Saturday, March 18, 2017

√ Kiprah Selesai M1 Terstruktur Matematika Ppgdaljab


TUGAS AKHIR M1 TERSTRUKTUR
Kemukakanlah gagasan Ibu/Bapak dalam sebuah Rancangan pembelajaran yang di dalamnya memuat keterampilan mencar ilmu era 21, unsur strategi, metode dan media pembelajaran serta cara mengevaluasinya!

RANCANGAN PEMBELAJARAN

A.     Menentukan jenis kecakapan yang akan dikembangakan sesuai dengan Kompetensi Dasar (mungkin focus, tidak pada keempat-empatnya, contohnya berpikir kritis dan problem solving, atau kolaborasi).

Contoh Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran Matematika.
KD 3.1 Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.
KD 4.1Menyelesaikan kasus yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable


B.      Merumuskan tujuan pembelajaran semoga cukup terang dalam memperlihatkan kecakapan yang harus dimiliki penerima didik.

Contoh Tujuan Pembelajaran dalam mata pelajaran Matematika
Melalui pendekatan saintifik dengan memakai metode mind mapping penerima didik sanggup mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar, dan sanggup menyelesaikan masalah yang berkaitan, dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah, serta sanggup bekerjasama.

Tujuan pembelajaran di atas mengisayaratkan bahwa ada beberapa abjad kecakapan yang akan dikembangkan guru dalam pembelajaran, yaitu berpikir kritis,  kreatifitas, dan kolaborasi. Selain itu, tujuan pembelajaran ini juga bertujuan untuk menguatkan pilar pendidikan yang berkaitan dengan mencar ilmu hidup bersama, dan peningkatan etika mulia yaitu saling menghargai dan  menghormati antar sesama.

C.      Mengembangkan IPK semoga sanggup mencapai KD (Lihat Naskah Pengembangan RPP) dan sanggup menyebarkan abjad kecakapan berpikir kritis dan pemecahan kasus

Contoh IPK dalam mata pelajaran Matematika.
3.1. …Menyelesaikan pertidaksamaan  nilai mutlak bentuk linear satu variabel dengan  pertidaksamaan linear aljabar lainnya.
4.1. …Membuat model matematika dari permasalahan kontekstual berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variable
4.1. … Menyelesaikan kasus yang berkaitan dengan persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel


D.     Mengembangkan materi pembelajaran yang relevan.
Materi dikembangkan sesuai dengan karakteristik KD yang meliputi materi yang bersifat factual, konseptual, procedural, dan metakognitif  (lihat Naskah Pengembangan RPP).Materi-materi tersebut dipilih dan dipilah semoga sanggup memenuhi menyebarkan abjad kecakapan yang telah dirumuskan sesuai tuntutan KD.

Contoh materi pembelajaran dalam mata pelajaran Matematika
Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu Variabel dengan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Aljabar Lainnya.
·         Konsep Nilai Mutlak
·         Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Bentuk Linear Satu Variabel
·         Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak dari Bentuk Linear Satu Variabel dengan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Aljabar Lainnya.

E.      Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai dengan hasil analisis .
1.      Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pengembangan berpikir kritis dan pemecahan kasus (critical thinking and problem solving skills).
Contoh kegiatan dalam mata pelajaran Matematika
Mengamati permasalahan yang disajikan berkaitan dengan konsep nilai mutlak dan penyelesaian persamaan maupun pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel.

Contoh materi pengamatan:
Kegiatan pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah.Suatu pasukan pramuka sedang mencar ilmu baris berbaris di lapangan sekolah pada hari Sabtu. Sebuah perintah dari pimpinan regu, yaitu “Maju 4 langkah, jalan!”, hal ini berarti jarak pergerakan barisan yaitu 4 langkah kedepan. Jika perintah pimpinan pasukan yaitu “Mundur 3 langkah, jalan!”, hal ini berarti bahwa pasukan akan bergerak ke belakang sejauh 3 langkah. Demikian seterusnya.

Kegiatan pembelajaran tersebut di atas juga melatih penerima didik untuk mencar ilmu mencari tahu dan menerapkan interkoneksi antara konsep di dalam Matematika dengan kehidupan sehari-hari (berpikir kritis)

2.      Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pengembangan Komunikasi (Communication skills)
·         Diskusi untuk mengolah informasi yang diperoleh
·         Mengemukakan pendapat/sanggahan, serta memperlihatkan masukkan kepada pendapat orang lain (guru atau temannya)
·         Melaporkan hasil diskusi melalui goresan pena dan/atau mulut atau penyajian.


Melalui kegiatan pembelajaran ini juga penerima didik sanggup menyebarkan kecakapan kepemimpinan (leadership)dengan mengatur jalannya diskusi, sehingga diskusi tetap focus dan sanggup memperoleh suatu selesai yang bermakna. Untuk selanjutnya penerima didik juga sanggup menerapkan pengetahuannya dalam bentuk suatu karya (tulis, lisan, atau perbuatan) yang berkaitan dengan cara belajar untuk mengerjakan (learning to do)

3.      Kegiatan pembelajaran yang sanggup menyebarkan kreatifitas dan penemuan (Creativity and Innovation skills).
Berdiskusi untuk mengolah informasi yang diperoleh

Mengimplementasikan konsep atau pengetahuannya dalam menciptakan pola permasalahan dan penyelesaiannya, serta menganalisa hasil diskusi dan membandingkannya dengan teori yang ada pada sumber tumpuan (buku paket atau internet)

Kegiatan tersebut juga sanggup menyebarkan talenta dan karir peserat didik dalam mencapai harapan yang diinginkannya melalui pengembangan kreatifitas yang ditugaskan (learning to be), serta mengerjakan suatu karya yang berkaitan dengan konsep yang diperolehnya (learning to do).

