Sunday, February 5, 2017

√ Download Kisi-Kisi Pat/Ukk Ips Mts Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019

Bismillah....

Sahabat baiq yang berbahagia. Dalam waktu yang tidak usang lagi, kelas 7 dan 8 akan mengikuti ujian selesai di tingkat masing-masing yang dikenal dengan sebutan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT ini merupakan suatu tahapan penilaian untuk semua akseptor didik baik kelas 7 maupun kelas 8, sebelum nanti naik ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena PAT ini merupakan  salah penilaian yang bekerjasama dengan kenaikan kelas, maka para akseptor didik harus mempersiapkan sebaik mungkin materi yang akan di ujikan pada PAT tahun ini.



Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membuatkan Kisi-Kisi PAT IPS MTs Kelas 8 Tahun Pelajaran 2018//2019 Tahun pelaksanaan 2019. Semoga dengan adanya kisi-kisi ini sanggup meningkatkan prestasi para akseptor didik di kelas. Selamat Belajar!

Kompetensi Inti
3. Memahami dan menerapkanpengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya wacana ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudaya terkait fenomena dankejadian tampak mata

Kompetensi dasar
  • 3.3Menganalisis keunggulandan keterbatasan ruang dalampermintaan dan penawaran sertateknologi, dan pengaruhnya terhadapinteraksi antarruang bagi kegiatanekonomi, sosial, dan budaya diIndonesia dan negara-negaraASEAN
  • 3.4Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambunganruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahansampai tumbuhnya semangatkebangsaan
Materi
  1. Keunggulan dan keterbatasan antar ruang serta tugas pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian
  2. Perdagangan antar tempat atau antar pulau dan perdagangan internasional.
  3. Penguatan ekonomi dan agrikultur di Indonesia
  4. Pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan nasional
  5. Kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia
  6. Kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
  7. Tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan.
Indikator Soal
  1. Disajikan sebuah tabel, akseptor didik sanggup mengidentifikasi banyak sekali sumber daya alam yang dimiliki Propinsi Jawa Barat.
  2. Peserta didik sanggup menjelaskan faktor penyebab terjadinya perdagangan antar wilayah atau daerah.
  3. Disajikan gambar, akseptor didik sanggup mengidentifikasi pelaku ekonomi yang sedang melaksanakan aktivitasnya.
  4. Disajikan pernyataan, akseptor didik sanggup mengidentifikasi pendapatan rumah tangga keluarga yang diperoleh dari penggunaan faktor produksi yang dimilikinya. 
  5. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah faktor produksi yang segala sesuatunya sudah disediakan oleh alam.. 
  6. Disajikan gambar, akseptor didik sanggup mengidentifikasi jenis faktor produksi tenaga kerja terdidik yang mempunyai jenis skill tertentu.
  7. Peserta didik sanggup menciptakan skema atau skema hubungan pelaku ekonomi dua sektor antara rumah tangga produsen dengan rumah tangga konsumen. (HOTS)
  8. Peserta didik sanggup menjelaskan bentuk tugas rumah tangga pemerintah dalam mengatur atau sebagai regulator dalam perekonomian. (HOTS)
  9. Peserta didik sanggup menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan perdagangan antar pulau/ antar daerah. 
  10. Peserta didik sanggup mengidentifikasi faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar daerah/ antar pulau.  
  11. Disajikan pernyataan, Peserta didik sanggup mengidentifikasi banyak sekali manfaat dari dilaksanakannya perdagangan antar pulau/ antar daerah
  12. Peserta didik mengidentifikasi sanggup mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar negara. 
  13. Disajikan tabel, akseptor didik sanggup mengidentifikasi banyak sekali jenis barang komoditi ekspor yang dihasilkan salah satu propinsi di Indonesia.
  14. Peserta didik sanggup menjelaskan salah satu faktor yang menghipnotis kegiatan perdagangan ekspor yang berasal dari dalam negeri.
  15. Disajikan tabel, akseptor didik sanggup membedakan jenis acara yang dilakukan di bidang ekonomi kelautan (marine economy) dan ekonomi maritim (maritime economy). (HOTS)
  16. Peserta didik sanggup mengidentifikasi banyak sekali tempat di indonesia yang mempunyai keindahan bawah laut yang sudah sangat mendunia.
  17. Disajikan pernyataan, akseptor didik sanggup mengidentifikasi tujuan pembangunan yang dilakukan pemerintah di bidang kelautan.
  18. Peserta didik sanggup menyebutkan bentuk imbas berganda (multiplier effect) dari pengembangan pariwisata bahari.
  19. Peserta didik sanggup menjelaskan tugas pembangunan agrikultur/ pertanian di Indonesia.   
  20. Peserta didik sanggup mengidentifikasi banyak sekali kendala dalam pengembangan agrikultur di Indonesia.
  21. Peserta didik sanggup mengidentifikasi taktik pengembangan agrikultur di Indonesia melalui sistem pertanian ramah lingkungan (ecofarming). HOTS 
  22. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah dari redistribusi pendapatan (redistribution income).
  23. Peserta didik sanggup menawarkan pola bentuk redistribusi pendapatan secara horizontal.
  24. Disajikan pernyataan, akseptor didik sanggup mengidentifikasi jadwal redistribusi untuk pemerataan distribusi pendapatan di Indonesia. 
  25. Peserta didik sanggup mengidentifikasi alasan mengapa dibutuhkan jadwal pengembangan perjuangan atau industri kecil.
  26. Peserta didik sanggup menawarkan pola subsidi sebagai alternatif praktik redistribusi pendapatan di Indonesia.
  27. Disajikan gambar, akseptor didik sanggup mengidentifikasi banyak sekali jenis komoditi rempah yang menjadi daya tarik bangsa barat kek Indonesia.
  28. Peserta didik sanggup menyebutkan semboyan kedatangan bangsa-bangsa barat dalam melaksanakan penjelajahan samudera. 
  29. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah dari perubahan besar dan fundamental terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat eropa yang terjadi sekitar tahun 1750 s.d. 1850 M. 
  30. Peserta didik sanggup menjelaskan bagaimana proses kedatangan bangsa portugis hingga di kepulauan Maluku. (HOTS)
  31. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah komplotan dagang Belanda yang dibuat untuk mencegah persaingan antar pengusaha Belanda.  
  32. Disajikan peta, akseptor didik sanggup mengambarkan tempat pengahasil rempah-rempah utama di wilayah Nusantara. 
  33. Peserta didik sanggup menjelaskan bentuk penguasaan pasar/ perdagangan secara sepihak oleh Belanda yang memberi dampak jelek terhadap perdagangan di wilayah Nusantara. 
  34. Disajikan pernyataan, akseptor didik sanggup mengidentifikasi hak istimewa yang dimiliki VOC di tempat jajahan. 
  35. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah politik memecah-belah di tempat jajahan untuk memperkuat posisi kekuasaan di tempat jajahan.
  36. Peserta didik sanggup menjelaskan pembangunan jalan yang dibangun Gubernur Jenderal Daendels untuk kepentingan militer Belanda dan penghubung kota-kota penting di pulau Jawa. 
  37. Disajikan pernyataan, akseptor didik sanggup mengidentifikasi praktik-praktik pementingan dan pemaksaan Belanda terhadap rakyat Indonesia dalam kebijakan tanam paksa. (HOTS)
  38. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah siasat perang Belanda dengan mendirikan benteng-benteng pertahanan untuk mempersempit ruang gerak para p0juang.
  39. Peserta didik sanggup menyebutkan tokoh Belanda yang berhasil memecah belah persatuan rakyat Aceh dengan mengadu domba antara ulama dengan aristokrat Aceh. 
  40. Peserta didik sanggup menjelaskan alasannya ialah khusus perlawanan Pangeran Diponogoro terhadap pendudukan pemerintah Belanda. 
  41. Peserta didik sanggup menuliskan kembali teks sumpah cowok yang diikrarkan para cowok dalam menggelorakan pergerakan nasional.
  42. Disajikan pernyataan, akseptor didik sanggup mengidentifikasi latar belakang munculnya nasionalisme di Indonesia. 
  43. Peserta didik sanggup mengidentifikasi bentuk penyelewengan kebijakan politik balas kecerdikan yang dilakukan pemerintah Belanda 
  44. Disajikan tabel, akseptor didik sanggup mengidentifikasi banyak sekali organisasi pergerakan nasional Indonesia.
  45. Peserta didik sanggup menjelaskan istilah sistem kerja paksa di masa penjajahan Jepang.

Untuk mendapat file Kisi-Kisi PAT IPS MTs Kelas 8 T.P. 2018/2019 Tahun 2019, Silahkan sanggup mengunduhnya melalui tampilan preview di bawah atau sanggup juga klik DISINI.



Demikian ulasan wacana Kisi-kisi PAT IPS MTs Kelas 8 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan biar bermanfaat.

BACA JUGA:

Sumber http://pabaiq.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)