Tuesday, February 7, 2017

√ Sillabus Kurikulum 2013 Tema 6 Subtema (Lingkungan Sekitar Rumahku)

TEMA    6              : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Subtema                  : Lingkungan Sekitar Rumahku
Muatan

Kompetensi
Dasar
Indikator
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Materi
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan
dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan sikap patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan hukum yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
·  Mengidentifikasi cara-cara menjaga kebersihan lingkungan
·   Menyatakan pendapat perihal sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
Mengamati
·  Mengamati gambar lingkungan yang higienis atau menonton video perihal lingkungan yang higienis dan sehat

menanya
·  Bertanya jawab perihal gambar
·  Berdiskusi perihal sikap tertib dan teratur dalam menjaga kebersihan lingkungan
· Penilaian sikap
oKesadaran kebersihan
oTanggung jawab
oTeliti
oPercaya diri
oKerjasama  

· Keterampilan
oMemahami teks verbal dengan bercerita berpasangan
oMenyanyi lagu Buang di Tong Sampah
oUnjuk kerja melaksanakan percakapan
oBermain tangkap bola
oKemampuan membaca
oMembuat kupu-kupu
oMembuat kalimat
oMemilah barang bekas

· Pengetahuan
Tes tertulis


Tata tertib dalam lingkungan sekolah
· Menyadari sikap tertib dalam melaksanakan kerja melaksanakan kerja kelompok kelompok
· Mempraktikkan sikap tertib dan teratur dalam melaksanakan kerja kelompok

·  Kegiatan bekerja sama dalam kelompok dengan menujukkan sikap tertib dan baik.
Bahasa Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana berguru di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1. Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda  melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif perihal anggota badan dan pancaindra, wujud dan sifat benda,  serta insiden siang dan malam dengan sumbangan guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia  verbal dan goresan pena yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks kisah diri/personal perihal keluarga secara berdikari dalam Bahasa
Indonesia verbal dan goresan pena yang sanggup diisi dengaan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif perihal anggota badan dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta insiden siang dan malam secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan goresan pena yang sanggup diisi kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian
· Menceritakan kembali wacana perihal lingkungan sekitar rumah yang higienis dan sehat dengan bahasa sendiri
· Menceritakan kembali dengan kalimat sendiri kisah sahabat perihal lingkungan sekitar rumah yang higienis dan sehat



· Mengidentifikasi kata-kata yang menyusun suatu teks
· Mengidentifikasi teks percakapan dengan tepat
· Memperagakan teks percakapan yang telah disediakan
·  Melakukan percakapan dengan obrolan yang dibentuk sendiri










·     Membaca nyaring wacana perihal sampah.
·     Menjawab pertanyaan sesuai isi wacana





·      Mengidentifikasi kosakata yang menyusun teks deskriptif perihal benda-benda yang behubungan dengan kebersihan.
·      Menjelaskan arti kosakata yang bekerjasama dengan kebersihan lingkungan


·      Mengategorikan kosakata sesuai dengan tema
·      Membuat kalimat dari kosakata sesuai dengan tema



Mengamati
·  Mengamati teks bergambar perihal kebersihan lingkungan

Mengomunikasikan
·    Membaca teks kebersihan lingkungan sekitar
·    Menceritakan perihal teks lingkungan di sekitar rumahku


Mengamati
·    Mengamati wacana percakapan Teuku dan Cut

menemukan
·    Melihat ciri-ciri teks tersebut, contohnya ada nama tokoh, kalimatnya yang merupakan perkataan si tokoh, dan lain-lain

mengomunikasikan
·    Berlatih membaca teks untuk memahami isinya dengan memakai intonasi dan ekspresi yang sesuai
·    Berlatih percakapan dengan percakapan
·    Melakukan percakapan di depan kelas.

·    Membaca wacana perihal sampah dengan nyaring
·    Meminta 2 hingga 3 siswa membaca serta menanyakan yang diketahui siswa terkait dengan bacaan yang telah dibaca.


·    Mengingat kembali atau membaca kembali wacana yang bekerjasama dengan kebersihan
·    Mencari kata-kata gres dalam wacana tersebut





Mengamati
·    Mengamati kata-kata perihal kebersihan
·    Membaca kata-kata yang telah ada
·    Membuat kalimat secara individu
·    Menyampaikan kalimat yang telah dibuat
·Teks perihal kebersihan lingkungan
·Teks percakapan Teuku dan Cut
·Membaca perihal teks sampah
·Membuat kalimat perihal kebersihan
Matematika













1.1 Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.5 Mengenal berdiri datar dan berdiri ruang memakai benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.7 Membentuk dan menggambar berdiri gres dari bangun-bangun datar atau pola berdiri datar yang sudah ada

·  Menyebutkan bentuk-bentuk berdiri ruang dengan mengamati gambar dan benda di lingkungan sekitar sekolah
·  Mengidentifikasi bentuk berdiri ruang balok, tabung, dan bola




·  Mengidentifikasi bentuk berdiri ruang suatu benda
·   Menggambar      benda  yang mempunyai berdiri ruang balok dan bola












·    Mengidentifikasi bentuk berdiri ruang suatu benda
·    Mengelompokkan benda menurut berdiri ruang

Mengamati
·  Mengamati benda-benda di kelas atau di luar ruangan kelas yang mempunyai bentuk/bangun ruang.

menanya
·  Bertanya jawab perihal bentuk kaleng, tempat sampah, bola dunia, boks, dan lainnya.
·  Mengerkan latihan di buku siswa.

·  Mencari benda-benda yang berbentuk balok dan tabung di ruangan kelas atau luar ruangan kelas.

Mengamati
·  Mengamati benda-benda yang telah didapat.
·  Menyampaikan hasil pengamatan di depan kelas
·  Menggambar berdiri ruang balok dan tabung.
·  Menyampaikan hasil gambar yang telah dibuat.
·  Melakukan lomba memilah sampah
·  Memilah sampah yang berbentuk berdiri ruang suatu benda.
·     
Bentuk-bentuk berdiri ruang di lingkungan sekitar sekolah
Seni Budaya dan Prakarya
1.1. Merasakan keindahan alam sebagai salah satu gejala kekuasaan Tuhan
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan
diri dalam mengolah karya seni
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7. Menyanyikan lagu belum dewasa dan berlatih memahami isi lagu





·  Menghafal syair lagu Buang di Tong Sampah
·  Menyanyikan lagu di depan teman-teman

Mengamati
·  Mengamati teks lirik lagu Buang di Tong Sampah dan membacanya bersama-sama

Menyimak
·  Menyimak guru menyanyikan lagu Buang di Tong Sampah dan menirukan (menggunakan video lagu Buang di Tong Sampah)
·  Berlatih menyanyikan lagu dengan bimbingan guru atau melalui media elektronik
·  Menyanyi satu per satu di depan kelas
·     
·  Menyanyi lagu Buang di Tong Sampah

3.4 Mengamati banyak sekali bahan, alat, serta fungsinya dalam menciptakan prakarya
4.13 Membuat karya kreatif dengan memakai materi alam di lingkungan sekitar melalui aktivitas melipat, menggunting, dan menempel

·   Menentukan barang bekas yang akan dibentuk menjadi mainan sederhana
·   Membuat mainan kupu-kupu dari barang bekas

·  memilih barang bekas atau kertas yang telah disiapkan untuk menciptakan kupu-kupu.
·  Menyimak klarifikasi perihal menciptakan mainan kupu-kupu
·  Membuat mainan kupu-kupu sesuai dengan langkah-langkah aktivitas atau membuatkan sesuai dengan kreativitas
·  Membuat mainan kupu-kupu
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota badan yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota badan yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional


·   Mengidentifikasi cara dan hukum permainan tangkap bola dengan keranjang sampah
·  Bermain tangkap bola dengan keranjang sampah

·  Mengamati gambar cara bermain olahraga memasukkan bola ke keranjang sampah atau mengamati cara guru melaksanakan pola permainan memasukkan bola ke dalam keranjang sampah
·  Membagi dua kelompok , masing-masing-masing berjumlah 5
·  Pemenangnya kelompok yang paling banyak memasukkan bola ke keranjang.
·  Bermain bola keranjang
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota badan yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota badan yang digunakan, arah, ruang gerak, kekerabatan dan usaha, dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

·  Mengidentifikasi cara dan hukum lomba memilah barang bekas
·  Mempraktikkan lomba memilah barang bekas

·  Mengingat kembali perihal sampah organik dan nonorganik.
·  Mendengarkan klarifikasi guru perihal lingkungan yang kotor
·  Menuju luar ruang kelas untuk memulai kegiatan
·  Membagi kelompok siswa. setiap kelompok menerima dua keranjang sampah, satu untuk sampah organik dan satu untuk sampah nonorganik
·  Kelompok berlomba mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan.
·  Berkumpul melihat kelompok yang paling banyak mengumpulkan sampah

·  Permainan memilah sampah



Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com


EmoticonEmoticon