4.   Kegiatan pembelajaran yang sanggup menyebarkan kerja sama (Collaboration skills)
Bekerjasama dalam berkelompok dengan pembagian kiprah dan tanggungjawab, untuk menyusun suatu goresan pena sederhana wacana fenomena alam dalam mata pelajaran Matematika, Fisika, atau Bahasa.

Melalui kegiatan kolaboratif, penerima didik sanggup menyebarkan perilaku kerjasama, saling menghargai dan menghormati (ethics), serta masing-masing sanggup mengembangkan minat dan bakatnya (learning to be) sesuai dengan kiprah masing-masing dalam kelompok
5.      Kegiatan pembelajaran yang sekaligus sanggup menyebarkan berpikir kritis,kratifitas, dan kolaborasi.
6.      Peserta didik berhubungan untuk memecahkan problem berikut.
Pak Amin akan membangun jembatan CD yang menghubungkan dua daerah A dan B ibarat tampak pada gambar. Dimanakah letak jembatan CD harus dibuat, semoga jarak antara A dan B merupakan jarak yang terpendek?

Kegiatan ibarat di atas, selain sanggup menyebarkan kecakapan Abad 21 juga sanggup melatih penerima didik untuk memperlihatkan kemampuan mengaplikasikan konsep dalam kenyataan (learning to do), dan sanggup memupuk kemampuan penerima didik dalam menentukan pilihan cara dan keleluasaan dalam memecahkan permasalahan terkait talenta dan  minat (learning to be).

F.            Literasi Pembelajaran
Gerakan literasi di sekolah tidak lagi menjadi bab terpisah/berdiri sendiri dalam pelaksanaannya. Pada tahun ini literasi sekolah menjadi bab yang tidak terpisah dari proses pembelajaran. Aktivitas penerima didik di kelas bersama guru melaksanakan kegiatan ini guna memperkaya dan memperdalam wawasan serta penguasaan materi, sehingga siswa terlibat pribadi tidak lagi hanya bergantung pada guru.  Aktivitas literasi dalam pembelajaran misalkan kegiatan-kegiatan berikut :
1.      Sebelum membaca
a.       Membuat prediksi
b.      Mengidentifikasi tujuan membaca
2.      Ketika  membaca
a.       Mengidentifikasi informasi yang relevan
b.      Memvisualisasi (jika teks bukan bentuk visual)
c.       Membuat informasi
d.      Membuat keterkaitan
3.      Setelah membaca
a.       Membuat ringkasan
b.      Mengevaluasi teks
c.       Menginformasi, merevisi, atau menolak prediksi
Kompetensi yang diperlukan meningkat dalam diri siswa sesudah kegiatan literasi pembelajaran ini yaitu

1.      menggunakan fitur khusus representasi untuk mendukung claim, inference, dan prediksi
2.      mengubah dari satu moda ke moda yang lain
3.      menjelaskan keterkaitan antarmoda
4.      memerikan bagaimana representasi yang berbeda menjelaskan fenomena yang sama dengan cara yang berbeda
5.      memilih, mengombinasikan, dan/atau menghasilkan yang standar dan nonstandar untuk mengomunikasikan konsep tertentu mengevaluasi representasi multimoda dan menjelaskan mengapa satu representasi lebih efektif daripada representasi lain untuk tujuan tertentu
G.     Mengembangkan teknik dan instrumen penilaian sesuai dengan hasil analisis (tujuan atau IPK).
Bagaimana cara menyebarkan teknik dan instrument penilaian sesuai dengan tujuan pembelajaran atau IPK sanggup dilihat dalam naskah Panduan Penilaian. Dalam bahasan ini, yang harus dipertimbangkan yaitu konten soal tersebut terkait dengan karakter, kecakapan Abad 21, dan HOTS .
Berikut yaitu pola soal tes tulis Matematika untuk materi Persamaan dan Pertidaksamaan yang sanggup menyebarkan HOTS, berpikir kritis dan pemecahan masalah, dan kreatifitas.

Suatu grup band merilis album, penjualan per ahad (dalam ribuan) dinyatakan dengan model s(t) = -2|t – 22| + 44, t waktu (dalam minggu).
a.       Gambarkan grafik fungsi penjualan s(t).
b.      Hitunglah total penjualan album selama 44 ahad pertama.
c.       Dinyatakan Album Emas kalau penjualan lebih dari 500.000 copy. Hitunglah t agar album yang dibentuk dinyatakan sebagai Album Emas.

H.     Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Dari hasil analisis tersebut disusun RPP ibarat pola terlampir.
Contoh pelaksanaan pembelajaran sanggup dilihat dalam video pembelajaran sesuai mata pelajaran masing-masing



Sumber http://kompilasidata.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)