinggian yang sudah mencapai 100 cm dan jari tengah mulai memendek.

  • Pliohippus, berkembang pada pertengahan zaman Pleistocene sekitar 6 juta tahun yang kemudian dan kini tingginya mencapai 125 cm. Kukunya juga mulai berubah menjadi kuku satu dan seterusnya disebut Equus, yang tingginya kini sudah bervariasi serta ukuran dan bentuk kuku makin bagus.


Kini binatang gagah ini sudah bisa kau temui bahkan hampir sering ditemukan ditempat ataupun suatu kawasan dipenjuru dunia. Inilah yang mengambarkan bahwa ternak kuda begitu gampang untuk beradaptasi terhadap iklim setempat. Hewan ini memulai penyebarannya dari Amerika Utara ke arah Amerika Selatan dan terus menyebar ke kawasan Asia, Eropa dan Afrika yang terjadi sekitar 1 juta tahun yang kemudian pada kiamat es yakni (9.000 SM).


Pada kurun ke-16, penjelajah dari negara Spayol mendarat di Meksiko dengan membawa beberapa ekor kuda dan sesudah itu hewan-hewan ini mulai berkembang dan menyebar di wilayah Amerika.


Pastinya kau bertanya-tanya kan berkembangnya kuda di negara Indonesia itu kapan? Berkembangnya binatang gagah ini pada masa Kerajaan Hindu dan Budha yakni pada kurun ke-7 Masehi. Pada masa kerajaan-kerajaan yang mempunyai armada laut yang berpengaruh dan mempercepat perjuangan pengembangbiakan dan penyebaran kuda keseluruh wilayah Indonesia yakni mulai dari pulau Jawa hingga Sulawesi bahkan hingga kepulau kecil lainnya.


Jenis Kuda Yang Ada Di Dunia


Pada dasarnya kuda ini sendiri mempunyai jenis-jenisnya, yakni mulai dari bentuk, ukuran, warna dari kuda itu sendiri bahkan kwalitas dan nama kuda itu. Banyak olahraga ataupun permainan (festival disuatu negara) yang umumnya membutuhkan kuda, namun kuda-kuda tersebut haruslah mempunyai kwalitas yang baik. Mulai dari kecepatan hingga kekuatan pada kuda itu. Dan berikut ialah jenis-jenis kuda terbaik yang ada di dunia.


Kuda Friesian


 ialah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus √ Asal Usul Dan Jenis Kuda Yang Perlu Kamu Ketahui


Ini merupakan salah satu jenis ras kuda termahal di dunia yang berasal dari Friesland, Belanda. Kuda hitam nan gagah ini dulunya paling diincar oleh bangsa Eropa untuk dijadikan tunggangan dalam perang alasannya ialah kuda Friesian ini mempunyai ukuran yang besar dengan berat mencapai 1300 pons, kuda ini dianggap bisa membawa seorang ksatria dengan baju besinya di atas punggung mereka. Kuda jenis Friesian ini mempunyai bulu yang lebat di bab leher dan juga ekor. Kuda yang nampak lebih gagah dan karismatik ini populer sangat berpengaruh serta energik.


Kuda Thoroughbred


 ialah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus √ Asal Usul Dan Jenis Kuda Yang Perlu Kamu Ketahui


Selain itu, kuda yang satu ini merupakan kuda RAS gres hasil silangan manusia. Keturunan dari silangan kuda betina orisinil Inggris dengan kuda jantan dari Turki serta kuda jantan dari Arab yang dikembangkan pada kurun 17 dan 18. Kuda arab dipilih alasannya ialah kecantikan bentuknya ringan dan atletis, spirit dan staminanya yang kuat. Kini kuda RAS gres Thoroughbred yang kini menjadi jawara kuda pacu di dunia. Kuda thoroughbred ketika ini terus dikembangkan orang dibanyak negara termasuk Indonesia. Sekarang ini ada 118.000 ekor kuda thoroughbred lahir setiap tahun dan terdaftar rapi.


Kuda Mustang (Sih Kuda Liar)


 ialah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus √ Asal Usul Dan Jenis Kuda Yang Perlu Kamu Ketahui


Ini ialah salah satu jenis kuda yang berasal dari Amerika Utara. Awalnya kuda ini didatangkan ke wilayah Amerika untuk membantu penggembalaan. Namun kuda ini pun lepas dan bebas ke alam terbuka. Mustang ialah binatang pemberani, higienis dan gagah bahkan kuda ini ialah binatang yang begitu hebat, beliau bisa bertahan hidup di tengah keganasan alam. Tenaga dari kuda satu ini jangan dipertanyakan lagi, Mustang mempunyai tenaga yang super dan kekuatan yang dimilikinya berada pada bab kaki belakang. Begitu banyak keistimewaan yang dimiliki kuda gagah yang satu ini.


Selain populer akan kegagahan dari jenis-jenis kuda ini, ternyata ada sisi lain yang menciptakan banyak orang begitu menyukai binatang satu ini. Ternyata bukan Anjing ataupun kucing saja yang bisa akrab dengan manusia, ternyata binatang gagah ini juga bisa menjadi sahabat bahkan kuda sanggup mengerti keadaan (sedang dalam masalah) sang pemiliknya.


Persahabatan Antara Kuda Dan Manusia


 ialah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus √ Asal Usul Dan Jenis Kuda Yang Perlu Kamu Ketahui


Tahukah kau ada binatang yang begitu setia dan mengerti persoalan dari temannya itu, sosok kuda ialah binatang yang begitu populer akan kesetiaan. Bahkan di Medan, pertempuran sosok kuda ialah sosok yang begitu setia menemani dan membantu manusia. Wagner (manusia) dan Sereno (seekor kuda) cerita antara kedua sahabat ini begitu menciptakan banyak orang begitu amat bersedih, pasalnya Wagner telah meninggal dunia akhir kecelakaan.


 ialah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus √ Asal Usul Dan Jenis Kuda Yang Perlu Kamu Ketahui


Disaat pemakaman abang dari Wagner yakni Wando memutuskan mempertemukannya dengan Sereno. Keputusan ini dilakukan mengingat Wagner selama ini sangat sayang terhadap Sereno. Dan tahukah kau apa yang terjadi disitu, sungguh pilu kuda inipun sontak memberhentikan peti mati tersebut. Ia meringkik kesedihan dan pada ketika itu ia meletakkan wajahnya ke arah peti tersebut, seakan ia tak mau kehilangan sahabatnya. Sereno kuda putih ini terus-terusan meringkik sambil mengetuk-ngetuk kakinya seperti ingin mengucapkan salam perpisahan.


Nah, sudah tahukan kau bahwa kuda ialah binatang gagah dan pemberani. Bahkan kuda termasuk binatang yang mempunyai kesetian besar terhadap pemiliknya (manusia). Untuk itu sekian dulu artikel mengenai kuda dan supaya saja artikel ini bermanfaat bagi kau yang membacanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon