Saturday, February 4, 2017

√ Pola Soal Latihan Cpns Seleksi Kompetensi Bidang (Skb) Guru Kelas


CONTOH SOAL LATIHAN
SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB)
GURU KELAS

Pilihlah salah satu jawaban jawaban yang benar
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik verbal (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau suara bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan mudah bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal akseptor didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang akseptor didik
D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan mencar ilmu sanggup dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.
C. Menganalisis kemampuan akseptor didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori mencar ilmu dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan seni administrasi pembelajaran
D. Hanya memakai teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur seni administrasi pembelajaran yakni Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur seni administrasi di atas dalam konteks pembelajaran yakni ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil sikap dan pribadi akseptor didik.
B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam seni administrasi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara akseptor didik
C. pembelajaran didominasi instruksi dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu…….
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk sanggup menyebarkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa akseptor didik mempunyai posisi sentral untuk menyebarkan kompetensinya biar menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12) Upaya guru dalam memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman mencar ilmu yang telah dialami yang paling optimal yakni dengan cara ……..
A. Guru memperlihatkan tes atau pekerjaan rumah setiap simpulan pelajaran
B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran dikala pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa ihwal capaian atau dilema mencar ilmu yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

13) Upaya merancang pengayaan bagi akseptor didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan pelengkap materi berupa sumber asuh dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes pelengkap dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan pelengkap sumber baaan pelengkap yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan pelengkap materi berupa sumber asuh dari penerbit yang berbeda

14) Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara akseptor didik dan pendidik

15) Bentuk penilaian yang menghendaki akseptor didik menampilkan sikap memakai pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16) Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh akseptor didik. Adapun instrumen yang dipakai dalam penilaian tersebut yakni :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17) Lingkup penilaian hasil mencar ilmu meliputi kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar

C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap social

18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melaksanakan prosedur
D. pemecahan dilema dan sikap

19) Konsep menyodorkan banyak sekali situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya yakni konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

20) Guru memebentuk kelompok kelompok mencar ilmu dan memeberikan kiprah kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memperlihatkan kiprah dan fungsi tertentu sehingga kalau salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak sanggup diselesaikan. karakteristik dari seni administrasi pembelajaran tersebu yakni ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran pribadi (direct teaching)
D. mencar ilmu kooperatf (cooperatf learning)

21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mempunyai tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai materi dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani mengusut laporan hasil observasi siswa. Dari hasil pembagian terstruktur mengenai kecenderungan gaya mencar ilmu siswa di peroleh peringkat hasil mencar ilmu peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas memperlihatkan siswa memeiliki kecenderungan gaya mencar ilmu berhasil baik melalui.....

A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik

23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:
A. memberi rujukan penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa menciptakan keputusan yang diambil berdasarkan informasi

24) Upaya guru memakai hasil analisis untuk menentukanketuntasan mencar ilmu antara lain sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi

25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis ibarat kisah perjalanan riwayat para jagoan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun

26) Beberapa siswa mempunyai kecenderungan mencar ilmu berupa mengerjakan soal atau kiprah dengan cepat tetapi balasannya banyak kesalahan .Gaya mencar ilmu para siswa tersebut adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas

27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. gotong royong dan sejujunya

28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis

29) Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar kalau roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18

30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk sanggup menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau aktivitas yakni ….
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian


SOAL SKB BAG I

KUNCI JAWABAN

1. B
2. A
3. D
4. C
5. B
6. A
7. B
8. A
9. C
10. C
11. D
12. B
13. C
14. A
15. C
16. A
17. C
18. D
19. C
20. A
21. D
22. D
23. B
24. D
25. C
26. A
27. B
28. D
29. A
30. B


Sumber http://kompilasidata.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)